Apple iPad Pro . (), Berapa Harganya?

Ini dia Apple iPad Pro . (), Berapa Harganya?

Bila Anda mencari tablet dengan layar besar dan kinerja gesit, maka Apple iPad Pro . () bisa menjadi pilihannya. Tablet ini menawarkan berbagai kelebihan yang menunjang produktivitas dan kreativitas. Lantas, bagaimana spesifikasi iPad bertenagakan chip M ini? Dan berapakah harganya? Mari cari tahu dalam pembahasan berikut ini. 

Apple iPad Pro . ()

apple iPad Pro .
Apple iPad Pro . (), Berapa Harganya? 2

Desain dan Layar

Apple iPad Pro . () masih mempertahankan desain minimalis dan elegan pendahulunya. iPad ini memiliki dimensi bodi sekitar . x . x . mm dengan berat gram untuk model WiFi only dan gram untuk model seluler (G). Tampangnya berhiaskan bezel tipis sehingga layar terlihat lebih luas.

iPad ini mengusung panel Liquid Retina XDR mini-LED LCD yang mempunyai bentang . inci. Layar tersebut memiliki dukungan ProMotion refresh rate Hz, HDR dan Dolby Vision. 

Teknologi ProMotion merupakan teknologi besutan Apple yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas layar. Dalam hal ini, Apple meningkatkan refresh rate layar menjadi Hz sehingga layar dapat merespon sentuhan jari dengan lebih cepat.

Sementara itu, tingkat kecerahan tipikalnya adalah nit, tetapi dapat menyentuh sampai nit. Ini berarti layar dapat menampilkan gambar dengan jelas dan tajam sekalipun di bawah sinar matahari. 

Tingkat kecerahan maksimum yang terbilang tinggi ini terasa bermanfaat pada saat pengguna menggunakan iPad di luar ruangan. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan pengalaman gaming. 

Layar Apple iPad Pro . mendukung resolusi x piksel dan rasio :. Adapun, bagian depannya berlapiskan kaca anti-gores (scratch-resistant) dan lapisan oleofobik (anti-minyak).

Sementara, chasis bagian belakang terbuat dari bahan aluminium. Selain itu, bingkai iPad juga terbuat dari aluminium. Menariknya lagi, iPad berdesain tipis ini mendukung nano-SIM dan e-SIM. Jadi, pengguna bisa menggunakan kartu SIM yang telah mereka pakai selama ini.

Chipset Apple M

Apple mempersenjatai iPad Pro . () dengan chipset M. Chip yang memiliki ini (octa-core) ini berpadu dengan Apple GPU -core graphics. Secara kinerja, chip ini menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Chip ini membantu iPad menjadi lebih multifungsi. 

Hasil benchmark chip M di Geekbench menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Chip ini memperoleh skor untuk pengujian single-core, yang mana skor tersebut persen lebih tinggi daripada M. Sementara, skor untuk pengujian multi-core adalah atau persen lebih baik daripada M. 

Adapun menurut Kompas, chip M menunjukkan performa persen lebih kencang daripada chip M. Lebih lanjut, Apple juga sesumbar bahwa GPU dengan core grafis yang melengkapi chip M menawarkan performa persen lebih gesit daripada GPU generasi sebelumnya. 

Pembaruan chip ini membantu iPad untuk menjalankan fitur ProRes untuk menghasilkan video berkualitas tinggi. Selain itu, chip ini memberikan dukungan bagi konektivitas tanpa kabel tingkat lanjut, fitur iPadOS dan Apple Pencil.

Salah satu bentuk dukungan chip ini yang terintegrasi dengan Apple Pencil adalah berupa fitur hover, yakni fitur yang bisa mendeteksi Apple Pencil saat berada dalam kondisi melayang (hover) di atas layar. Ini berarti, layar dapat memberikan reaksi meskipun Apple Pencil belum menyentuh layar. Fitur ini bekerja saat Apple Pencil berjarak sekitar mm di atas layar.

Melalui keunggulan tersebut, pengguna dapat membuat ilustrasi atau desain dengan lebih presisi. Fitur ini juga dapat bekerja saat pengguna menggunakan Apple Pencil generasi kedua. 

RAM dan Penyimpanan

Konfigurasi RAM dan penyimpanan yang ditawarkan bermacam-macam. Apple iPad Pro . tersedia dengan RAM GB dan opsi penyimpanan, yakni GB, GB dan GB. Ada pula konfigurasi RAM GB yang berpadu dengan dua opsi penyimpanan, yakni TB dan TB. 

