Ternyata Begini Cara Kerja Mesin Cuci. Yuk Disimak!

Bolehkah Ternyata Begini Cara Kerja Mesin Cuci. Yuk Disimak!

Pada prinsipnya, cara kerja mesin cuci sangat sederhana. Tabung mesin yang sudah berisi air dan detergen berputar ke dua arah sebagai cara untuk membersihkan pakaian dalam kurung waktu yang ditentukan.

Mesin cuci adalah salah satu barang elektronik yang umum dimiliki oleh rumah tangga. Perabot rumah tangga ini sangat memenuhi kebutuhan manusia untuk membersihkan bahan tekstil, seperti baju, handuk, hingga sprai, tanpa harus menyikatnya secara manual. 

manfaat mesin cuci

Manfaat Mesin Cuci

Mesin cuci menjadi perabotan rumah tangga yang paling banyak dimiliki. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa dinikmati jika mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Berikut ini ulasannya.

Hemat Waktu

Mesin cuci sangat mampu mempercepat proses mencuci pakaian. Jika mencuci manual kamu bisa memakan waktu jam, hanya dengan mesin cuci waktu kamu mencuci pakaian menjadi menit saja. 

Tidak Menguras Tenaga

Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, kamu tidak perlu lagi menyikat dan membilas pakaian satu per satu. Sebab, semua pekerjaan itu dilakukan di dalam tabung. Jadi, tenaga kamu tidak terkuras banyak untuk mencuci pakaian.

Cepat Kering

Mesin cuci memiliki fitur yang bisa mengeringkan pakaian hingga %. Jadi, tidak perlu lama menjemur pakaian di bawah sinar matahari. 

Baca juga: Bagaimana sih Cara Kerja AC Sebenarnya?

Bagian dari Mesin Cuci

Mesin cuci terdiri dari bagian-bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Untuk lebih jelas, berikut ini ulasannya.

  • Tabung yang menjadi tempat utama untuk mencuci pakaian. Selain itu, ada juga tabung yang ukurannya lebih kecil untuk mengeringkan pakaian. Namun, jika mesin cuci terdiri hanya satu tabung, semua kegiatan mencuci dan mengeringkan pakaian dilakukan dalam satu tabung tersebut.
  • Terdiri dari berbagai macam tombol pengaturan yang berfungsi untuk mengoperasikan mesin cuci. Mulai dari durasi waktu untuk mencuci pakaian, jumlah air yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.
  • Selang di bagian belakang atau samping mesin cuci yang berfungsi untuk membuang air bekas cucian.
  • Motor listrik yang berfungsi sebagai penggerak tabung mesin cuci.
  • Kapasitor yang digunakan untuk menstabilkan kinerja dari motor listrik tersebut. 
  • Pompa yang berfungsi untuk mengisap air dan mengeluarkannya dari mesin cuci. 

cara kerja mesin cuci

Cara Kerja Mesin Cuci

Mesin cuci terdiri dari beberapa tipe dan masing-masing tipe tersebut memiliki cara kerjanya masing-masing. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci tipe cukup populer karena memiliki tabung yang terpasang horizontal dan memiliki pintu di bagian depan. Mesin cuci tipe ini bisa kamu jumpai di tempat jasa laundry. Lalu, bagaimana cara kerja dari mesin cuci front loading?

  • Mesin cuci front loading memiliki tabung luar yang statis dan tidak bergerak, sedangkan yang berputar hanya tabung bagian dalamnya saja. Tabung bagian dalam memiliki lubang kecil-kecil yang tepinya dipasang menghadap ke depan. 
  • Tabung bagian dalam berputar dua arah sebagai proses membersihkan pakaian. 
  • Terdapat tabung kecil di bagian tas untuk memasukkan detegjen dan air.
  • Motor elektrik berada di bagian bawah yang berfungsi sebagai sumber tenaga untuk memutar tabung bagian dalam. 
  • Terdapat pompa yang mengisap air cucian dari tabung ke luar.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Komputer yang Sebenarnya?

Mesin Cuci Satu Tabung Top Loading

Baca juga :  grosir pulsa murah di Pangalengan Paseh Pasirjambu Rancabali Rancaekek Rancasari

Mesin cuci tipe ini memiliki tabung yang terpasang vertikal. Mesin cuci satu tabung top loading ini bisa digunakan untuk mencuci sekaligus mengeringkan pakaian. Adapun cara kerja dari mesin cuci tipe ini adalah sebagai berikut.

  • Memiliki satu tabung yang bisa berfungsi sebagai mencuci hingga mengeringkan pakaian. 
  • Memiliki tombol pengaturan yang bisa diatur sesuai kebutuhan. 
  • Motor listrik memiliki fungsi untuk menggerakan tabung yang terhubung dengan belt. 
  • Selama proses mencuci, tabung berputar kedua arah. 
  • Ketika proses pengeringan, tabung akan berputar lebih cepat dibandingkan ketika mencuci. 
  • Secara berkala, pompa mengisap air dan mengeluarkannya dari mesin. 

Mesin Cuci Dua Tabung Top Loading

Mesin cuci ini terdiri dari dua tabung, di mana tabung yang lebih besar berfungsi untuk mencuci, dan tabung yang kecil sebagai pengering. Jadi, ketika timer pencucian selesai, kamu harus memindahkan pakaian ke tabung sebelahnya untuk proses pengeringan.

cara merawat mesin cuci

Cara Merawat Mesin Cuci

Merawat mesin cuci harus dilakukan agar awet dan kinerja dalam mencuci pakaian tetap prima. Dirangkum dari Kompas, berikut ini ulasan selengkapnya.

  • Bersihkan tabung setelah kamu menggunakannya. Cara membersihkannya hanya dengan menggunakan kain bersih yang lembut.  Lap seluruh bagian tabung menggunakan kain yang sudah bercampur air dan soda kue. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat kotoran, jamur dan bau tidak sedap di tabung mesin cuci.
  • Bersihkan secara berkala penyaring yang ada di tabung. Minimal setiap satu minggu sekali. Cara membersihkan penyaring dengan merendamkannya ke dalam air yang sudah dicampurkan soda kue dan sedikit detergen. Sikat perlahan hingga bersih. Bilas dan jemur penyaring hingga kering sebelum dipasang kembali.
  • Gunakan mesin cuci sesuai kapasitasnya. Masing-masing mesin cuci memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Hindari mencuci pakaian diluar kapasitas karena bisa menghambat perputaran mesin sehingga tidak bekerja secara optimal.
  • Jangan menggunakan detergen terlalu banyak karena bisa menghasilkan banyak residu dan bau tidak sedap pada tabung mesin cuci.

Mungkin masih banyak yang belum tahu cara kerja mesin cuci secara teknis. Semoga setelah membaca artikel di atas, pengetahuan kamu semakin bertambah ya.

Ternyata Begini Cara Kerja Mesin Cuci. Yuk Disimak! #Ternyata #Begini #Cara #Kerja #Mesin #Cuci #Yuk #Disimak