Panduan lengkap cara mengkafani jenazah laki-laki sesuai dengan sunnah

Panduan Lengkap Cara Mengkafani Jenazah Laki-laki Sesuai dengan Sunnah

Halo Sobat Arkana!

Mengkafani jenazah adalah salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh umat Muslim ketika seorang saudara telah meninggal dunia. Kafan adalah pakaian khusus yang digunakan untuk menutupi jenazah sebelum diantar ke tempat pemakaman. Bagi sebagian orang, mengkafani jenazah mungkin terdengar sulit, namun jika kita mengikuti panduan sunnah, insya Allah hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Di artikel ini, Sobat Arkana akan mempelajari panduan lengkap mengkafani jenazah laki-laki sesuai dengan sunnah.

Memperkenalkan Jenazah Laki-laki

Sebelum kita memulai mengkafani jenazah, sangatlah penting untuk memperkenalkan jenazah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita dapat mengenalinya dan memperoleh informasi tentang jenazah yang akan kita kafani. Perkenalan ini bisa dilakukan dengan membaca doa:

“Allohumma inna fulanan bin fulanin, fataharrama ‘alaina wa anta a’lamu bidhofatihi, fain kanat min khairihi fa zid fihi wa in kanat min shoririhi fa shornahu ‘anna.”

Artinya, “Ya Allah, inilah (sebutkanlah namanya) bin (sebutkanlah ayahnya) yang wafat. Kami memohon agar Engkau menghalalinya atas kami. Dan Engkau lah Yang lebih mengetahui tentang keadaannya. Jika dia termasuk orang yang baik maka berilah kebaikan padanya, jika dia termasuk orang yang buruk maka ampunilah kesalahannya”.

Persiapan Kain Kafan

Setelah memperkenalkan jenazah, kita bisa mulai menyiapkan kain kafan. Kain kafan terdiri dari tiga lembar kain yang tidak menggunakan jahitan atau kancing, tetapi hanya dilipat dan diletakkan di atas jenazah. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan bungkus plastik sebagai alas, serta kapas dan minyak wangi sebagai pelengkap.

Mempersiapkan Jenazah

Sebelum kita mengkafani jenazah, kita perlu memastikan bahwa jenazah telah bersih dan siap untuk dikafani. Bersihkan jenazah dengan air yang dicampur dengan miswak atau dengan cara mencuci seperti mandi. Setelah itu, tutupi bagian wajah dan aurat jenazah dengan kain untuk menjaga martabatnya.

Baca juga :  Doa Puasa 1 Rajab 2021

Memulai Mengkafani

Ketika semua persiapan telah selesai, kita bisa mulai mengkafani jenazah. Letakkan kain-kain tersebut di atas bungkus plastik, kemudian letakkan jenazah di atasnya. Lipat kain yang ada di sebelah kanan jenazah dulu, kemudian yang di sebelah kiri. Yang terakhir adalah kain yang berada di bagian bawah jenazah. Pastikan semua kain menutupi jenazah secara sempurna.

Pembungkusan

Setelah jenazah dikafani, kita perlu membungkusnya dengan plastic wrap atau selotip supaya kafan tidak mudah terlepas. Jenazah kemudian bisa diletakkan di atas takiyah atau rata. Selain itu, kita juga bisa menambahkan kapas dan minyak wangi yang telah disediakan di atas jenazah.

Memakamkan Jenazah

Setelah jenazah dikafani, kita bisa langsung membawa jenazah ke tempat pemakaman. Ketika tiba di tempat pemakaman, letakkan jenazah di atas lubang kubur terlebih dahulu. Kemudian, doakan jenazah dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat Yasin. Setelah itu, barulah jenazah bisa dikuburkan dengan benar.

Kesimpulan

Mengkafani jenazah laki-laki sesuai dengan sunnah tidaklah sulit jika kita mengikuti panduan yang telah diberikan di atas. Penting bagi kita untuk selalu mengingatkan satu sama lain tentang keutamaan menghormati jenazah dan melaksanakan tugas-tugas terakhir untuk saudara-saudara kita yang sudah meninggal dunia. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan selalu teringat untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Wassalamualaikum.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!


Momentum Menjual Voc TV Prabayar juga Dealer PPOB Di buka

Jual Pulsa dan Dealer PPOB adalah Berdagang yang menguntungkan. Walaupun di saat pandemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia jadi sesuatu yang utama, seperti membayar tagihan, membeli pulsa internet, voucher online game, top up saldo dompet digital serta kebutuhan lainnya.

Semuanya boleh dikondisikan di Arkana Pulsa sebagai Menjual pulsa termurah yang menjanjikan. Jual di Arkana Pulsa bisa dikelola oleh siapapun dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka Jual agen pulsa dan loket pembayaran ppob dengan Arkana Pulsa

Bagaimana Menjual Pulsa dan Bayar PPOB di Arkana Pulsa?

Berbisnis pulsa dan loket pembayaran ppob kami yakni solusi Berdagang buat masyarakat Indonesia yang ingin memiliki Berjualan pulsa elektronik, pulsa internet, paket sms & nelpon, Berdagang isi ulang Gopay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Jualan voucher game online murah dan komplit juga voucher tv kabel pra bayar

DAFTAR SEKARANG

Demikian Artikel update terpanas tentang Panduan lengkap cara mengkafani jenazah laki-laki sesuai dengan sunnah dengan tags #Panduan #lengkap #cara #mengkafani #jenazah #lakilaki #sesuai #dengan #sunnah yang mungkin saja tak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan buat kamu 🙂