Prospek Kerja Teknik Lingkungan & Alasan Memilihnya

Ini dia Prospek Kerja Teknik Lingkungan & Alasan Memilihnya

Teknik lingkungan merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek yang bagus saat ini maupun di masa mendatang. Ini karena dunia saat ini sudah berkembang ke arah peningkatan kualitas lingkungan di masa depan.

Hampir semua sektor, mulai industri, instansi pemerintahan, maupun swasta kini mulai menerapkan konsep ramah lingkungan atau green economy. Karenanya, sumber daya manusia (SDM) ahli di bidang lingkungan pun akan semakin dibutuhkan.

Peluang ini pun ditangkap perguruan tinggi untuk membuka program studi yang berfokus untuk menciptakan SDM ahli di bidang lingkungan, salah satunya jurusan teknik lingkungan. Program studi ini nantinya ditujukan untuk menghasilkan SDM sarjana teknik lingkungan yang mampu mengatasi berbagai permasalahan, solusi maupun pengelolaan terkait lingkungan.

Bidang keilmuan yang dipelajari dalam jurusan teknik lingkungan meliputi pengelolaan lingkungan mulai dari perencanaan, perancangan, pelaksanaan hingga penanganan dampak di bidang penyediaan air minum, limbah, pencemaran, drainase, sanitasi dan lainnya.

Karenanya, jika kamu memilih jurusan teknik lingkungan sebagai program studi kuliah, kamu sudah memiliki gambaran bidang studi yang akan kamu pelajari saat masa perkuliahan atau prospek kerja teknik lingkungan setelah lulus nanti.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Lingkungan

Tak perlu khawatir prospek kerja seperti apa ketika kamu memilih teknik lingkungan sebagai jurusan kuliah. Karena kebutuhan lulusan teknik lingkungan saat ini banyak dari dicari perusahaan maupun instansi pemerintahan.

Kesadaran terhadap pentingnya lingkungan membuat peraturan tentang lingkungan semakin diperketat. Termasuk aturan di perusahaan maupun instansi pemerintahan juga harus selaras dengan konsep green economy. Karena itu, setiap perusahaan maupun instansi pemerintahan saat ini membuka posisi pekerjaan untuk SDM yang ahli di bidang lingkungan.

Itu artinya, prospek kerja teknik lingkungan terbuka lebar di semua sektor, baik yang bergerak di bidang lingkungan maupun non lingkungan. Mulai dari pertambangan, perkebunan, industri pun membutuhkan ahli di bidang lingkungan dalam mengelola lingkungan, limbah, penyediaan air, analisis dampak lingkungan (AMDAL).

Kamu bahkan bisa memilih prospek kerja teknik lingkungan yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kamu. Karena prospek kerja teknik lingkungan ini luas, sehingga memudahkan kamu memilih pekerjaan yang kamu inginkan.

Jika kamu ingin memilih bekerja di perusahaan swasta, peluang kerja terbuka karena semua perusahaan membuka posisi di bidang lingkungan ini. Begitu juga, di instansi pemerintahan, kamu juga bisa bergabung ke beberapa kementerian yang berfokus pada masalah lingkungan seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian PUPR, maupun kementerian lainnya atau dinas-dinas lingkungan hidup daerah.

Kamu juga bisa memilih peluang kerja sebagai anggota non governmental organization (NGO) atau LSM lingkungan jika kamu mempunyai perhatian lebih pada bidang sosial, seperti Greenpeace, WWF, WALHI, WHO dan lainnya.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Ada beberapa posisi umum yang dibuka perusahaan atau instansi untuk SDM di bidang lingkungan. Posisi ini menjadi bagian prospek kerja teknik lingkungan saat ini maupun masa mendatang.

. Konsultan Lingkungan

Konsultan lingkungan menjadi salah satu prospek kerja teknik lingkungan yang bisa kamu pilih saat lulus kuliah nanti. Kebutuhan akan pengelolaan dan pemantauan lingkungan di berbagai sektor, penyusunan dokumen lingkungan seperti AMDAL, UKL, UPL, EBLA di sektor industri membuat konsultan lingkungan banyak dibutuhkan.

Ada beberapa spesialisasi yang juga dilakukan konsultan lingkungan antara lain perizinan lingkungan untuk kegiatan industri, studi lingkungan seperti pengelolaan limbah, kebisingan, dan lain-lain.

