Solusi Berobat Tanpa Kartu BPJS Kesehatan

Mengapa Solusi Berobat Tanpa Kartu BPJS Kesehatan

Sederhananya, Kartu BPJS Kesehatan menjadi salah satu kartu sakti yang digunakan untuk meringankan biaya pelayanan kesehatan. Dalam kartu tersebut terdapat data pengguna masing-masing orang berbeda. Oleh karena itu, jika kamu ingin berobat menggunakan layanan BPJS harus menunjukan kartu kepesertaannya. 

Meski demikian, tanpa kartu BPJS Kesehatan, kamu tetap akan dilayani di fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Asalkan langkah-langkahnya tepat. Simak penjelasan berikut!

Berobat Tanpa Kartu BPJS Kesehatan

Lalu, bagaimana jika lupa membawa kartunya? Apakah bisa berobat tanpa kartu BPJS kesehatan? Tidak perlu khawatir. Sebab, hanya dengan menyebutkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP, kamu bisa mendapatkan layanan kesehatan di faskes-faskes yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

berobat menggunakan bpjs kesehatan

Mengapa harus NIK? 

NIK menjadi kunci penting dalam pengelolaan data, eligibilitas, dan validitas data yang dibutuhkan BPJS Kesehatan untuk mengakses pelayanannya. Selain itu, NIK digunakan sebagai keyword dalam mengecek data kepesertaan tunggal dan meminimalisirkan terjadinya duplikasi data dengan peserta lain. Adanya penggunakan NIK juga sangat membantu pelayanan administrasi untuk mendapatkan data peserta dengan mudah. 

Baca juga: Mari Kenali Fasilitas BPJS Kesehatan

Dilansir dari Kompas, kegunaan NIK dalam program BPJS Kesehatan selaras dengan Undang-Undang No Tahun tentang BPJS dalam memberikan nomor identitas tugas kepada peserta.

Baca juga :  agen pulsa murah di Magetan Barat Bendo Karangrejo Karas

kartu bpjs kesehatan

Download Kartu BPJS Kesehatan Digital

Selain menggunakan NIK, kamu juga bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan digital. Jika memiliki kartu BPJS Kesehatan digital, sudah tidak perlu membawa kartu fisik lagi. Cara mendapatkan kartu BPJS Kesehatan digital cukup mudah dan hanya ada di aplikasi Mobile JKN. Berikut ini cara mendapatkan kartu BPJS Kesehatan digital melalui aplikasi Mobile JKN.

  • Download di Google play Store ataupun iOS
  • Pada halaman utama, ada menu “Kartu Peserta. Klik menu tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul kartu BPJS Kesehatan digital. Jika ingin berobat tanpa kartu BPJS, kamu bisa langsung tunjukan kartu digital ini. Namun jika ingin simpan di ponsel, kamu bisa klik menu “Kirim Email” yang ada di pojok bawah kanan.
  • Secara otomatis, kartu BPJS Kesehatan digital sudah terkirim ke email kamu yang terdaftar.
  • Cek email yang terkait dan unduh kartu tersebut.
  • Selesai.

Baca juga: Fasilitas Inap BPJS Kesehatan Penuh? Baca Tipsnya di Sini!

Jika kamu tidak membawa kartu BPJS Kesehatan ketika ingin berobat di fasilitas kesehatan, jangan panik, ya. karena kamu bisa menyebutkan NIK yang tertera di KTP atau download kartu BPJS Kesehatan secara digital di aplikasi Mobile JKN.

Bayar BPJS Kesehatan

Solusi Berobat Tanpa Kartu BPJS Kesehatan #Solusi #Berobat #Tanpa #Kartu #BPJS #Kesehatan