Peran Penting Asuransi Kesehatan untuk Kehidupan

Bagaimana Peran Penting Asuransi Kesehatan untuk Kehidupan

Asuransi kesehatan menjadi produk yang dipilih masyarakat untuk memberikan perlindungan finansial dari berbagai musibah tak terduga.

Memiliki keinginan untuk memproteksi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan adalah keputusan yang tepat. Pasalnya asuransi bisa membantu kamu disaat situasi genting datang tak terduga. Salah satunya, risiko gangguan kesehatan yang sangat sulit diprediksi meskipun kamu sudah menjaga pola hidup yang sehat. 

Tidak bisa dipungkiri hanya menjaga pola hidup sehat belum menjamin tubuh terhindari dari penyakit. Ada banyak faktor lain yang bisa mengancam kesehatan kamu setiap saat. Oleh karena itu, penting memiliki asuransi kesehatan yang bisa membantu kamu meminimalisir risiko keuangan yang tidak stabil.  

Namun, menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pemahaman terhadap produk asuransi kesehatan masih minim sehingga banyak penduduk Indonesia yang belum memilikinya. Hal ini tergambar dari tingkat penetrasi kepemilikan asuransi kesehatan yang belum maksimal. Dilansir dari Databoks, pada sebanyak atau , % dari penduduk di Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan, tapi hanya ,% yang menggunakan asuransi swasta. 

pengertian asuransi kesehatan

Angka tersebut muncul dikarenakan beberapa faktor. Mulai dari stigma negatif yang melekat pada asuransi hingga mahalnya premi yang harus dibayarkan. Namun, faktor-faktor di atas tidak sebanding dengan benefit yang bisa kamu rasakan jika memiliki asuransi kesehatan. Oleh karena itu, sebelum berspekulasi terlalu jauh, yuk, pahami dulu pengertian, keuntungan, dan pentingnya asuransi kesehatan untuk kehidupan sehari-hari. 

Pengertian Asuransi Kesehatan 

Dilansir dari Investopedia, asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang dapat menjamin biaya perawatan, obat-obatan, serta tindakan medis lainnya untuk pemegang polis. Asuransi ini dijadikan sebagai pengganti biaya yang harus kamu bayarkan untuk perawatan medis secara langsung. 

Sebagai contoh, kamu sakit demam berdarah dan harus diberikan tindakan lanjut di rumah sakit. Mulai dari pemeriksaan dokter, cek darah di laboratorium, obat-obatan, hingga rawat inap semuanya akan ditanggung oleh asuransi kesehatan. Sebab, kamu yang sudah memiliki asuransi kesehatan otomatis menjadi pemegang polis yang harus dilindungi.

Keuntungan Asuransi Kesehatan 

Kesehatan dan kebahagiaan merupakan dua hal yang saling berkesinambungan. Tubuh yang sehat otomatis menghasilkan mental yang baik karena hanya rasa bahagia yang mengalir di dalam tubuhnya. 

Asuransi kesehatan bisa memberikan kedua hal tersebut karena ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari produk ini. Dirangkum dari Axa Mandiri, berikut ini ulasannya.

Baca juga: Lebih Baik Mana, BPJS Kesehatan atau Asuransi Prudential

Terlindungi dari Biaya Medis

Berdasarkan Survei Willis tower Watson, pada silam, biaya pengobatan di Indonesia diperkirakan naik %. Tentu hal ini akan menjadi beban pikiran jika terjadi kondisi tak terduga. Namun, beban itu akan hilang jika kamu dan keluarga sudah terlindungi asuransi kesehatan. Sebab, mulai dari rawat jalan, rawat inap, tindakan medis, hingga obat-obatan semua biayanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar semua biaya medis tersebut.

Mendapatkan Perawatan yang Lebih Cepat dan Luas

Hampir semua rumah sakit sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi kesehatan. Hal ini tentu sangat baik karena kamu bisa mendapatkan perawatan yang lebih cepat di rumah sakit rekanan tanpa harus meminta rujukan dari klinik. Jadi, penyakit kamu cepat ditindaklanjuti dan mendapatkan perawatan yang prima.

Melindungi dari Berbagai Penyakit

Asuransi kesehatan bisa melindungi terhadap berbagai penyakit, mulai penyakit tropis (chikungunya, malaria, demam berdarah) hingga penyakit kritis (jantung, stroke). 

Hidup Lebih Tenang

Secara tidak langsung, asuransi kesehatan bisa memberikan ketenangan pikiran yang berdampak pada kesehatan mental kamu dan keluarga. Hal ini bisa dibuktikan jika terjadi kondisi darurat medis, pihak asuransi akan melindungi kamu dari sisi finansial.

Tarif Premi yang Bervariasi

Perlu diketahui, tidak semua perusahaan asuransi kesehatan menawarkan harga premi yang mahal. Kamu masih bisa mendapatkan tarif premi yang terjangkau karena benefit dari produk ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya, mulai dari premi Rp ribu per bulan, kamu sudah mendapatkan perlindungan yang optimal untuk penyakit tropis. 

jenis-jenis asuransi kesehatan


Jenis – Jenis Asuransi Kesehatan 

Secara umum, asuransi kesehatan terbagi menjadi jenis. Dikutip dari Cermati, berikut ini penjelasannya.

