Hal yang Wajib Diperhatikan Bagi Reseller Pemula

Akankah Hal yang Wajib Diperhatikan Bagi Reseller Pemula


Berita


By Ihsan Ihsan – September ,


Hal yang Wajib Diperhatikan Bagi Reseller Pemula

Di antara berbagai peluang usaha yang tersedia, menjadi reseller adalah salah satu yang paling diminati. Bisnis ini terbilang cukup mudah karena kamu tidak perlu memproduksi produk. Kamu cukup mencari produsen dari produk yang ingin kamu jual, kemudian menjualnya kembali. Cara bisnis ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun jika kamu adalah reseller pemula maka kamu bisa memperhatikan tips-tips di bawah ini.

  • Riset terlebih dahulu produk yang sedang tren

Pada dasarnya, semua bisnis ingin mendapatkan keuntungan. Bagaimana cara mendapatkannya? Salah satunya adalah mengerti produk apa yang sedang tren dan dibutuhkan. Jika ingin jadi reseller, kamu perlu riset terlebih dahulu tentang apa tren produk yang ingin kamu jual. Dengan begitu, ketika kamu melakukan stok barang daganganmu akan langsung diminati dan laris dibeli.

  • Cari produsen dengan harga yang masuk akal

Sekarang ini mudah kok cari produsen untuk produk-produk untuk dijual kembali. Bisa dari dalam negeri maupun luar negeri. Nah jika ingin jadi reseller tugasmu adalah mencari produk dari produsen dengan harga yang masuk akal. Murah itu penting, tapi pertimbangkan faktor lain seperti ongkos kirim. Tak apa jika harus mengambil barang dari luar negeri asal kamu sudah memasukkan biaya ongkos kirim dalam perhitungan harga pokok produkmu.

  • Berjualan di tempat sebanyak mungkin

Berjualan kini tak perlu harus punya toko fisik. Kamu juga bisa berjualan secara online, lebih praktis dan bisa dilakukan di mana saja. Nah, saat menjadi reseller kamu tak hanya memperbanyak produk daganganmu saja namun juga tempat berjualanmu. Karena dilakukan secara online, kamu bisa menempatkan daganganmu di banyak e-commerce. Dengan begitu, kamu bisa dapat peluang pelanggan yang lebih besar.

  • Pertimbangkan untuk punya admin
Baca juga :  Cara Beli Pulsa bagi Nasabah Bank BNI

Mengetahui seluk beluk bisnis reseller dari huluke hilir memang penting. Dengan begitu kamu tahu apa yang perlu dilengkapi dan dipelajari. Meski begitu, tak salah juga kok jika kamu ingin memiliki admin untuk proses pemasaran. Tentu dengan adanya admin, kamu bisa fokus menangani hal lainnya. Ketika mempertimbangkan untuk memiliki admin tambahan maka pastikan perhitungan bisnismu cukup untuk menggajinya.

  • Tentukan target penjualan yang mesti dicapai

Berbisnis tentu harus punya target penjualan. Tujuannya adalah agar semakin banyak keuntungan yang kamu hasilkan. Selain itu, jika ada keperluan menggaji pun bisa terlaksana dengan baik. Oleh sebab itu, meski masih reseller pemula kamu harus punya target penjualan. Target ini bisa ditentukan dengan periode bulanan. Nah jangan lupa untuk selalu mencatat transaksi masuk dan keluar ya.

  • Tentukan besaran keuntungan untuk setiap penjualan

Setiap yang berbisnis tentu ingin mendapatkan keuntungan. Tujuannya adalah untuk menutup modal atau mengembalikan modal yang kamu habiskan di awal. Nah besaran keuntungan bisa kamu tentukan pada mula berbisnis. Kamu bisa menggunakan persentase yang diterapkan pada semua produk. Atau juga kamu bisa mengambil keuntungan besar pada produk tertentu. Menentukan keuntungan juga penting untuk pencatatan pada laporan keuangan atau pembukuan bisnismu.

  • Berpromosi dan melayani dengan baik

Calon pelanggan atau pelanggan bisa jadi setia dan kembali memilih tokomu jika kamu memperlakukannya dengan baik. Oleh karenanya kamu mesti melayani setiap pembelian dengan baik, misalnya dengan respon yang cepat dan menggunakan bahasa yang baik. Selain itu, dalam hal berpromosi pun juga perlu diperhatikan. Lakukan promosi dengan jujur dan tidak memberikan keterangan yang bohong. Intinya, raih kepercayaan calon pelanggan atau pelangganmu.

Hal yang Wajib Diperhatikan Bagi Reseller Pemula #Hal #yang #Wajib #Diperhatikan #Bagi #Reseller #Pemula