CRM, Pengertian, Manfaat dan Tujuan dalam Bisnis

Mestinya CRM, Pengertian, Manfaat dan Tujuan dalam Bisnis

Dalam menggeluti dunia bisnis, kamu pasti pernah mendengar istilah Customer Relationship Management (CRM). Lalu apa itu CRM, pengertian, manfaat dan tujuan CRM dalam bisnis atau perusahaan?

Dalam bisnis maupun usaha, kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting. Karena kepuasan pelanggan memberikan dampak besar dalam kelangsungan bisnis suatu perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Maka itu, saat ini kepuasan pelanggan merupakan hal yang menjadi perhatian para pebisnis.  Sebab, pebisnis sadar jika menjaga kepercayaan pelanggan ini penting agar perusahaan dapat terus berkembang.

Karenanya, kepercayaan pelanggan ini harus terus dijaga untuk juga memaksimalkan pemasaran sebuah perusahaan. Untuk menjaga hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, para pebisnis menggunakan berbagai pendekatan khusus.

Salah satunya melalui Customer Relationship Management (CRM).  Apa sebenarnya itu CRM, pengertian, manfaat dan tujuan CRM dalam bisnis. Arkanapulsa telah merangkum informasi dari berbagai sumber terkait CRM, pengertian, manfaat dan tujuannya untuk kamu. Berikut ulasannya:

Pengertian CRM

Apakah kamu penasaran dengan CRM, pengertian, manfaat dan tujuannya?

Customer Relationship Management (CRM), sesuai arti harfiahnya,  merupakan manajemen untuk mengelola hubungan pelanggan. CRM ini merupakan jenis strategi menyeluruh yang digunakan perusahaan untuk mengelola semua aspek yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan maupun calon pelanggan.

Hal yang menjadi penekanan dalam CRM ini, tidak hanya soal pemasaran, tetapi juga kombinasi proses dan kebijakan untuk menjaga hubungan perusahaan dengan pelanggan secara efektif dan efisien. Terdapat beberapa hal yang biasanya dikelola CRM meliputi identifikasi kebutuhan pelanggan dan harapan pelanggan terhadap produk atau layanan jasa perusahaan tertentu, pemasaran suatu produk atau layanan maupun dukungan teknis lainnya.

Karena itu, sejumlah perusahaan menggunakan strategi CRM ini menjaga pelanggannya tidak lari ke produk saingan bisnisnya. Caranya, dengan berkomunikasi maupun berinteraksi langsung dengan pelanggannya baik melalui telepon, email maupun media sosial.

Dengan menggunakan CRM ini, perusahaan bisa mengidentifikasi kebutuhan atau keluhannya lebih cepat untuk bisa meningkatkan kualitas produk maupun layanan jasa sesuai keinginan pelanggan. Sehingga pelanggan tetap setia menggunakan produk atau layanan perusahaan tersebut.

Terlebih di era digitalisasi saat ini, masyarakat menggunakan gawai atau smartphone dalam kesehariannya. Sehingga kehadiran CRM ini menjadi penghubung interaksi antara perusahaan dengan pelanggan terkait suatu produk seperti tanpa sekat, bisa di manapun dan kapanpun.

Manfaat CRM

Dari pengertian CRM sebelumnya, apakah kamu sudah mendapat gambaran tentang CRM, pengertian, manfaat dan tujuannya? Jika belum, mari kita lanjutkan. Kali ini manfaatnya.

Seperti yang dijelaskan di atas, CRM saat ini digunakan perusahaan-perusahan untuk menjaga pelanggannya tetap menggunakan suatu produk atau layanan tertentu. Ini karena CRM merupakan dinamika perubahan strategi perusahaan agar produk yang diproduksinya tetap terjaga kualitasnya dam sesuai dengan harapan  pelanggan.

