Cara Scale Up Bisnis dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Kenapa Cara Scale Up Bisnis dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Apakah kamu saat ini sedang berbisnis dan ingin memperluas skala atau scale up bisnis kamu? Jika ya, kamu harus mengetahui cara scale up bisnis dengan baik agar usaha tersebut berhasil tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar.

Bila merintis sebuah bisnis, kamu harus berjuang agar produk dari bisnis kamu diterima pasar dan menghasilkan keuntungan. Namun ternyata, kamu tidak bisa hanya berfokus pada keuntungan semata, tetapi juga berpikir agar bisnis kamu mengalami scale up dan berkembang lebih besar.

Sebab, dengan cara scale up bisnis lebih besar, tentu keuntungan yang dihasilkan akan lebih banyak daripada sebelumnya. Selain itu, bisnis kamu akan lebih dikenal luas oleh konsumen yang juga berimplikasi pada peningkatan pendapatan.

Namun demikian, cara scale up bisnis memang tidak mudah. Scale up bisnis ini menjadi tantangan besar bagi para pebisnis untuk terus melebarkan usahanya.

Banyak pebisnis yang masih bingung tentang cara scale up bisnis, khususnya pebisnis pemula. Salah-salah melakukan scale up, bisa berdampak pada kelangsungan bisnis kamu. Karena, tidak sedikit pebisnis yang gagal melakukan scale up sehingga bisnisnya terhenti di tengah jalan.

Tentunya, kamu tidak ingin hal itu terjadi pada bisnis kamu. Pengetahuan tentang cara scale up bisnis maupun waktu yang tepat untuk melakukan scale up penting agar kamu tidak gagal. Karena itu, penting bagi kamu mengetahui cara scale up bisnis agar usahamu makin berkembang.

Satu hal yang perlu menjadi pedoman kamu, pada dasarnya scale up ini upaya membuat bisnis atau usaha menjadi lebih besar dengan sistem lebih mapan dan menghasilkan keuntungan lebih besar.

Alasan Bisnis Perlu Scale Up

Barangkali di benak kamu saat ini mempertanyakan alasan kenapa bisnis harus melakukan scale up. Apa tidak perlu bisnis berjalan dengan sendirinya mengikuti pasar dan kebutuhan saja. Jika iya, mungkin kamu perlu mengingat tujuan berbisnis adalah mendapat keuntungan dan mempunyai pasar konsumen.

Katakanlah, jika bisnismu saat ini telah memberimu keuntungan, sehingga kamu tidak tertarik untuk terus mengembangkannya. Apabila hal itu dilakukan, maka bisnis kamu lama kelamaan akan kehilangan konsumen.

Sebab, perkembangan teknologi yang semakin cepat akan membuat bisnis kamu tertinggal, jika tidak melakukan penyesuaian. Apalagi, saat ini konsumen juga semakin berkembang. Karena itu, bisnis kamu terancam tergerus jika ada bisnis lain muncul yang serupa dengan bisnis kamu.

Waktu Tepat untuk Scale Up

Sebelum melakukan scale up bisnis, penting bagi kamu memperhatikan waktu yang tepat untuk siap scale up. Pemilihan ‘timing’ yang tepat ini penting agar kamu berhasil pada saat melakukan scale up bisnis.

Sebagai pebisnis, kamu harus membaca peluang dan waktu tepat melakukan scale up agar tidak salah memilih waktu untuk mulai scale up. Kamu bisa memulai memikirkan untuk scale  up bisnis jika aliran kas bisnis kamu sehat dan konsisten. Jika bisnismu tidak merugi dan terus menghasilkan laba, maka kamu perlu bersiap scale up.

Baca juga :  Nostalgia: Inilah Rekomendasi Kamera Analog

Apalagi jika jumlah konsumen dari produk bisnis kamu sudah konsisten, bahkan terus bertambah, yang membuat permintaan terus meningkat, sudah saatnya kamu berpikir untuk scale up.

Selain itu, kamu juga bisa memulai berpikir untuk scale up jika bisnismu memerlukan tambahan tenaga sumber daya manusia untuk memenuhi permintaan produk dari konsumen. Sebab, peningkatan kapasitas produk membutuhkan dukungan tenaga SDM lebih banyak.

Cara Scale Up Bisnis
. Bentuk Tim Solid

Cara scale up bisnis bisa dimulai dengan membentuk tim solid untuk mengembangkan bisnis kamu. Sebab, untuk mengembangkan bisnis, kamu tidak bisa melakukannya sendirian. Dibutuhkan kerja sama tim solid. Sebab, sumber daya manusia yang berkompeten dan solid, menentukan keberhasilan scale up bisnis.

Karena itu, individu yang ada dalam tim untuk scale up bisnis kamu sebaiknya mereka yang memiliki kompetensi dan keahlian serta bekerjasama dalam tim. Soliditas yang baik akan membuat bisnis kamu cepat berkembang.

. Bangun Personal Brand

Saat kamu ingin melakukan scale up bisnis, kamu juga perlu terlebih dahulu membangun personal brand bisnis yang kuat dan positif. Sebab, personal brand positif ini penting untuk menjaga reputasi bisnis kamu dan juga kepercayaan konsumen.

Jika personal brand bisnis kamu sudah baik, maka pelanggan akan tetap loyal saat kamu melakukan scale up bisnis. Karena itu, personal brand ini tidak boleh kamu lewatkan saat hendak melakukan scale up.

. Bentuk Sistem

Setelah membentuk tim dan membangun personal brand, cara scale up bisnis berikutnya adalah dengan membangun sistem yang baik dalam bisnis kamu. Sistem yang baik dalam operasional bisnis ini akan mendukung keberhasilan scale up bisnis kamu. Salah satunya dengan membuat standar operasi prosedur (SOP) agar pengembangan bisnis kamu berhasil.

. Bangun Jaringan

Jaringan dalam bisnis merupakan satu faktor penting dalam scale up bisnis. Sebab,  jaringan atau koneksi akan membuka peluang peluang baru yang kamu butuhkan dalam pengembangan bisnis.  Karena itu, sebagai pebisnis, kamu harus terus menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak untuk menjaga relasi bisnis demi pengembangan usaha.

. Pantau Kebutuhan Pasar

Saat kamu melakukan scale up bisnis, kamu juga perlu memantau kebutuhan pasar yang tengah berkembang. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Kebutuhan pasar itulah yang nantinya bisa kamu jadikan pertimbangan produk apa yang akan kamu kembangkan.

Cara Scale Up Bisnis dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya #Cara #Scale #Bisnis #dan #Waktu #yang #Tepat #untuk #Melakukannya