Niat Mandi Besar Haid: Panduan Praktis untuk Menjalankan Ibadah dengan Benar

Niat Mandi Besar Haid: Panduan Praktis untuk Menjalankan Ibadah dengan Benar

Salam sejahtera Sobat Arkana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar mandi besar haid. Sebagai seorang muslimah, tentu kita harus menjalankan segala perintah Allah SWT dengan benar. Salah satunya yaitu mandi besar haid, yang merupakan salah satu syarat sahnya ibadah shalat. Nah, apa saja sih yang perlu kita ketahui tentang mandi besar haid? Simak ulasan berikut ini ya, Sobat Arkana.

Apa itu Mandi Besar Haid?

Mandi besar haid merupakan mandi yang menjadikan seorang wanita yang mengalami haid atau nifas menjadi bersih dan suci untuk kembali menjalankan ibadah shalat. Mandi besar ini dijalankan setelah wanita tersebut selesai periodenya atau masa nifas. Mandi besar haid dilakukan dengan cara yang berbeda dengan mandi biasa. Pada mandi besar haid, tubuh harus dicuci secara menyeluruh, juga harus mengalirkan air ke seluruh tubuh, termasuk akar rambut dan kulit kepala.

Langkah-langkah Mandi Besar Haid

Berikut ini adalah langkah-langkah mandi besar haid yang benar:

1. Berniat dan membaca bismillah
Sebelum memulai mandi besar haid, tentu kita harus berniat terlebih dahulu. Niat tersebut sebaiknya diucapkan dalam hati. Kemudian, membaca bismillah sebagai tanda memulai kegiatan ibadah.

2. Membasuh seluruh tubuh
Mandi besar haid harus dilakukan dengan cara mengalirkan air ke seluruh tubuh. Dimulai dari kepala hingga ujung kaki.

3. Mencuci rambut
Setelah mencuci seluruh tubuh, rambut juga harus dicuci sampai ke akar rambut.

4. Membersihkan tubuh dari najis
Selain rambut dan tubuh, memeriksa keberadaan kotoran yang menempel di tubuh atau baju. Kemudian membersihkannya. Segera ganti baju setelah itu.

5. Membaca doa
Saat selesai melakukan mandi besar haid, perlu membaca doa. Kemudian mengakhiri dengan sholawat.

Baca juga :  Jangan Bodoh, Hindari Aplikasi Chatting Yang Tidak Aman! Ini Rekomendasi Aplikasi Chatting Aman Terbaik

Sesuatu yang Harus Dihindari Saat Mandi Besar Haid

Berikut ini adalah sesuatu yang harus dihindari saat mandi besar haid:

1. Tidak menggunakan sabun, sampo atau bahan-bahan lainnya yang dapat membuat mandi tidak sah.
2. Tidak memohon di sisi selain Allah SWT
3. Tidak berkumur-kumur atau mencuci hidung.
4. Tidak melupakan sahnya syarat-syarat mandi besar haid.

Kapan Saat yang Tepat Melakukan Mandi Besar Haid?

Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan bahwa tidak ada lagi darah yang keluar, atau sudah selesai dalam waktu yang telah ditentukan. Maka diperbolehkan untuk segera melakukan mandi besar pada saat itu. Namun, terkadang menstruasi atau nifas berlangsung lebih dari waktu normalnya. Ada kalanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan ulang sebelum melaksanakan mandi besar haid.

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa informasi dan cara melakukan mandi besar haid yang baik dan benar. Jangan lupa selalu memperhatikan sesuai arahan dan petunjuk dari dokter maupun pembimbing agama kita. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk menambah pengetahuan kita sebagai muslimah. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Arkana. Terima kasih!


Momen Jual Pulsa All Operator serta Agen PPOB Di buka

Berjualan Pulsa dan Konter PPOB merupakan Berbisnis yang menguntungkan. Meskipun di masa endemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia menjadi sesuatu yang pokok, seperti membayar tagihan, membeli pulsa kuota, voucher game online, refill saldo dompet digital serta kebutuhan lain.

Semuanya dapat dilakukan di Arkana Pulsa sebagai Jual pulsa murah yang menjanjikan. Bisnis di Arkana Pulsa dapat dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Peluang masih terbuka lebar untuk membuka Usaha agen pulsa juga loket pembayaran ppob dengan Arkana Pulsa

Apakah Berdagang Pulsa dan Layanan PPOB di Arkana Pulsa?

Jual pulsa dan loket pembayaran ppob kami adalah solusi Dagang buat rakyat Indonesia yang ingin memiliki Dagang pulsa elektrik, pulsa internet, paket sms & nelpon, Jual isi ulang Gopay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Bisnis voucher game paling murah dan komplit dan voucher tv kabel prabayar

DAFTAR SEKARANG

Sekian Artikel update viral soal Niat Mandi Besar Haid: Panduan Praktis untuk Menjalankan Ibadah dengan Benar dengan tags #Niat #Mandi #Besar #Haid #Panduan #Praktis #untuk #Menjalankan #Ibadah #dengan #Benar yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan buat anda 🙂