Tips Memilih Market Place untuk Jualan Online

Mengapa Tips Memilih Market Place untuk Jualan Online


Berita


By Ihsan Ihsan – September ,


Tips Memilih Market Place untuk Jualan Online

Di jaman dengan teknologi yang makin canggih ini, berbagai peluang usaha bisa dilakukan secara online. Mulai dari website online, media sosial sampai memanfaatkan marketplace. Nah, marketplace sendiri dimaknai sebagai mall atau pasar online dimana beragam penjual dan calon pembeli dapat ditemukan. Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak marketplace yang bisa dipilih. Tapi bagaimana cara tepat memilih market place agar daganganmu cepat laris?

Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih market place yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan online. Praktikkan agar kamu tidak salah dalam memilih marketplace untuk bisnis online milikmu.

  • Riset dan pahami marketplace terlebih dahulu

Setiap marketplace memiliki aturan dan cara bermain sendiri-sendiri. Oleh karena itu, sebelum memilih marketplace yang tepat untukmu, kamu bisa melakukan riset dan memahami cara kerjanya terlebih dahulu. Memang sih kamu bisa saja berjualan di semua marketplace, namun ini pasti melelahkan karena kamu mungkin tidak punya waktu dan tenaga untuk mengurusnya dalam waktu yang bersamaan.

Dalam melakukan riset, ada beberapa hal yang mungkin ingin kamu perhatikan seperti bagaimana marketplace ini menangani keluhan, apakah dapat diakses dengan ponsel dengan mudah dan lain-lain. Berbagai pertanyaan mesti kamu ajukan agar ke depannya tidak muncul hal yang merugikan.

  • Temukan fitur yang ditawarkan dan sesuai kebutuhan

Setiap marketplace tentu memiliki fitur yang berbeda. Kamu perlu menemukan fitur-fitur ini dalam riset yang dilakukan sebelumnya. Temukan fitur yang menguntungkanmu dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya fitur untuk membedakan penjual yang trusted atau tidak. Dengan menemukan fitur-fitur yang menguntungkan bisnismu, kamu bisa makin mudah berjualan.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan fitur dari marketplace satu ke yang lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mencari marketplace mana yang menyediakan layanan lengkap. Layanan-layanan ini bisa kamu pertimbangakan untuk mendukung bisnismu.

  • Lihat apakah marketplace ini ramai dikunjungi
Baca juga :  Ternyata Begini Cara Kirim Uang Lewat Indomaret Terbaru

Pernah tidak kamu ikut membeli suatu makanan karena tempatnya terlihat ramai pengunjung? Kamu pasti berasumsi kalau tempat makan itu pasti enak sehingga banyak yang datang dan rela antri. Ini juga berlaku ketika kamu mencari sebuah marketplace. Kamu bisa pilih yang memang selalu ramai dikunjungi. Bagaimana cara melihatnya?

Beberapa hal bisa menunjukkan sebuah marketplace itu ramai atau tidak. Misalnya, kamu bisa melihat jumlah penjual yang ada dengan jumlah transaksi yang dimiliki. Selain itu, kamu juga bisa melihat apakah marketplace yang kamu pilih ini sudah dikenal publik atau tidak. Dengan memilih marketplace yang populer artinya makin besar jumlah pengunjung yang berpeluang datang.

  • Cek mengenai sistem keamanannya

Meski dilakukan secara online, penipuan atau kejahatan bisa saja terjadi di marketplace. Oleh karenanya, sebelum memilih marketplace kamu mesti mengecek apakah sudah tersedia sistem keamanan yang aman atau ganda jika diperlukan. Dengan begitu, transaksi yang akan dilakukan di dalamnya bisa dengan mudah dilacak atau dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah marketplace ini aman atau tidak adalah dengan mencari tahu apakah banyak penipuan yang terjadi. Lantas, cari tahu juga bagaimana cara marketplace ini melindungi customernya. Ini penting sebab tentunya kamu ingin berjualan di marketplace dengan aman dan nyaman.

Itu dia beberapa tips memilih market place yang bisa kamu terapkan. Tips ini penting baik untuk pemula atau yang sudah lama berbisnis. Sebab makin hari, kian banyak juga marketplace yang bermunculan dengan tawaran yang menarik.

Tips Memilih Market Place untuk Jualan Online #Tips #Memilih #Market #Place #untuk #Jualan #Online