Bacaan Sholat Sebelum Al Fatihah

Bacaan Sholat Sebelum Al Fatihah – Halo Sahabat Arkana, dalam artikel ini kita akan membahas tentang bacaan sholat sebelum Al Fatihah. Bacaan ini sangat penting untuk dilakukan dalam setiap rakaat sholat yang kita lakukan. Dengan membaca bacaan ini, kita memohon kepada Allah SWT agar sholat kita diterima dan mendapatkan keberkahan. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui dengan lebih detail mengenai bacaan sholat sebelum Al Fatihah. Selamat membaca!

Bacaan Sholat Sebelum Al Fatihah

1. Takbiratul Ihram

Setelah melakukan niat sholat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengucapkan takbiratul ihram. Takbir ini menandakan mulainya sholat.

2. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, membaca doa iftitah adalah langkah berikutnya sebelum membaca Al Fatihah. Doa ini bertujuan untuk membuka sholat dengan kesadaran dan iman yang kuat.

3. Membaca Surat Al Fatihah

Setelah membaca doa iftitah, tibalah saatnya untuk membaca surat Al Fatihah. Surat ini merupakan surat pembuka dalam Al Quran dan menjadi salah satu rukun sholat yang wajib dibaca.

4. Membaca Surat Pendek Setelah Al Fatihah

Setelah membaca Al Fatihah, disarankan untuk juga membaca surat pendek sebagai tambahan dalam sholat. Biasanya surat pendek yang dibaca antara lain Surat Al Ikhlas, Surat An-Nas, atau Surat Al Falaq.

5. Rukuk

Setelah membaca surat pendek, kemudian melanjutkan dengan melakukan rukuk. Rukuk dilakukan dengan menundukkan badan hingga tangan hampir menyentuh lutut.

6. I’tidal

Setelah rukuk, dilanjutkan dengan i’tidal atau berdiri tegak kembali. Pada tahap ini, hendaknya menjaga keseimbangan tubuh dan melafalkan doa sewaktu berdiri tegak.

7. Sujud Pertama

Setelah i’tidal, dilanjutkan dengan sujud pertama. Sujud dilakukan dengan meletakkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, serta kedua lutut ke lantai. Selama sujud, membaca doa sujud dan berdoa sesuai dengan keinginan.

8. Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, melanjutkan dengan duduk di antara dua sujud. Pada tahap ini, duduklah sebentar sambil beristirahat dan membaca doa duduk di antara dua sujud.

Baca juga :  BNI Mobile Terbaru: Aplikasi Online Banking yang Dibutuhkan Semua Orang!

9. Sujud Kedua

Setelah duduk di antara dua sujud, lanjutkan dengan sujud kedua. Sama seperti sujud pertama, lakukan sujud dengan khusyuk dan baca doa sujud secara berulang.

10. Duduk di Antara Dua Sujud Terakhir

Setelah selesai sujud kedua, dilanjutkan dengan duduk di antara dua sujud terakhir. Pada tahap ini, duduklah sebentar sambil beristirahat dan membaca doa duduk di antara dua sujud.

11. Tasyahud Awal

Setelah duduk di antara dua sujud terakhir, dilakukan tasyahud awal atau membaca doa tasyahud awal. Doa ini dibaca sambil duduk dengan dikhusyukkannya pemahaman terhadap makna doa tersebut.

12. Salam

Setelah tasyahud awal, akhiri sholat dengan memberikan salam ke kanan dan ke kiri. Salam ini menandakan berakhirnya sholat dan juga sebagai salam kepada malaikat di sebelah kanan dan sebelah kiri.

13. Membaca Doa Sesudah Sholat

Setelah memberikan salam, waktu yang tepat untuk membaca doa sesudah sholat. Doa ini berfungsi sebagai penutup dan harapan untuk mendapatkan pahala dari sholat yang telah dilakukan.

14. Membaca Kumpulan Doa-doa Sholat

Setelah membaca doa sesudah sholat, dapat melanjutkan dengan membaca kumpulan doa-doa sholat lainnya. Dengan membaca doa-doa ini, diharapkan dapat memperkuat hubungan dengan Allah dan mendapatkan ridha-Nya.

15. Membaca Wirid dan Zikir Setelah Sholat

Terakhir, setelah membaca kumpulan doa-doa sholat, dilakukan juga wirid dan zikir. Wirid adalah amalan membaca kata-kata atau kalimat tertentu yang dianjurkan dalam agama Islam sebagai bentuk ibadah yang rutin. Zikir adalah mengingat dan menyebut nama Allah secara berulang-ulang.

Kesimpulan

Demikianlah bacaan sholat sebelum Al Fatihah yang harus diketahui dan diamalkan oleh setiap Muslim dalam menjalankan ibadah sholat. Dengan memahami dan melaksanakan bacaan ini dengan baik, diharapkan sholat kita dapat lebih khusyuk dan mendapatkan pahala yang lebih besar. Yuk, tingkatkan ibadah sholat kita dan semoga kita selalu mendapat limpahan rahmat dari Allah SWT. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.


Kesempatan Berjualan e-money juga Agen PPOB Di buka

Jual Pulsa dan Loket PPOB ialah Jual yang menguntungkan. Walau di saat pandemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia jadi sesuatu yang primer, seperti bayar tagihan, membeli pulsa internet, voucher gaming, top up saldo uang elektronik atau kebutuhan lainnya.

Semuanya boleh dilakukan di Arkana Pulsa sebagai Jual pulsa murah yang menjanjikan. Jualan di Arkana Pulsa bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Momentum masih terbuka lebar untuk membuka Dagang agen pulsa serta loket pembayaran ppob dengan Arkana Pulsa

Mengapa Dagang Pulsa dan Gerai PPOB di Arkana Pulsa?

Menjual pulsa dan loket pembayaran ppob kami merupakan solusi Menjual buat masyarakat Indonesia yang pingin memiliki Usaha pulsa elektrik, pulsa data, paket sms & nelpon, Dagang isi ulang Gopay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Berjualan voucher game paling murah dan komplit serta voucher tv kabel paska bayar

DAFTAR SEKARANG

Itulah Berita update viral soal Bacaan Sholat Sebelum Al Fatihah dengan tags #Bacaan #Sholat #Sebelum #Fatihah yang mungkin saja tak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan buat kalian 🙂