Prospek Kerja Hubungan Internasional Paling Diminati di Dunia Kerja

Bagaimana Prospek Kerja Hubungan Internasional Paling Diminati di Dunia Kerja

Banyak orang memilih jurusan Hubungan Internasional saat memasuki perguruan tinggi dengan tujuan agar dapat bekerja di luar negeri. Memang, jurusan ini merupakan bidang studi yang mempelajari berbagai masalah di dunia dalam skala internasional. Antara lain seperti problem lingkungan secara global, keamanan suatu negara, perdagangan dunia, hingga kemiskinan dan bagaimana hubungan antarnegara berperan dalam mengatasi berbagai masalah tersebut.

Melalui berbagai materi penting tersebut, para lulusan Hubungan Internasional berpeluang besar untuk dapat berkontribusi dan menjadi bagian dari lembaga berskala internasional, salah satunya adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Di sisi lain, perkembangan perusahaan multinasional yang semakin pesat membuka prospek kerja Hubungan Internasional yang cukup menjanjikan dengan jenjang karir yang bervariasi. 

Selain prospek kerja Hubungan Internasional yang cukup beragam, gaji yang didapatkan juga sangat kompetitif. Apalagi jika kamu bekerja di wilayah yang upah minimumnya cukup tinggi atau kamu memiliki pengalaman kerja yang bagus sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk memberikan gaji yang tinggi. Yuk, langsung saja kita bahas apa saja prospek kerja Hubungan Internasional yang terbentang di hadapan kamu setelah lulus nanti!

. Diplomat

Pada umumnya, para lulusan Hubungan Internasional menjadikan prospek kerja ini sebagai pilihan karir yang utama untuk diraih ketika lulus nanti. Bagaimana tidak, bekerja di Kementerian Luar Negeri tentu memungkinkan kamu untuk sering bepergian ke berbagai negara di seluruh dunia. Sungguh menarik, bukan?

Namun, perlu diingat bahwa menjadi seorang diplomat berarti menjadikan diri kamu sebagai perwakilan pemerintah dalam menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan bangsa dan negara. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki kesiapan fisik dan mental yang baik dalam menghadapi berbagai tantangan baik dalam segi komunikasi maupun tantangan kerja lainnya.

Tanggung jawab lainnya yang diemban oleh seorang diplomat adalah memberikan perlindungan terhadap warga negaranya yang sedang berada di negara penerima serta berperan sebagai konsultan dan memberi pelayanan notariat ketika dibutuhkan. 

Diplomat juga bertanggung jawab dalam membuat laporan mengenai pengamatan yang dilakukan dalam bidang politik, ekonomi, hokum, budaya, dan bidang luas lainnya. Dan tentunya, seorang diplomat harus siap menjadi delegasi dalam perundingan demi kepentingan negara.

. Jurnalis

Jurnalis atau sering juga disebut sebagai reporter, merupakan profesi yang bertugas melakukan berbagai kegiatan jurnalistik, mulai dari menganalisis, menulis, hingga melaporkan suatu kejadian untuk dipublikasikan melalui media massa.

Meski profesi ini kebanyakan digeluti oleh para lulusan ilmu komunikasi, namun sebagai lulusan Hubungan Internasional, kamu bisa ditempatkan sebagai jurnalis yang bertugas ke luar negeri.

Ada beberapa tugas seorang jurnalis yang wajib kamu ketahui sebelum memilih prospek kerja Hubungan Internasional yang satu ini. Pertama, kamu harus mampu melakukan analisis dan membuat laporan yang akurat dan terperinci mengenai suatu kejadian untuk dapat dipublikasikan melalui berbagai media seperti majalah, koran, televisi, radio, bahkan media online.

Selanjutnya, seorang jurnalis bertugas mewawancarai para narasumber yang dibutuhkan sesuai dengan peristiwa yang sedang terjadi. Saat proses wawancara, tak jarang jika seorang jurnalis harus berdesakan bahkan berebut kesempatan dengan sejumlah wartawan lainnya yang juga membutuhkan keterangan dari narasumber tersebut.

