Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya!

Akankah Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya!

Pencemaran air memiliki dampak buruk terhadap manusia dan juga lingkungan. Oleh karena itu, perlu langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan air. Sebagai salah satu sumber kehidupan, kualitas air harus terus dijaga. Namun, semakin lama kualitas air di sebagian besar daerah di Indonesia semakin rendah. Limbah merupakan salah satu penyebab pencemaran air di danau, sungai, dan laut. Limbah industri, perumahan, pertanian merupakan salah satu penyebab terjadinya pencemaran air. Untuk lebih jelas, Arkanapulsa akan menjabarkan satu persatu penyebab, dampak, dan cara mengatasinya.

Penyebab Pencemaran Air

Kualitas air bersih semakin rendah. Adapun beberapa penyebab pencemaran air yang harus dicegah. Berikut ini ulasannya.

Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga biasanya berasal dari sampah organik, anorganik, dan bahan beracun, seperti kulit buah dan sayuran, sisa makanan, kertas, plastik, cat, parfum, dan lainnya. Menurut Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilansir dari Kompas.com, total sampah plastik di Indonesia sudah mencapai juta ton/tahun. Sebanyak , juta ton adalah sampah plastik yang dibuang ke laut. 

pencemaran air akibat limbah pertanian


Limbah Pertanian

Limbah pertanian berasal dari sisa proses produksi, berupa bagian pohon atau racun hama, dan pupuk yang digunakan. Jika tidak ditangani dengan tepat, limbah ini bisa menyebabkan pencemaran air. Berdasarkan kumparan.com, lembaga yang bisa mengatasi limbah pertanian ini adalah Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL).

Limbah Industri

Limbah industri termasuk kategori limbah B yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B). Dikutip dari Indonesia Environment Center, secara langsung ataupun tidak, limbah B dapat mencemari dan merusak lingkungan hidup. Oleh karena itu, perusahaan yang menghasilkan limbah ini wajib memiliki seseorang yang dapat memantau dan menganalisis pengelolaan limbah B.

Tumpahan Bahan Bakar

Tumpahan minyak atau oil spill merupakan salah satu kejadian pencemaran laut yang berasal dari terminal bongkar muat tengah laut, perbaikan dan perawatan kapal, saluran buangan air, minyak, dan pelumas hasil proses minyak, operasi kapal tenker, tabrakan kapal, dan lainnya. Dilansir dari Kementerian Kelautan dan perikanan, kejadian ini berdampak buruk terhadap kematian massal organisme terutama ikan, plankton, perubahan reproduksi dan tingkah laku organisme, bau lantung, dan lainnya. 

Pemanasan Global

Pemanasan global akibat suhu yang ekstrim menjadi penyebab pencemaran air yang berakibat menurunya kualitas air.

Baca juga: Gunakan Metode Ini untuk Menghemat Air, Kurangi Biaya Tagihan Bulanan

Dampak Pencemaran Air

Dampak negatif dari pencemaran air tidak hanya pada manusia, tapi juga terhadap lingkungan. Sebagian besar orang menganggap dampak negatifnya dirasakan hanya ketika sulit mendapatkan air bersih untuk minum, memasak, dan mandi. Padahal lebih dari itu, diantaranya sebagai berikut. 

Penyakit

Mengonsumsi air yang sudah tercemar bisa berakibat buruk pada kesehatan, seperti penyebab munculnya penyakit Kolera, Disentri, Diare, Hepatitis, hingga tipus. 

Penurunan Kualitas Lingkungan Hidup

Pembuangan limbah ke sungai atau danau bisa meningkatkan kesuburan tanaman air sehingga menghambat masuknya cahaya matahari ke dalam air. Jika kondisinya seperti ini, bisa menurunkan kualitas lingkungan.

Eutrofikasi

Bahan kimia yang beracun dapat meresap ke dalam tubuh alga atau mikroorganisme lain yang hidup di air, sehingga sungai atau danau kekurangan oksigen yang berdampak pada kehidupan di perairan.

Mengganggu Rantai Makanan

Pencemaran air berdampak negatif pada rantai makanan.Gangguan ini terjadi ketika ikan hidup di air yang sudah tercemar dan ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia. 

cara mengatasi pencemaran air


Cara Mengatasi Pencemaran Air

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pencemaran air. Yuk, simak penjelasannya!

Pengolahan Extrexta

Cara ini dilakukan untuk penanganan limbah dari septic tank menjadi sumber gas agar bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga. Limbah septic tank berasal dari kegiatan peternakan, pertanian, ataupun industri. Kamu bisa mengolah limbah tersebut dengan cara tradisional maupun modern.

Instalasi Pengolahan Air Limbah

Baca juga :  grosir pulsa murah di Batujaya Ciampel Cibuaya Cikampek Cilamaya Kulon Cilamaya Wetan Cilebar Jatisari Jayakerta

Instalasi pengolahan air limbah menggunakan teknologi khusus dengan tiga tahap, yaitu sebagai berikut.

