Mengenal Fakta: Berikut Ini Bukan Tujuan Berdirinya ASEAN

Mengenal Fakta: Berikut Ini Bukan Tujuan Berdirinya ASEAN

Halo Sobat Arkana! ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah organisasi politik dan ekonomi yang didirikan pada 8 Agustus 1967. Beranggotakan 10 negara di Asia Tenggara, ASEAN bertujuan untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, politik dan keamanan antarnegara sekaligus mempererat hubungan di antara negara-negara tersebut.

Namun begitu, ada fakta menarik yang belum banyak diketahui mengenai ASEAN. Berikut ini adalah beberapa hal yang bukan menjadi tujuan berdirinya ASEAN.

1. Membentuk Uni atau Federasi Negara ASEAN

Banyak yang beranggapan bahwa ASEAN hendak membentuk uni atau federasi negara seperti Uni Eropa. Namun, ini bukanlah tujuan utama ASEAN. ASEAN memang kerap kali dibanding-bandingkan dengan Uni Eropa karena kedua pihak memiliki kerjasama di berbagai bidang. Namun, ASEAN tetap mengedepankan independensi negara-negara anggotanya.

2. Menggantikan Tugas PBB

Organisasi PBB memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan perdamaian dunia. Namun, ASEAN tidak bertujuan untuk menggantikan tugas PBB. ASEAN sendiri lebih mengutamakan kerjasama dan dialog antarnegara yang dapat menyelesaikan konflik secara damai, tanpa memedulikan status atau ukuran negara.

3. Merangkul Semua Negara di Asia Tenggara

Jumlah negara di Asia Tenggara memang cukup banyak, namun tidak semuanya menjadi anggota ASEAN. Ada beberapa negara di Asia Tenggara yang tidak bergabung dengan ASEAN, seperti Timor Leste. Tujuan ASEAN adalah untuk memperkuat kerjasama dan kesatuan di antara negara-negara anggota, namun bukan untuk merangkul semua negara di Asia Tenggara.

4. Menjadi Aliansi Strategis Melawan Negara Lain

ASEAN bukanlah aliansi strategis yang bertujuan untuk melawan negara-negara lain. Kerjasama antarnegara anggota ASEAN diharapkan dapat memperkuat dan memperluas pertumbuhan ekonomi dan perdagangan, mendorong demokratisasi, serta membantu menciptakan perdamaian dan stabilitas di Asia Tenggara.

5. Membuat Kebijakan Luar Negeri Bersama

Mengingat ASEAN memiliki hubungan yang sangat erat, banyak orang mengira bahwa tujuan ASEAN adalah untuk membuat kebijakan luar negeri bersama. Namun, ASEAN lebih mengutamakan kerjasama ekonomi dan politik dibandingkan kebijakan luar negeri. Masing-masing negara anggota tetap memiliki kebijakan luar negerinya sendiri.

6. Menghilangkan Perbedaan Agama, Bahasa, dan Budaya

Tujuan ASEAN adalah memperkuat hubungan di antara negara-negara anggota sekaligus meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi, politik, dan sosial. Namun, ASEAN tidak bertujuan untuk menghilangkan perbedaan agama, bahasa, dan budaya antarnegara. Bahkan, ASEAN mendukung pelestarian dan pengembangan budaya lokal di antara anggota-anggotanya.

7. Menjadi Perkumpulan Negara Kaya

ASEAN tidak bertujuan untuk menjadi sebuah perkumpulan negara kaya. Tujuan ASEAN adalah untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi dan perdagangan sehingga negara-negara anggota dapat saling membantu dalam menghadapi tantangan global.

8. Menjadi Blok Ekonomi yang Sepenuhnya Terintegrasi

ASEAN memang memiliki visi untuk menjadi sebuah blok ekonomi yang terintegrasi, namun hal ini bukanlah tujuan utama dari organisasi tersebut. ASEAN lebih mengutamakan kerjasama antarnegara anggotanya dalam meningkatkan perdagangan dan investasi tanpa harus membentuk pasar ekonomi yang sepenuhnya terintegrasi.

Baca juga :  Mau 1 Tahun, Potret Terbaru Garis Depan Perang Rusia-Ukraina

9. Mengontrol Kebijakan Anggota Secara Diktator

Tujuan ASEAN lebih pada kerjasama dan saling menghargai suverenitas negara. Meskipun ada mekanisme koordinasi dan tindak lanjut dalam keputusan bersama yang diambil oleh ASEAN, tidak ada upaya untuk mengontrol kebijakan anggota secara diktator. Setiap negara masih memiliki independensi dalam mengambil kebijakan dan menjalankan pemerintahannya.

