Sebelum Menjadi Korban, Ketahui Cara Kerja Kejahatan Siber dan Tips Menjauh dari Ancamannya

Arkanapulsa.id, Blora – Arkanapulsa.id – Perkembangan digitalisasi membawa keuntungan dan risiko bagi masyarakat dalam bertransaksi keuangan. Salah satu risiko yang dapat terjadi adalah kejahatan dunia maya atau cybercrime. Industri perbankan sering menjadi sasaran para pelaku cybercrime. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman tentang jenis dan cara kejahatan siber serta cara menghindarinya. Salah satu tindakan kejahatan dunia maya yang sering terjadi adalah phishing, yang dapat dihindari dengan melakukan tindakan yang tepat. Yuk, ketahui cara-cara menghindari phishing pada artikel ini.

Sebelum Jadi Korban, Kenali Modus Cyber ​​Crime dan Tips Menghindarinya

#Sebelum #Jadi #Korban #Kenali #Modus #Cyber #Crime #dan #Tips #Menghindarinya

Sebelum Jadi Korban, Kenali Modus Cyber ​​Crime dan Tips Menghindarinya

Pengenalan Cyber ​​Crime

Cyber ​​crime atau kejahatan dunia maya sudah menjadi masalah global yang sangat serius. Ini termasuk semua bentuk penipuan, peretasan, dan kejahatan berbasis teknologi lainnya yang dapat membahayakan informasi pribadi dan keamanan seseorang. Sayangnya, semakin banyak aktivitas kita dilakukan secara online, semakin banyak juga serangan cyber crime yang terjadi.

Berbagai Modus Cyber ​​Crime

Untuk menghindari kejahatan cyber, penting untuk mengenal berbagai modus cyber crime. Beberapa contohnya termasuk:

Phishing

Phishing adalah taktik cyber crime yang melibatkan penipuan untuk memperoleh informasi sensitif dari seseorang, biasanya melalui email atau pesan di media sosial. Penipu akan berpura-pura menjadi perusahaan atau organisasi yang terpercaya, seperti bank atau situs web e-commerce, dan mencoba membuat Anda memberikan informasi login atau finansial.

Malware

Malware adalah program jahat yang dibuat untuk merusak atau mengambil alih komputer atau perangkat lunak. Jenis malware termasuk virus, Trojan, dan spyware.

Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang bisa memblokir akses ke komputer atau data Anda dan meminta pembayaran untuk membuka kembali akses tersebut.

Tips Menghindari Cyber Crime

Untuk menghindari menjadi korban cyber crime, Anda bisa melakukan beberapa tindakan, di antaranya:

Gunakan Keamanan Online yang Kuat

Pastikan untuk menggunakan keamanan online yang kuat, seperti kata sandi unik dan program antivirus. Selalu perbarui program antivirus Anda untuk memastikan proteksi yang lebih baik.

Jangan Terpancing dengan Tawaran yang Menarik

Hati-hati dengan tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Jangan terkecoh dengan hadiah atau penawaran yang terlalu besar dan di luar akal sehat Anda.

Jangan Mengklik Tautan yang Tidak Dikenal

Jangan pernah mengklik tautan yang tidak dikenal atau file yang tidak diketahui. Hanya buka email dari penerima yang dikenal atau situs web yang bisa dipercaya.

Lindungi Data Pribadi Anda

Pastikan informasi pribadi Anda tetap aman dengan tidak memberikan data pribadi kepada situs web atau orang yang tidak Anda kenal. Hanya berikan informasi yang relevan saat Anda perlu memberikan informasi pribadi.

Dalam jangka panjang, penting bagi kita semua untuk mengetahui tentang modus cyber crime dan menerapkan praktik keamanan online yang telah dijelaskan di atas. Hal ini dapat membantu mencegah serangan cyber crime dan melindungi informasi pribadi kita. Ingat, ketika datang ke keamanan online, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Baca juga :  Aplikasi Chatting Cari Jodoh: Solusi Cepat dan Efektif untuk Single!

Arkanapulsa.id – Perkembangan digitalisasi juga mengubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi keuangan. Ini sangat bagus, karena bisa mengurangi resiko orang membawa uang dalam jumlah besar.

Namun perkembangan era digital juga dibarengi dengan risiko lain, yaitu kejahatan dunia maya. Cybercrime atau kejahatan dunia maya sendiri merupakan rangkaian kegiatan kriminal yang melibatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai alat atau sasaran tindakan kriminal.

Agar tidak terjebak dalam kejahatan-kejahatan yang membawa bencana tersebut, tentunya Anda perlu mengetahui cara-cara kejahatan dunia maya, khususnya di industri perbankan yang sering digunakan. Melansir dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan, yuk ketahui jenis dan cara kejahatan siber serta cara menghindarinya:

  1. Pengelabuan

Phishing adalah tindakan meminta (memikat) pengguna untuk mengungkapkan informasi rahasia dengan mengirimkan pesan penting palsu, yang dapat berupa email, situs web, atau komunikasi elektronik lainnya. Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko Phishing antara lain:

  1. Jangan mengirim informasi sensitif melalui email. Harap perhatikan bahwa perusahaan tidak akan meminta informasi sensitif melalui email atau sarana elektronik tidak aman lainnya.
  2. Gunakan anti virus terbaru.
  3. Jangan klik tautan apa pun dalam pesan (email) yang diindikasikan sebagai phishing.
  4. Konfirmasi dengan pihak bank melalui call center resmi jika ada permintaan yang mencurigakan.
  5. Jangan pernah memasukkan ID pengguna dan kata sandi Anda di halaman web yang terbuka secara otomatis (munculan) atau dari tautan.
  6. Ketikkan alamat halaman web yang akan dibuka.
  7. Berhati-hatilah saat mengunduh lampiran email karena mungkin mengandung virus/malware yang dapat mencuri data sensitif.
Momentum Dagang e-wallet juga Loket PPOB Di buka

Jual Pulsa dan Dealer PPOB merupakan Menjual yang menguntungkan. Walaupun di masa pandemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia menjadi suatu yang pokok, seperti bayar tagihan, membeli pulsa internet, voucher gaming, topup saldo emoney serta kebutuhan lain-lain.

Semuanya boleh dilakukan di Arkana Pulsa sebagai Bisnis pulsa termurah yang menjanjikan. Usaha di Arkana Pulsa bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka Jualan agen pulsa juga loket pembayaran ppob dengan Arkana Pulsa

Bagaimana Usaha Pulsa dan Service PPOB di Arkana Pulsa?

Jual pulsa dan loket pembayaran ppob kami merupakan solusi Jual bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki Usaha pulsa elektronik, pulsa internet, paket sms & nelpon, Dagang isi ulang Gopay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Menjual voucher game paling murah dan komplit atau voucher tv kabel paska bayar

DAFTAR SEKARANG

Demikian Berita update viral soal Sebelum Jadi Korban, Kenali Modus Cyber ​​Crime dan Tips Menghindarinya

dengan tags #Sebelum #Jadi #Korban #Kenali #Modus #Cyber #Crime #dan #Tips #Menghindarinya yang maybe saja tak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan buat anda 🙂