Penyebab dan Cara Antisipasi Pemadaman Listrik di Rumah

Kenapa Penyebab dan Cara Antisipasi Pemadaman Listrik di Rumah

Pemadaman listrik secara tiba-tiba cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya, bisa dari PLN ataupun masyarakat. Lalu, bagaimana cara antisipasinya?

Pemadaman listrik memang tidak bisa diprediksi. Bisa terjadi di pagi, siang, bahkan malam hari. Durasi pemadamannya bervariasi, Kadang hanya hitungan menit, tapi tidak jarang juga dalam hitungan jam. Tentu kondisi ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain air, listrik menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan manusia.

Pemadaman listrik dilakukan sengaja oleh PLN secara bergilir. Penyebab utamanya karena kapasitas atau infrastruktur produksi daya yang tidak bisa menyuplai ke berbagai wilayah secara bersamaan. Selain itu, ada beberapa penyebab lain dari pemadaman listrik. Berikut ini penjelasannya!

penyebab pemadaman listrik


Penyebab Pemadaman Listrik

Pemadaman atau pemutusan arus listrik bisa disebabkan oleh perusahaan listrik, kondisi alam yang buruk, dan juga penggunanya. Apa saja itu? 

Meningkat Daya Listrik Secara Mendadak

Jika diperhatikan, pemadaman listrik paling sering terjadi ketika hujan lebat yang disertai petir. Kondisi ini terjadi karena adanya hantaman petir di pembangkit atau menara penghantar listrik yang mengakibatkan peningkatan daya listrik dalam jumlah besar secara mendadak. Ketika hal ini terjadi, pemadaman arus listrik menjadi solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Perawatan Berkala dari Perusahaan Listrik

Pemadaman listrik secara bergilir biasanya paling sering dilakukan oleh perusahaan listrik (PLN). Pemadaman ini dilakukan secara sengaja sebagai bentuk pemeriksaan penyalur daya dan perawatan alat distribusi listrik secara berkala. 

Namun, kondisi ini biasanya sudah direncanakan dan perusahaan listrik akan memberikan informasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemadaman sehingga masyarakat bisa melakukan persiapan agar aktivitasnya tidak tertanganggu.

Arus Pendek Listrik

Kabel listrik yang menjuntai tidak beraturan di jalan berpotensi terjadinya korsleting arus pendek listrik yang menyebabkan pemadaman. Oleh karena itu,jika kamu melihat kondisi ini, lebih baik hubungi PLN terdekat supaya dilakukan perbaikan.

Baca juga: Cara Hitung Tarif listrik PLN yang Benar

Terjadi Banjir

Perusahaan listrik dengan sengaja melakukan pemadaman jika terdapat wilayah yang terdampak banjir. Langkah ini dilakukan untuk mencegah warga sekitar dari sengatan aliran listrik.

Gempa Bumi

Gempa bumi dengan guncangan yang cukup besar berdampak pada kerusakan aliran listrik, seperti kabel listrik putus sehingga terjadinya pemadaman.

Kabel Listrik Ketiban Dahan Pohon

Tidak sedikit tiang dan kabel listrik yang dibangun berdekatan dengan pohon. Kondisi ini sangat tidak menguntungkan karena dahan pohon bisa jatuh secara tiba-tiba yang menyebabkan kabel listrik putus dan otomatis terjadinya pemadaman.

Penggalian Bawah Tanah

Daerah perkotaan mulai menerapkan pembangunan jalur listrik bawah tanah. Adanya perubahan sistem ini bisa merusak sistem listrik tersebut sehingga menyebabkan pemadaman.

pemadaman listrik akibat bencana alam


Tersangkutnya Benda Pada Kabel

Senar layang-layang menjadi salah satu benda yang paling sering nyangkut di kabel listrik. Tentu hal ini cukup berbahaya karena bisa mengakibatkan korsleting listrik. Untuk menghindarinya, PLN akan melakukan pemadaman terlebih dahulu untuk menghilangkan senar layang-layang dari kabel.