Strategi penggunaan CRM ini memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan, antara lain:

  1. Menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan. Hubungan baik antara pelanggan dan perusahaan ini berguna untuk membangun loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.
  2. Mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan secara cepat. Interaksi langsung pelanggan dan perusahaan melalui CRM ini dapat menjadi masukan langsung kepada perusahaan. Kedepannya, masukan ini juga berguna untuk bahan pertimbangan dalam inovasi produk atau layanan perusahaan tersebut.
  3. Hubungan baik yang terjalin antara pelanggan dan perusahaan ini juga secara tidak langsung bagian sarana promosi terhadap produk atau layanan perusahaan tersebut. Karena penilaian baik pelanggan terhadap perusahaan ini bisa menjadi bagian pemasaran.
  4. Menekan biaya perusahaan. Keberadaan CRM ini juga bermanfaat untuk menekan biaya-biaya perusahaan seperti penelitian penanganan keluhan, pemasaran, maupun kebutuhan pelanggan. Sebab, melalui CRM ini, perusahaan dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan, termasuk di antaranya kritik dan masukan.
  5. Memperkecil risiko operasional karena sudah mengetahui keinginan dan harapan pelanggan sehingga dapat meminimalisasi kesalahan dalam produk atau layanan.
Baca juga :  distributor pulsa elektrik termurah di Pagelaran Pasirkuda Sindangbarang Sukaluyu Sukanagara Sukaresmi Takokak

Tujuan CRM

Dari penjelasan di atas, tentu kamu sudah mendapat sedikit gambaran bukan tentang CRM, pengertian, manfaat dan tujuan bagi perusahaan. Setelah mengetahui pengertian CRM dan manfaatnya, kamu juga perlu mengetahui tujuan CRM bagi sebuah perusahaan.

Jika manfaat CRM lebih kepada keuntungan yang didapat perusahaan, sedangkan tujuan CRM ini lebih kepada fokus yang ingin dituju perusahaan. Saat menggunakan pendekatan CRM, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Di antaranya, yakni:

  1. Meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan yang berguna dalam peningkatan pendapatan perusahaan
  2. Membangun Database Pelanggan. Salah satu tujuan perusahaan menggunakan CRM adalah untuk membangun database pelanggan yang kuat. Database ini menjadi aset perusahaan untuk terus mengembangkan produk perusahaan tersebut. Selain itu, database pelanggan ini juga kerap digunakan untuk parameter terhadap nilai maupun performa perusahaan.
  3. Membuat Profil Pelanggan. Perusahaan dapat mengetahui segmentasi pelanggan atau konsumennya dengan menggunakan CRM. Selanjutnya, perusahaan juga dapat membuat profiling dari pelanggannya untuk kepentingan pengembangan produk atau layanannya. Sebab, profil pelanggan ini berguna dalam memberikan gambaran tentang kebutuhan, keinginan dan harapan terhadap produk maupun layanan dari perusahaan tersebut.
  4. Produk yang Sesuai Kebutuhan. Setelah berinteraksi dengan pelanggan melalui CRM, perusahaan akan lebih mudah mengetahui kebutuhan dari pelanggan terhadap produk maupun pelayanannya. Hal ini akan memudahkan perusahaan menghasilkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan. Selain itu juga, perusahaan dapat memetakan tujuan pemasaran produk maupun pelayanannya tersebut kepada pelanggan yang sesuai segmentasinya. Di samping itu,, perusahaan bisa merancang produk berbeda untuk mengikuti kebutuhan pelanggan.
  5. Konsisten dalam Penanganan Pelanggan. Perusahaan menggunakan CRM ini juga agar dapat memberikan informasi yang lengkap dan konsisten dengan prosedur menyalurkan jawaban sesuai harapan pelanggan.

Nah, itu tadi ulasan mengetahui CRM, pengertian, manfaat dan tujuannya. Dengan mengetahui CRM, pengertian, manfaat dan tujuan ini bisa membantu kamu mengembangkan bisnis atau perusahaan kamu.

Pemanfaatan CRM ini bisa membantu kamu untuk terus menjaga pelanggan kamu untuk terus menggunakan produk kamu,  menekan biaya, meningkatkan efisiensi dalam pemasaran produk atau layanan perusahaan kamu. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

CRM, Pengertian, Manfaat dan Tujuan dalam Bisnis #CRM #Pengertian #Manfaat #dan #Tujuan #dalam #Bisnis