Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

Mestinya Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

Jurusan atau program studi kesehatan masyarakat saat ini menjadi satu dari jurusan lainnya yang menjadi incaran banyak orang. Ini karena beberapa faktor, antara lain calon mahasiswa yang memang tertarik di dunia kesehatan, atau karena prospek kerja kesehatan masyarakat yang menjanjikan dan selalu tersedia.

Sebab, kesehatan menjadi kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi. Selama itu pula, banyak dibutuhkan tenaga-tenaga kesehatan, termasuk dari jurusan kesehatan masyarakat yang berperan dalam mengedukasi kesehatan dan mempromosikan pencegahan penyakit. 

Apalagi, upaya kesehatan saat ini lebih mengedepankan pendekatan preventif (pencegahan) dan promotif terhadap penyakit, ketimbang kuratif atau pengobatan.

Hal ini relevan dengan situasi  pandemi COVID- saat ini. Sebab, kunci penanganan pandemi COVID- tidak hanya soal pengobatan semata, tetapi juga pencegahan di masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan. Salah satu tantangan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana terus mengedukasi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-.

Karena itu, membuat lulusan dari jurusan kesehatan masyarakat semakin dibutuhkan. Sebab, edukasi dan promosi kesehatan ini menjadi salah satu yang dipelajari oleh mahasiswa kesehatan masyarakat.

Untuk itu, jika kamu tertarik mengambil jurusan kesehatan masyarakat atau saat ini sedang kuliah di jurusan tersebut, maka kamu tidak perlu khawatir dengan prospek kerja kesehatan masyarakat.

Alasan Perlu Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesehatan masyarakat adalah bidang ilmu yang menitikberatkan pada pencegahan penyakit dan mengedukasi kesehatan masyarakat. Karena itu, lulusan jurusan kesehatan masyarakat ini memiliki tugas untuk mempromosikan kesehatan sosial di tengah masyarakat.

Berbeda dengan jurusan bidang kesehatan lainnya yakni kedokteran maupun keperawatan, yang menghasilkan tenaga-tenaga kesehatan berbasis pengobatan, jurusan kesehatan masyarakat lebih menitikberatkan pada upaya pencegahan.

Lulusan jurusan kesehatan masyarakat ini diarahkan untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat dalam hal penanganan pencegahan penyakit, epidemiologi, keselamatan dan kesehatan kerja. Karena itu, lulusan jurusan kesehatan masyarakat dituntut harus memiliki kemampuan komunikasi, manajerial, analisis, meneliti terhadap kesehatan masyarakat.

Prospek kerja kesehatan masyarakat ini tidak hanya di rumah sakit, klinik, atau puskesmas semata, tetapi juga bisa di perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah, bahkan bisa menjadi peneliti. Karena itu, jika kamu memilih jurusan kesehatan masyarakat, kamu jangan hanya terfokus bekerja di satu bidang saja.

Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

Kebutuhan akan promosi kesehatan dan pencegahan penyakit, membuat prospek kerja kesehatan masyarakat dibutuhkan saat ini. Berikut prospek kerja kesehatan masyarakat yang bisa kamu pilih saat lulus dari jurusan tersebut.

. Administrator Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja kesehatan masyarakat lulusan kesehatan masyarakat salah satunya sebagai administrator pelayanan kesehatan masyarakat atau healthcare administrator. Tugas seorang administrator pelayanan kesehatan masyarakat ini yakni memastikan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga medis ini telah efektif, sesuai dan berkualitas. Karena itu, posisi seorang administrator layanan kesehatan masyarakat ini umumnya ada di rumah sakit.

Namun demikian, seorang administrator layanan kesehatan masyarakat juga terdapat di perusahaan, lembaga pemerintah. Biasanya seorang pengatur layanan kesehatan masyarakat ini mengelola hal yang berkaitan dengan fasilitas kesehatan serta perencanaan program kesehatan di tempat kerjanya tersebut.

Baca juga :  Tips Hemat Kuota Ketika Lebih Banyak di Rumah

. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K)

Prospek kerja kesehatan masyarakat selanjutnya adalah mengisi posisi ahli atau staf Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K) di perusahaan. Ini karena salah satu yang ilmu yang dipelajari jurusan kesehatan masyarakat juga mencakup keselamatan kerja.