Baca juga :  grosir pulsa murah di Ngawi

Cara Pengaduan Gangguan Listrik ke PLN

Berikut ini beberapa cara pengaduan gangguan listrik ke LN yang bisa dicoba. 

Sambungan Telepon PLN

Layanan PLN bisa diakses melalui saluran telepon. Layanan ini dikenakan tarif pulsa atau tidak gratis. Cara menghubunginya, pengguna menambahkan terlebih dahulu kode area sesuai tempat tinggal dan dilanjutkan . Contoh: ().

Aplikasi PLN Mobile

Cara yang lebih mudah untuk melakukan pengaduan gangguan listrik bisa melalui aplikasi PLN Mobile. Silakan unduh PLN Mobile di App Store ataupun Play Store smartphone kamu. Pada aplikasi tersebut, terdapat beberapa menu layanan yang bisa digunakan, seperti pengaduan gangguan listrik, permohonan pemasangan listrik baru, perubahan daya listrik, hingga pengisian token listrik prabayar. 

Baca juga: Cek Harga dan Tarif Dasar Pulsa Token Listrik di Sini!

Sosial Media

PLN memiliki sosial media resmi di berbagai akun. Pengguna bisa melakukan pengaduan melalui Facebook PLN , instagram pln_official, dan twitter @pln_. Selain sosial media, pelanggan juga bisa melakukan pengaduan dengan mengirim email ke pln@pln.co.id.

Tips Antisipasi Pemadaman Listrik

Pemadaman listrik tidak bisa dihindari. Jadi, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengantisipasi selama pemadaman listrik berlangsung agar aktivitas tidak terganggu. Berikut ini caranya.

Siapkan Sumber Daya Listrik Cadangan

Antisipasi pemadaman listrik dengan menyediakan alternatif sumber daya listrik merupakan langkah tepat yang harus dilakukan. Genset (generator set) bisa menjadi alat yang bisa digunakan sebagai sumber energi cadangan sehingga kamu bisa tetap melakukan aktivitas dengan aman. 

Jangan Membuka Lemari Es

Ketika di rumah mengalami pemadaman listrik, jangan pernah membuka kulkas. Sebab, kulkas mampu menjaga makanan tetap dingin selama empat jam. 

antisipasi pemadaman listrik


Cabut Semua Kabel yang Terdapat Aliran Listrik

Ketika mengalami pemadaman listrik, cabut semua colokan yang terdapat aliran listrik, seperti televisi, komputer, AC, dan barang elektronik lainnya. Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan akibat adanya lonjakan daya sesaat ketika listrik nyala. 

Menyediakan Uang Tunai

Uang tunai berguna jika terjadi pemadaman listrik secara massal. Sebab, mesin ATM juga akan mati sehingga tidak bisa melakukan transaksi pengambilan uang. 

Perhatikan Keamanan Rumah

Pemadaman listrik berpotensi tinggi datangnya maling. Oleh karena itu, meskipun rumah dalam keadaan gelap, kamu harus memperhatikan masalah keamanan rumah dengan memastikan semua pintu dan jendela terkunci.

Baca juga: Tips Heman Listrik untuk Rumah Tangga

Sediakan Alternatif Sumber Penerangan

Pemadaman listrik tidak bisa diprediksi oleh karena itu, penting sekali menyediakan alternatif sumber penerangan. Contohnya, lampu senter dan lilin. Untuk pemakaian lilin, perlu diperhatikan agar tidak terjadi kebakaran.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi pemadaman listrik di rumah. Supaya kamu tetap bisa menjalankan aktivitas meskipun listrik mati, pastikan tips di atas dilakukan, ya. Selamat mencoba!

Penyebab dan Cara Antisipasi Pemadaman Listrik di Rumah #Penyebab #dan #Cara #Antisipasi #Pemadaman #Listrik #Rumah