  • Tahap pertama (primary). Tahapan awal untuk memisahkan zat padat dan cair dengan menggunakan filter.
  • Kedua (secondary). Untuk mengkoagulasi, menghilangkan, dan stabilisasi zat organik yang ada di limbah.
  • Tahap lanjutan (tertiary). Tahapan lanjutan untuk penghilangan nutrisi, khususnya fosfat dan nitrat, serta menghilangkan mikroorganisme patogen.

Penggunaan Pestisida yang Dibatasi

Cara ini khusus untuk pencemaran air akibat pertanian. Para petani diminta untuk tidak menggunakan pestisida secara berlebihan agar lingkungan air tidak tercemar, meskipun penggunaan pestisida ini sangat penting untuk menghasilkan tanaman berkualitas.

Membuat Kolam Stabilisasi

Pembuatan kolam stabilisasi berfungsi untuk menetralkan zat-zat berbahaya yang terkandung sebelum air limbah dialirkan ke sungai. Biasanya kolam yang digunakan adalah kolam fakultatif (air limbah yang tercemar bahan organik pekat), kolam anaerobik, dan kolam maturasi (untuk mikroorganisme patogen).

Tidak Membuang Sampah ke Sungai

Langkah kecil yang berdampak besar agar terhindar dari pencemaran air adalah tidak membuang sampah ke sungai. Terkadang, manusia tidak sadar bahwa perilakunya bisa berdampak buruk untuk kehidupannya sendiri.

Lalu, bagaimana jika sungai atau danau sudah tercemar dan di lingkungan sekitar tidak memiliki sumber air bersih?

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)

Pemerintah memiliki solusi dengan membuat penyediaan air bersih. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mendistribusikan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Memiliki fungsi yang penting untuk keberlangsungan hidup, PDAM sudah tersebar di provinsi, kotamadya, hingga kabupaten di seluruh Indonesia. 

Cek tagihan PDAM


Cara Berlangganan PDAM

Wilayah-wilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih disarankan untuk berlangganan layanan PDAM. Cara daftarnya cukup mudah, berikut ini penjelasannya.

Syarat dan Cara Pengurusan Pemasangan PDAM

  1. Mengisi formulir dan Menyiapkan dokumen yang Dibutuhkan

Langkah pertama, kamu harus mengisi formulir pemasangan PDAM dan juga menyerahkan beberapa dokumen berikut:

  • Fotokopi KTP atau akta pendirian perusahaan
  • Fotokopi akta jual beli (AJB)
  • Fotokopi PBB tahun terakhir atau surat keterangan dari kelurahan setempat
  • Materai Rp .
  • Surat Kuasa jika diwakilkan instansi atau perusahaan
  1. Menandatangani SPL

Tahap kedua, kamu harus menandatangani Surat Permohonan Langganan (SPL) sebagai perjanjian dasar antara calon pelanggan dan pihak PDAM. Surat Permohonan Langganan ini berisi kewajiban, hak dan tanggung jawab dari pelanggan dan pihak PDAM.

  1. Biaya Pendaftaran PDAM

Untuk rumah pribadi atau instansi, ada biaya pendaftaran yang harus dibayarkan, sebesar Rp .. 

  1. Survei Bangunan

Selanjutnya, pihak PDAM akan melakukan survei rumah atau instansi sebelum pemasangan. Tujuan survei ini untuk memastikan jenis pipa yang akan digunakan supaya tidak ada kesalahan. 

  1. Biaya Pemasangan PDAM

Biaya pemasangan PDAM berbeda-beda di setiap daerah, tapi pada umumnya, biaya-biaya yang biasa dikeluarkan, yaitu

  • Biaya administrasi
  • Biaya perencanaan
  • Biaya peralatan
  • Biaya pemeliharaan jaringan
  • Biaya tanggungan air
  • Biaya sambungan (upah pemasangan, perbaikan fasilitas rumah, pekerjaan tanah, dan transportasi)
  1. Memberikan Bukti Pembayaran

Pastikan kamu sudah memberikan bukti pembayaran agar segera dilakukan pemasangan PDAM. 

  1. Surat Perintah Kerja

Setelah bukti pembayaran pemasangan diterima, pihak PDAM akan mengeluarkan Surat Perintah Kerja (SPK) untuk melakukan pemasangan.

Baca juga: Ini Dia Cara Praktis Cek Tagihan PDAM Se-Jabodetabek

Bayar Tagihan PDAM di Arkanapulsa

Jika sudah berlangganan, kamu akan diwajibkan untuk membayar tagihan PDAM setiap bulannya. Arkanapulsa menawarkan fitur tagihan PDAM yang mudah, cepat, dan aman. Begini caranya.

  1. Buka aplikasi atau arkanapulsa.id via destop atau mobile. Lalu, pilih kategori “PDAM”.
  2. Masukkan nomor pelanggan dengan benar, kemudian pilih wilayah sesuai tempat tinggal kamu.
  3. Jika semua kolom sudah terisi dengan benar klik “Cek Tagihan”.
  4. Selanjutnya akan muncul jumlah tagihan PDAM yang harus dibayar serta beberapa pilihan metode pembayaran.
  5. Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan, lalu klik “bayar”.
  6. Selamat tagihan PDAM kamu sudah selesai!

Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya! #Penyebab #Dampak #dan #Cara #Mengatasinya