  • Asuransi kesehatan rawat inap. Jenis asuransi kesehatan yang bisa digunakan hanya untuk perawatan rawat inap atau pemegang polis harus mendapatkan tindakan medis di rumah sakit (opname).
  • Asuransi kesehatan rawat jalan. Jenis asuransi yang digunakan untuk membiayai perawatan pasien berupa pemeriksaan dokter, rehabilitasi, obat-obatan, dan pelayanan medis lainnya tanpa harus tinggal di rumah sakit.
  • Asuransi kesehatan wajib. Pemegang polis harus mengikuti aturan tertentu, misalnya, kamu seorang karyawan yang harus membeli polis asuransi kesehatan berdasarkan perusahaan tempat kamu bekerja.
  • Asuransi kesehatan sukarela. jenis asuransi yang bisa dilakukan secara bebas sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan dari pemegang polis tanpa ada aturan perusahaan.
  • Asuransi kesehatan tanggungan total. jenis asuransi yang biaya perawatan nasabahnya ditanggung oleh perusahaan asuransi, mulai dari rawat jalan maupun rawat inap sesuai jumlah yang tertera di polis asuransi.
  • Asuransi kesehatan tanggungan tinggi. Asuransi yang hanya melindungi biaya dengan jumlah yang besar, seperti tindakan operasi dan lainnya.
  • Asuransi kesehatan personal. Jenis asuransi yang hanya melindungi untuk satu orang saja sesuai syarat dan ketentuan yang ada di polis asuransi.
  • Asuransi kesehatan kelompok. Jenis asuransi kesehatan yang bisa melindungi kelompok tertentu (satu keluarga atau satu perusahaan ) sesuai dengan syarat dan ketentuan di polis asuransi.
  • Asuransi kesehatan murni. Jenis asuransi yang memberikan perlindungan hanya untuk kesehatan saja bukan investasi. 
  • Asuransi kesehatan unit link. Jenis asuransi yang memiliki dua keuntungan sekaligus, yaitu untuk melindungi biaya medis dan investasi.
  • Asuransi kesehatan cashless. Jenis asuransi yang memudahkan pemegang polis ketika membayar tagihan rumah sakit. Jadi, kamu tidak perlu menalangi biaya tersebut karena sudah ditanggung langsung oleh perusahaan asuransi.
  • Asuransi kesehatan reimbursement. Dalam proses pembayaran medis, pemegang polis harus menalangi terlebih dahulu baru mengajukan klaim  ke perusahaan asuransi.

Baca juga: Lindungi Kesehatan Anda dan Keluarga dengan Program JKN-KIS!

Tips Memilih Asuransi Kesehatan 

Baca juga :  Syarat Terbaru Naik Kereta Api, Kini Tidak Perlu Antigen & PCR

Tidak dipungkiri masih banyak perusahaan asuransi bodong yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, jika kamu berencana ingin memiliki asuransi kesehatan, berikut ini tips yang bisa dilakukan sesuai informasi dari Zurich.

Memahami Kebutuhan Kamu dan Keluarga

Seperti yang sudah dibahas di atas, jenis dari asuransi kesehatan cukup banyak. Supaya kamu tidak salah dalam memilih produk asuransi kesehatan, pastikan pahami kebutuhan kamu dan keluarga. Jika sudah tahu kebutuhannya, kamu bisa mempelajari produk-produk yang ditawarkan dan disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. 

Lakukan Perbandingan

Di Indonesia, perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan cukup banyak. Masing-masing perusahaan memiliki penawaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk mendapatkan harga premi yang terjangkau, tapi perlindungan kesehatan yang optimal, kamu bisa melakukan perbandingan ke beberapa perusahaan yang ada. Pahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing perusahaan tersebut dan pilih yang bisa memenuhi kebutuhan kamu. 

Mencari Tahu Kredibilitas Perusahaan

Sebelum memutuskan untuk memiliki produk asuransi kesehatan, kamu harus mempelajari kredibilitas perusahaan tersebut untuk menghindari kerugian yang mungkin saja terjadi. Pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi dan kredibilitas baik.

cara memilih asuransi kesehatan


Produk Asuransi Kesehatan dengan Rekanan Rumah Sakit yang Luas

Selain manfaatnya, pastikan juga produk asuransi tersebut memiliki rekanan rumah sakit yang luas. Jangan sampai keliru ya!

Fleksibilitas dalam Penentuan Premi

Besar kecilnya biaya premi yang harus dibayarkan ditentukan oleh manfaat yang kamu dapatkan. Oleh karena itu, pilih produk asuransi kesehatan yang memungkinkan untuk bisa mengubah premi dan manfaat secara fleksibel. 

Proses Klaim yang Mudah

Stigma produk asuransi negatif salah satunya dikarenakan proses klaim yang sulit. Oleh karena itu, sebelum memilih pastikan kamu mengetahui dan mempelajari prosedur klaim perusahaan asuransi tersebut. Jangan pilih perusahaan yang memberikan prosedur klaim terlalu rumit dan menguras waktu terlalu lama. 

Itulah informasi seputar asuransi kesehatan yang bisa kamu pahami. Selain itu, kamu juga bisa membayar premi asuransi kesehatan dengan mudah dan aman hanya di Arkanapulsa. Pastikan smartphone kamu sudah download aplikasi Arkanapulsa di Google Play Store, ya! Yuk, nikmati proses pembayaran premi asuransi yang mudah dan aman hanya dalam hitungan detik di Arkanapulsa.

Peran Penting Asuransi Kesehatan untuk Kehidupan #Peran #Penting #Asuransi #Kesehatan #untuk #Kehidupan