. Konsultan Internasional

Ada banyak perusahaan berskala internasional yang tentunya membutuhkan jasa seorang konsultan internasional dalam menangani berbagai proyek di hampir seluruh bidang pekerjaan. Mulai dari struktur manajemen, target pemasaran, sumber daya manusia, hingga bidang teknik dan teknologi informasi.

Baca juga :  Tips Jualan Pulsa Beromzet Tinggi, Begini Caranya

Dalam profesi ini, kamu akan berperan dalam membantu perusahaan ketika menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan prospek kegiatan perusahaan di pasar internasional. Selain kemampuan berbahasa asing, prospek kerja Hubungan Internasional ini harus dibekali dengan wawasan yang luas mengenai dunia bisnis dan perdagangan internasional karena hal itulah yang umumnya paling dibutuhkan oleh setiap perusahaan ketika menggunakan jasa konsultan internasional.

. Staf Eksportir

Sebutan ini diberikan kepada seseorang yang bertanggung jawab menangani penjualan produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan ke luar negeri. Mengapa profesi ini merupakan salah satu prospek kerja Hubungan Internasional? Karena sebagai staf eksportir, kamu harus memiliki wawasan yang cukup luas mengenai kondisi pasar di luar negeri, baik dari segi pelanggan maupun perusahaan kompetitor.

Salah satu hal penting yang wajib kamu ketahui untuk menjadi staf eksportir adalah bagaimana proses pengiriman barang ke luar negeri. Kamu mungkin perlu melakukan riset untuk memperoleh perbandingan harga yang optimal dalam menentukan cara pengiriman yang paling efektif dan efisien sesuai dengan kuantitas  pengiriman.

Nah, selain menangani penjualan produk, seorang staf eksportir juga seringkali ditugaskan dalam menyampaikan presentasi kepada beberapa perusahaan asing mengenai produk dari perusahaan yang diwakili. Oleh sebab itu, ilmu Hubungan Internasional sangat dibutuhkan agar dapat melakukan komunikasi dan negosiasi yang optimal dengan perusahaan asing.

. Politisi

Nah, para lulusan Hubungan Internasional juga cocok untuk menjalani profesi sebagai politisi, lho! Seorang politisi atau disebut juga dengan politikus umumnya berada di bagian pemerintahan maupun menjadi anggota parlemen di suatu kota atau provinsi.

Sebagai seorang politisi, tentu kamu harus bergabung terlebih dahulu dalam suatu partai politik. Keaktifan kamu dalam menjalankan beberapa tugas dengan baik serta mampu mengambil peran penting dalam suatu tanggung jawab yang bersifat penting, sangat menentukan prospek kerja kamu ke depannya. Kamu bahkan berpeluang besar untuk diajukan menjabat di suatu posisi pemerintahan.

Tugas dan tanggung jawab seorang politisi juga cukup besar. Dalam prospek kerja Hubungan Internasional ini, kamu menjadi penyambung aspirasi rakyat kepada pemerintah maupun kebalikannya. Kamu juga bertugas menyusun kebijakan publik yang didasarkan atas tujuan kesejahteraan rakyat. Kemudian, politisi juga melakukan perumusan undang-undang dan hukum serta melakukan sosialisasi sistem dan nilai-nilai politik terhadap masyarakat umum.

. Dosen

Menjadi dosen adalah salah satu prospek kerja Hubungan Internasional yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Dalam profesi ini, kamu bertugas mengajar dan mendidik para peserta didik agar berkompeten dalam jurusan Hubungan Internasional.

Selain sebagai pengajar, dosen juga berperan dalam melakukan berbagai penelitian yang bersifat ilmiah guna mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Hubungan internasional.

. Arsiparis

Buat kamu yang belum tahu, prospek kerja Hubungan Internasional ini merupakan sebutan bagi seseorang yang bertugas mengelola seluruh bidang kearsipan.

Seorang arsiparis bertanggung jawab menjaga seluruh dokumen arsip agar tidak rusak atau bahkan hilang, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan seluruh arsip negara, yang nantinya akan dibutuhkan dalam kegiatan penulisan sejarah ataupun penelitian lainnya.

Prospek Kerja Hubungan Internasional Paling Diminati di Dunia Kerja #Prospek #Kerja #Hubungan #Internasional #Paling #Diminati #Dunia #Kerja