Rangkaian Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air

Apakah Rangkaian Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air

Cara kerja pembangkit listrik tenaga air bekerja terbagi menjadi beberapa step. Dimulai dengan mengubah energi air yang mengalir menjadi energi mekanik menggunakan bantuan turbin air. Kemudian diakhiri menjadi energi listrik dengan menggunakan bantuan generator. Selanjutnya energi listrik yang dihasilkan akan dialirkan melalui jaringan-jaringan sehingga sampai ke rumah warga.

Tidak dipungkiri hingga saat ini air masih dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Indonesia. Memiliki ketersediaan air yang berlimpah menjadi salah satu alasan untuk membangun pembangkit listrik tenaga air. Meskipun dalam hal ini, air dan listrik menjadi kebutuhan utama manusia yang tidak bisa digantikan. 

Fungsi Air Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air 

Air memiliki energi yang sangat dibutuhkan untuk mewujudkan energi listrik maupun mekanis.Kincir menjadi salah satu cara yang digunakan untuk menghasilkan energi air. Penggunaan kincir air sudah dilakukan sejak abad ke- dan masih digunakan hingga saat ini. Sumber air yang dihasilkan biasanya berasal dari aliran air sungai, air terjun, atau danau. 

Bendungan Untuk Menghasilkan Listrik 

Untuk menghasilkan listrik diperlukan bendungan yang memiliki turbin untuk menggerakan air supaya menghasilkan energi listrik. Proses ini disebut PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air. Bendungan menjadi sumber utama yang harus dibangun oleh PLTA untuk menghasilkan air. 

Bendungan digunakan untuk menampung air yang dialirkan melalui pipa dari berbagai sumber, seperti danau, sungai, ataupun waduk penyimpan air. Sementara untuk air yang tidak melewati pipa bisa dialihkan ke pintu bendungan yang nantinya akan digerakan oleh generator untuk menghasilkan energi listrik.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air 

Baca juga :  grosir pulsa murah di Ciawi Cibinong Cibungbulang Cigombong Cigudeg Cijeruk Cileungsi Ciomas Cisarua Ciseeng

Dirangkum dari Kumparan, cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dimulai dari tenaga air yang menjadi sumber energi utama. Air bergerak dan berputar menggunakan turbin air untuk menghasilkan energi listrik. Turbin air merupakan alat yang mengalirkan air dari tempat lebih tinggi ke lebih rendah. 

Baca juga: Bagaimana sih Cara Kerja AC Sebenarnya?

Turbin juga bekerja untuk menggerakan generator listrik yang berfungsi untuk memutarkan air kemudian membangkitkan energi listrik. Turbin dan generator listrik disambungkan dengan alat yang bernama gearbox.

Setelah sumber air berhasil menjadi energi listrik, selanjutnya energi listrik tersebut akan disalurkan ke gardu-gardu listrik di sekitar PLTA yang nantinya akan disebarluaskan ke rumah atau kantor.

cara kerja pembangkit listrik tenaga air

Contoh Pembangkit Listrik Tenaga Air

Jumlah Pembangkit Listrik Tenaga Air sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Berdasarkan informasi dari Kumparan, berikut ini beberapa nama PLTA di Indonesia.

  • Jawa Barat: PLTA Cibadak, PLTA Cirata, dan PLTA Jatiluhur.
  • Jawa Timur: PLTA Selorejo dan PLTA Lodaya.
  • Jawa Tengah: PLTA Tuntang, PLTA Sempor, dan PLTA Wonogiri.
  • Sulawesi Utara: PLTA Tonsea dan PLTA Sigura-gura.
  • Papua: PLTA Sentani.
  • Nanggroe Aceh Darussalam: PLTA Angkup.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kerja Mesin Cuci. Yuk Disimak!

Pembangkit Listrik Tenaga Air umumnya terletak di daerah perbukitan karena memudahkan untuk membuat bendungan dan menghasilkan reservoir air yang besar. Apakah dari contoh PLTA di atas, ada yang lokasinya dekat dengan rumah kamu?

Rangkaian Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air #Rangkaian #Cara #Kerja #Pembangkit #Listrik #Tenaga #Air