Setiap perusahaan menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam mengoperasikan perusahaannya, sehingga prospek kerja kesehatan masyarakat di bidang K ini terbuka. Ahli K maupun jajaran stafnya bertugas merancang sistem dan prosedur keselamatan pekerja dari kecelakaan kerja serta mengawasi dan mengevaluasi kebijakan K di perusahaan.

. Promotor Kesehatan

Sebagaimana dibahas sebelumnya, sarjana kesehatan masyarakat memiliki tugas mengedukasi dan mempromosikan kesehatan dan pencegahan masyarakat. Hal ini juga membuka peluang bagi lulusan kesehatan masyarakat bekerja di bagian promosi kesehatan atau promotor kesehatan. Untuk menjadi promotor kesehatan, kamu dituntut untuk mampu mempromosikan kesehatan secara lebih persuasif untuk mendukung kampanye promosi kesehatan suatu instansi, perusahaan maupun produk tertentu.

. Biostatistician

Sebagai orang umum, mungkin agak asing mendengar istilah ini. Namun, bagi lulusan kesehatan masyarakat, bostatistician merupakan salah satu prospek kerja kesehatan masyarakat yang cukup menjanjikan. Seorang bostatistician bertugas mengumpulkan data di lapangan untuk kemudian dianalisis untuk kegiatan pengembangan di bidang kesehatan.

. Epidemiologist

Prospek kerja kesehatan masyarakat berikutnya ialah menjadi seorang epidemiologist. Setelah terjadi pandemi Covid- saat ini, mungkin kamu sudah tidak begitu asing dengan profesi ini. Sebab, epidemiologi ini merupakan disiplin ilmu yang mempelajari penyebaran, pola dan penentu kondisi kesehatan dan penyakit di suatu populasi tertentu.

Seorang epidemiologist dibutuhkan untuk mengambil keputusan atau kebijakan yang berbasis bukti dan identifikasi faktor risiko di suatu wilayah. Hal ini juga yang turut dipelajari oleh mahasiswa kesehatan masyarakat.

. Dosen/Pengajar

Prospek kerja kesehatan masyarakat juga sangat terbuka untuk menjadi dosen atau pengajar. Namun, untuk menjadi dosen atau pengajar, kamu perlu menempuh jenjang pendidikan lanjutan setelah lulus kesehatan masyarakat. Ada beberapa kekhususan di program magister kesehatan masyarakat yang bisa kamu pilih untuk jenjang selanjutnya. Antara lain; ekonomi kesehatan, asuransi kesehatan, manajemen pelayanan kesehatan, biostatistika, gizi kesehatan masyarakat, promosi kesehatan, epidemiologi kesehatan lingkungan dan lain lain.

. Peneliti

Prospek kerja kesehatan masyarakat juga terbuka kamu yang ingin menjadi seorang peneliti. Ada beberapa profesi yang bisa kamu pilih yakni menjadi seorang epidemiologist atau biostatistician seperti yang sudah dijelaskan di atas.

. Staf Gizi Kesehatan Masyarakat

Ilmu gizi juga dipelajari oleh mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat. Karena itu, sebagai lulusan kesehatan masyarakat kamu bisa mengimplementasikan ilmu yang kamu pelajari tersebut sebagai staf gizi kesehatan masyarakat.

. Bagian Administrasi Rumah Sakit

Lulusan kesehatan masyarakat juga mempunyai peluang kerja sebagai bagian administrasi di rumah sakit. Sebab, jurusan ini dibutuhkan untuk membantu keperluan administrasi pasien dan pemeriksaan di rumah sakit.

. PNS

Prospek kerja kesehatan masyarakat juga terbuka sebagai bagian aparatur negara. Kementerian Kesehatan maupun pemerintah daerah maupun instansi pemerintah lainnya kerap membuka formasi yang bisa diisi oleh para lulusan kesehatan masyarakat.

Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat #Prospek #Kerja #Kesehatan #Masyarakat