Sebutkan Bagian-Bagian Jangka Sorong

Sebutkan Bagian-Bagian Jangka Sorong – Sahabat Arkana, dalam dunia teknik pengukuran, Jangka Sorong adalah salah satu alat yang sangat penting. Bagian-bagian Jangka Sorong terdiri dari rahang tetap, rahang gerak, skala utama, vernier, dan roda penggerak. Rahang tetap berfungsi sebagai penyangga alat, sementara rahang gerak digunakan untuk mengukur objek yang diinginkan. Skala utama dan vernier digunakan untuk membaca hasil pengukuran dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi. Dan roda penggerak berfungsi untuk menggerakkan rahang gerak dengan presisi. Yuk, mari kita simak selengkapnya mengenai bagian-bagian Jangka Sorong agar penggunaan alat ini semakin maksimal!

Bagian-Bagian Jangka Sorong: Pahami Perangkat Pengukur Multiguna yang Berguna

Pendahuluan

Sebagai alat pengukur multiguna yang sangat berguna di dunia teknik, jangka sorong sering digunakan oleh para insinyur, tukang, dan mekanik untuk mengukur dengan akurasi tinggi. Untuk dapat menggunakan jangka sorong dengan baik, Anda perlu memahami bagian-bagian yang terdapat pada alat ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara santai bagian-bagian jangka sorong.

1. Rahang Tunggal

Rahang tunggal adalah bagian utama yang digunakan untuk mengukur panjang benda kerja. Pada bagian ini terdapat skala yang digunakan untuk membaca hasil pengukuran.

2. Rahang Ganda

Rahang ganda digunakan untuk mengukur diameter luar, ketebalan, dan kedalaman dari sebuah benda.

3. Skala Utama

Skala utama terletak pada bagian rahang tunggal. Skala ini digunakan untuk membaca hasil pengukuran dengan akurasi tinggi.

4. Skala Tambahan (Nonius)

Skala tambahan atau nonius digunakan untuk mengukur ukuran lebih rinci dengan keakuratan yang lebih tinggi. Skala ini membantu dalam membaca hasil pengukuran dengan tepat.

5. Thimble (Bulet)

Thimble pada jangka sorong memiliki fungsi untuk mengontrol gerakan rahang ketika pengukuran dilakukan.

6. Sleeve (Lengan)

Lengan atau sleeve berfungsi sebagai tempat peredam ketika rahang ditekan ke objek yang diukur. Bagian ini juga digunakan untuk memegang thimble.

Baca juga :  Tips Mudah Kelola Stock Opname dengan Software Inventory

7. Locking Screw (Sekrup Pengunci)

Sekrup pengunci digunakan untuk mengunci posisi tertentu pada jangka sorong saat pengukuran sedang dilakukan, agar pengukuran tidak berubah saat dilihat pada skala.

8. Depth Rod (Stang Kedalaman)

Stang kedalaman digunakan untuk mengukur kedalaman suatu lubang atau celah yang sulit dijangkau oleh bagian-bagian lain dari jangka sorong.

9. Vibrating Needle

Vibrating needle merupakan penunjuk yang bergetar saat rahang jangka sorong bergerak. Fungsi ini membantu untuk mendapatkan pengukuran yang lebih akurat.

10. V-Anvil

V-anvil adalah bagian jangka sorong yang digunakan untuk mengukur diameter dalam sebuah benda kerja dengan akurasi tinggi.

11. Flat Anvil

Flat anvil digunakan untuk mengukur ketebalan atau jarak ganda dari dua permukaan datar yang berdekatan dengan akurasi tinggi.

12. Jaws (Rahang)

Rahang adalah bagian yang berfungsi sebagai pemegang objek yang diukur. Ada rahang tunggal dan rahang ganda.

13. Throat Depth (Kedalaman Tenggorokan)

Kedalaman tenggorokan adalah jarak antara rahang sorong dan pangkalan jangka sorong. Bagian ini penting untuk memungkinkan pengukuran objek dengan ukuran panjang yang lebih besar.

14. Skala Vernier

Skala vernier digunakan untuk membaca hasil pengukuran dengan akurasi yang lebih tinggi. Skala ini dapat memberikan pembacaan dalam ukuran yang lebih rinci.

15. Zero Point

Zero point adalah titik awal atau nol pada skala utama dan skala vernier. Titik inilah yang menjadi acuan dalam melihat hasil pengukuran.

Kesimpulan

Mengetahui bagian-bagian jangka sorong merupakan langkah penting untuk dapat menggunakan alat ini dengan akurasi tinggi. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan secara santai 15 bagian utama jangka sorong beserta fungsinya. Dengan pemahaman yang baik tentang alat ini, Anda dapat melakukan pengukuran secara efisien dan akurat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!


Peluang Jual Pulsa Murah serta Loket PPOB Di buka

Jualan Pulsa dan Outlet PPOB ialah Bisnis yang menguntungkan. Meski di saat pandemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia menjadi hal yang primer, seperti membayar tagihan, membeli pulsa data, voucher gaming, topup saldo E MONEY serta kebutuhan lain-lain.

Semuanya boleh dijalankan di Arkana Pulsa sebagai Berjualan pulsa paling murah yang menjanjikan. Bisnis di Arkana Pulsa dapat dikelola oleh siapapun dengan modal kecil. Momentum masih terbuka lebar untuk membuka Berbisnis agen pulsa juga loket pembayaran ppob dengan Arkana Pulsa

Mengapa Jual Pulsa dan Bayar PPOB di Arkana Pulsa?

Bisnis pulsa dan loket pembayaran ppob kami yaitu solusi Berdagang untuk rakyat Indonesia yang ingin memiliki Berdagang pulsa elektronik, pulsa internet, paket sms & nelpon, Menjual isi ulang GoPay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Berdagang voucher gaming termurah dan lengkap atau voucher tv kabel prabayar

DAFTAR SEKARANG

Begitulah Kabar update terhangat soal Sebutkan Bagian-Bagian Jangka Sorong dengan tags #Sebutkan #BagianBagian #Jangka #Sorong yang maybe saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan buat anda 🙂