Ternyata Ini Penyebab Pengajuan Kartu Kredit Tidak Disetujui

Mengapakah Ternyata Ini Penyebab Pengajuan Kartu Kredit Tidak Disetujui

Tidak semua pengajuan kartu kredit berjalan mulus. Pasti ada yang ditolak dengan berbagai alasan salah satunya, penghasilan yang tidak sesuai data. Berarti gaji besar bukan menjadi satu satunya tolak ukur yang bisa meloloskan pengajuan kartu kredit. 

Sebagai informasi, hingga Juni , nilai transaksi kartu kredit di Indonesia mencapai Rp , triliun. Artinya, kartu kredit menjadi salah satu metode pembayaran yang cukup diminati masyarakat. Namun, untuk mendapatkan kartu kredit, tidak semudah membuka kartu debit. Sebab, ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pengguna. Supaya pengajuan kartu kredit kamu tidak ditolak, berikut ini syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

  • Usia minimal tahun dan maksimal tahun.
  • Memiliki kartu identitas, baik itu KTP/SIM/Paspor.
  • Memiliki surat keterangan penghasilan atau slip gaji.
  • Tagihan kartu kredit kurung waktu bulan terakhir (jika sudah memiliki kartu kredit).
  • Rekening koran minimal bulan terakhir untuk pengusaha.
  • Akte pendirian perusahaan untuk pengusaha.

Baca juga: Cara Melunasi Utang Kartu Kredit yang Menumpuk

Alasan Pengajuan Kartu Kredit Ditolak 

Ternyata untuk mengajukan kartu kredit tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan kartu kredit kamu ditolak seperti berikut ini.

Penghasilan Tidak Sesuai 

Dalam mengajukan kartu kredit, memiliki standar penghasilan yang harus kamu miliki setiap bulannya. Jika penghasilan tidak sesuai atau kurang dari batas yang ditentukan bank, kemungkinan besar pengajuan kartu kredit kamu ditolak. Umumnya, syarat penghasilan yang harus dipenuhi , yaitu minimal Rp juta per bulan.

Data Diri Tidak Sesuai 

Ada beberapa kelengkapan data yang harus kamu dipenuhi. Sebab, bank akan melakukan validasi data diri calon nasabahnya secara teliti. Jika bank menemukan ada fakta data yang tidak sesuai atau dipalsukan, bisa saja pengajuan kamu ditolak.

Baca juga: Waspada! Penipuan Kartu Kredit untuk Transaksi Online

Verifikasi Gagal 

Berikan semua informasi kepada pihak bank secara jujur. Termasuk kontak keluarga atau kerabat yang diminta. Sebelum memberikan nomor mereka, pastikan kamu sudah menjelaskan maksud dan tujuan supaya pihak bank mudah memastikan kredibilitas kamu. Sebab, jika pihak bank sedang melakukan verifikasi data kamu dan ternyata ada yang tidak benar atau sengaja dipalsukan, pengajuan kartu kredit kamu bisa saja dibatalkan.

Baca juga :  Semua Fitur dan Keuntungan Menggunakan BCA Bisnis

Belum Menjadi Nasabah Bank Tersebut

Banyak orang yang ditolak pengajuan kartu kredit dikarenakan bukan nasabah dari bank terkait. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menjadi nasabah dan memiliki rekening di perbankan tersebut sebelum mengajukan kartu kredit.

alasan kartu kredit ditolak

Memiliki Pekerjaan yang Tidak Tetap

Perlu diketahui, pihak bank akan mempertimbangkan pendapatan rutin setiap bulannya. Jika tidak ada, bank bisa mengambil kesimpulan bahwa finansial kan tidak stabil. Untuk penyebab ini, biasanya dialami oleh para freelance atau pekerja kontrak. 

Koleksi Kartu Kredit 

Memiliki banyak kartu kredit akan membuat bank meragukan kemampuan kamu membayarnya. Sebab, dengan memiliki banyak kartu kredit, kamu berpotensi memiliki risiko gagal bayar.  

Skor Kredit Buruk 

Selain kepemilikan jumlah kartu kredit, skor kredit menjadi acuan bank untuk menyetujui atau menolak pengajuan kartu kredit kamu. Oleh karena itu, pastikan skor kredit kamu dalam kondisi yang baik.

Solusi Pengajuan Kartu Kredit Ditolak 

Solusi agar pengajuan kartu kredit kamu tidak ditolak pihak bank, pastikan kamu melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Selain itu, perbaiki skor kredit yang buruk supaya memberikan kepercayaan bagi pihak bank untuk mempersetujui pengajuan kartu kredit kamu. 

Baca juga: Penasaran Gimana Cara Kerja Kartu Kredit? Cari Tahu di Sini!

Semoga informasi di atas bisa membantu kamu agar pengajuan kartu kredit tidak ditolak. Jika pengajuan terpenuhi, usahakan kamu tetap bijak dalam mengatur pengeluaran agar skor kredit kamu tetap dalam kondisi baik.

Ternyata Ini Penyebab Pengajuan Kartu Kredit Tidak Disetujui #Ternyata #Ini #Penyebab #Pengajuan #Kartu #Kredit #Tidak #Disetujui