. Manajer Lingkungan

Manajer lingkungan atau environmental manager menjadi salah satu peluang kerja berikutnya sebagai lulusan teknik lingkungan. Saat ini perusahaan swasta, instansi pemerintah maupun NGO membuka posisi ini untuk kebutuhan pengelolaan lingkungan perusahaan atau instansi tersebut.

Tugas manajer lingkungan ini yakni mengelola dan mengawasi lingkungan kerja di perusahaan tersebut. Mulai dari memastikan kepatuhan terhadap aturan lingkungan ditegakkan di perusahaan tersebut, hingga mengatasi permasalahan terkait lingkungan di sekitar perusahan tersebut.

. Water Project Manager

Prospek kerja teknik lingkungan berikutnya yang bisa kamu pilih adalah water project manager atau orang yang bertugas memelihara kualitas air. Posisi ini dibuka hampir setiap perusahaan untuk memastikan kebutuhan kualitas air di sekitar perusahaan itu tetap terjaga dan tidak tercemar, sehingga masyarakat di sekitar perusahaan tersebut tidak terdampak. Tak hanya itu, posisi ini juga memiliki tanggung jawab untuk mengelola air hujan, manajemen air limbah maupun risiko banjir.

. Senior Environmental Engineer

Senior Environmental Engineer atau insinyur teknik lingkungan juga merupakan salah satu prospek kerja teknik lingkungan. Posisi senior environmental engineer ini biasanya tersedia bagi mereka yang telah memiliki pengalaman lama di bidang teknik lingkungan.

Sebab, berbeda dengan lulusan baru teknik lingkungan yang bekerja di lapangan, senior environmental engineer ini bertugas dalam memimpin, mengawasi bawahan dalam pengelolaan lingkungan.

. Peneliti Lingkungan

Sebagai lulusan teknik lingkungan, kamu juga terbuka untuk menjadi peneliti lingkungan. Seorang peneliti lingkungan ini biasanya bertugas melakukan penelitian dan mengidentifikasi lingkungan, permasalahan hingga solusinya. Untuk mendalami penelitian lingkungan, biasanya seorang peneliti atau ilmuwan lingkungan mengambil spesialisasi untuk fokus terhadap penelitiannya, seperti ahli ekologi, keselamatan lingkungan, kimia lingkungan maupun analisis perubahan iklim.

. Petugas Daur Ulang

Kepedulian akan lingkungan saat ini membuat perusahaan berupaya mengembangan kebijakan pengurangan limbah, salah satunya dengan pengolahan daur ulang. Karena itu, dibutuhkan SDM yang kompeten dalam melakukan proses daur ulang tersebut. Petugas daur ulang ini menjadi salah satu prospek kerja teknik lingkungan.

. Petugas Konservasi Lingkungan

Kamu lulusan teknik lingkungan dan juga pecinta lingkungan? Jika iya, maka petugas konservasi lingkungan ini bisa kamu pilih sebagai profesi kerja kamu. Petugas konservasi lingkungan ini memiliki tanggung jawab terhadap perlindungan, pengelolaan dan pengembangan lingkungan.

. Dosen

Jika kamu memiliki minat untuk menjadi dosen, kamu juga bisa menjadi dosen teknik lingkungan. Setelah lulus jenjang sarjana teknik lingkungan, kamu bisa langsung meneruskan jenjang pendidikan master di jurusan teknik lingkungan. Peluang menjadi dosen teknik lingkungan ini cukup besar, mengingat saat ini jurusan teknik lingkungan banyak diminati orang.

. PNS

Seperti yang disampaikan sebelumnya, prospek kerja teknik lingkungan ini tidak hanya di industri atau perusahaan swasta, instansi pemerintahan pun saat ini membutuhkan SDM yang ahli di bidang lingkungan. Karena itu, jika kamu lulusan teknik lingkungan dan ingin menjadi bagian dari aparatur negara, peluang itu terbuka lebar untuk kamu mengikuti seleksi pegawai negeri sipil di kementerian atau lembaga yang berfokus pada lingkungan hidup. Antara lain; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian PUPR, maupun kementerian lainnya atau dinas-dinas lingkungan hidup daerah.

Nah itu ulasan mengenai prospek kerja teknik lingkungan yang bisa kamu pilih nanti jika lulus nanti. Semoga bermanfaat.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan & Alasan Memilihnya #Prospek #Kerja #Teknik #Lingkungan #Alasan #Memilihnya