Baca juga :  agen pulsa murah di Jakarta Barat Cengkareng Grogol Petamburan Kalideres Kebon Jeruk Kembangan Palmerah Taman Sari Tambora

Dengan spesifikasi tersebut, iPad Pro . () bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para pengguna yang ingin meningkatkan produktivitas. 

Apple iPad Pro . () menjalankan iPadOS . yang membawa sejumlah pembaruan. Termasuk di dalamnya adalah fitur stage manager, peningkatan ruang kolaborasi, personalisasi lock screen dan memori swap yang membantu pengguna untuk menggunakan kapasitas memori hard disk iPad sebagai RAM. 

Ada pula fitur baru di Message yang membantu pengguna untuk mengedit dan meng-undo pesan yang terkirim. Selain itu, pengguna juga bisa menandai percakapan dengan label belum dibaca. 

Kamera 

Di sektor fotografi, ada sepasang kamera belakang yang memiliki resolusi MP (wide) dan MP (ultrawide). Kamera ultra wide menawarkan jangkauan derajat. Kedua kamera tersebut terletak di dalam modul yang terletak di bagian kiri atas punggung iPad. Kamera ini didukung dengan TOF D LiDAR scanner (depth).

Kamera ini mendukung perekaman video K dalam format /// fps serta video p dalam format //// fps.  Dukungan gyro-EIS membantu meningkatkan kestabilan video. Terdapat pula fitur ProRes yang membantu menghasilkan video berkualitas tinggi. Pengguna juga dapat memanfaatkan Cinematic Mode yang tersedia pada video K dan p. 

Beralih ke bagian depan terdapat kamera selfie (ultrawide) MP yang memiliki jangkauan derajat dan dilengkapi fitur face detection. Kamera ini juga memiliki fitur HDR dan panorama.  

Spesifikasi kamera tersebut memadai untuk kebutuhan selfie pengguna. Selain itu, beragam teknologi yang mendukung kamera selfie tersebut cukup untuk mengakomodasi kebutuhan video call dan Face ID. Fitur Face ID sendiri merupakan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci iPad menggunakan tampilan wajah sebagai passcode. 

Baterai 

Apple iPad Pro . () membawa baterai LiPo berkapasitas mAh yang didukung dengan pengecasan kabel W. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, pengguna dapat menggunakan iPad lebih lama. Sayangnya, belum diketahui berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengecas baterai tersebut sampai penuh. 

Konektivitas dan Fitur Lainnya

Dari segi konektivitas, iPad ini menyuguhkan dukungan WiFi e, jaringan G, bluetooth . dan USB C. Adapun, fitur-fitur lainnya yang tersedia pada iPad ini mencakup Face ID, stage manager dan masih banyak lagi.

Untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, pengguna bisa melengkapi iPad ini dengan aksesori rekomendasi: Magic Keyboard

Apple merekomendasikan Magic Keyboard karena keyboard ini menawarkan berbagai fungsionalitas. Namun sayangnya, harga Magic Keyboard cukup mahal sehingga membuat banyak pengguna berpikir ulang untuk membelinya. 

Berapa Harga Apple iPad Pro . ()?

Apple membanderol iPad Pro . di kisaran harga Rp. jutaan. Harga menyesuaikan varian RAM dan penyimpanan. Untuk pilihan warna, tersedia silver dan space gray yang dibalut dengan efek mengkilap. 

Secara keseluruhan, Apple iPad Pro . () memang punya spesifikasi mumpuni. Bahkan, kinerjanya dikatakan lebih baik daripada iPad Pro generasi sebelumnya. Akan tetapi, banderol harga yang terlalu mahal dan keterbatasan dalam memaksimalkan chipset sekelas laptop flagship membuatnya kurang menggoda. Jika tertarik, Anda mungkin bisa mempertimbangkan Apple iPad Air () yang menawarkan harga lebih bersahabat.

Meski demikian, bagi sebagian orang yang kerap berkutat dengan aktivitas per-tablet-an, maka iPad berbezel tipis ini laik untuk diboyong pulang. Sebab, iPad Pro . () menawarkan fungsionalitas lengkap dan performa menawan sehingga cocok untuk mendukung kebutuhan Anda. Tertarik membelinya?

Apple iPad Pro . (), Berapa Harganya? #Apple #iPad #Pro #Berapa #Harganya