10. Menjadi Aliansi Politik yang Ideologi Serupa

ASEAN memang memiliki kaidah-kaidah demokrasi dan hak asasi manusia, namun tidak bertujuan untuk menjadi aliansi politik yang memiliki ideologi serupa. ASEAN meyakini bahwa setiap negara memiliki keanekaragaman yang harus dihormati.

11. Melawan Imperialisme Barat atau Timur

Banyak orang mengira bahwa ASEAN didirikan untuk melawan imperialisme Barat atau Timur. Namun, ini bukanlah tujuan utama ASEAN. Tujuan ASEAN adalah memperkuat hubungan di antara negara-negara anggota, memperluas perdagangan, dan meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi dan politik.

12. Mengabaikan Masalah Sosial di Negara Masing-Masing

ASEAN tidak bertujuan untuk mengabaikan masalah sosial di negara masing-masing. Sebaliknya, tujuan ASEAN adalah untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi terciptanya perdamaian dan keamanan, serta menyelesaikan masalah sosial di masing-masing negara anggota.

13. Menjadi Penggerak Utama Demokrasi Asia Tenggara

ASEAN meyakini bahwa setiap negara memiliki sistem demokrasi dan hak asasi manusia yang unik. Oleh sebab itu, ASEAN tidak bertujuan untuk menjadi penggerak utama demokrasi di Asia Tenggara. Namun, ASEAN tetap memperjuangkan kaidah-kaidah demokrasi dan memperkuat hak asasi manusia di seluruh negara anggota.

14. Menjadi Perkumpulan Negara dengan Prioritas Keselamatan di Atas Segalanya

ASEAN bukanlah perkumpulan negara yang menempatkan prioritas keselamatan di atas segalanya. Namun, ASEAN tetap memperjuangkan keamanan dan stabilitas di Asia Tenggara melalui kerjasama dan dialog antarnegara anggota.

15. Menghadirkan Satu Pandangan Secara Keseluruhan

Tujuan ASEAN bukanlah untuk membawa satu pandangan secara keseluruhan, namun untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kerjasama dan perdamaian di Asia Tenggara. Meski demikian, ASEAN tetap memperjuangkan prinsip-prinsip kerja sama dan saling menghormati antarnegara anggota.

16. Menjadi Organisasi untuk Menjaga Keseimbangan Kekuatan di Asia Tenggara

ASEAN bukanlah organizasi yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan kekuatan di Asia Tenggara. Namun, ASEAN tetap memperjuangkan perdamaian dan keamanan di Asia Tenggara melalui kerjasama antarnegara anggota.

17. Menjadi Jembatan Antarblok Regional di Asia Tenggara

ASEAN memang berperan sebagai jembatan antarblok regional di Asia Tenggara, namun ini bukanlah tujuan utama dari organisasi tersebut. Tujuan utama ASEAN adalah untuk memperkuat hubungan di antara negara-negara anggota sekaligus meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi, politik, dan keamanan.

18. Menjadi Wadah untuk Memproteksi Satu Sama Lain

ASEAN memang memproteksi satu sama lain melalui kerjasama antarnegara anggota dalam mempertahankan perdamaian dan keamanan di Asia Tenggara. Meskipun begitu, tujuan ASEAN lebih pada membangun kerjasama dan solidaritas antarnegara anggota.

19. Menjadi Organisasi untuk Memenuhi Kebutuhan Ekonomi Global

Tujuan ASEAN bukanlah untuk menjadi organisasi yang memenuhi kebutuhan ekonomi global. ASEAN lebih mengutamakan kerjasama ekonomi antarnegara anggota dengan tujuan memperkuat daya tawar dalam perdagangan dan investasi.

20. Menjadi Rumah Bagi Semua Negara Asia Tenggara

ASEAN adalah organisasi politik dan ekonomi yang memang ditujukan bagi negara-negara anggota di Asia Tenggara. Namun, bukan berarti ASEAN menjadi rumah bagi semua negara di Asia Tenggara. Hanya negara anggota yang dapat menikmati manfaat dan keuntungan dari keanggotaannya di ASEAN.

Kesimpulan

Demikianlah fakta-fakta menarik mengenai ASEAN yang belum banyak diketahui. Dengan memahami fakta-fakta tersebut, diharapkan kita dapat lebih memahami tujuan dan peran dari organisasi regional terbesar di Asia Tenggara ini. Meskipun banyak yang salah kaprah, namun ASEAN tetap dipandang sebagai organisasi strategis yang mampu memperkuat perdamaian, stabilitas, dan kerjasama di Asia Tenggara. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya, Sobat Arkana!


Kesempatan Berbisnis Kuota juga Agen PPOB Di buka

Bisnis Pulsa dan Dealer PPOB yakni Jualan yang menguntungkan. Walaupun di saat pandemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia jadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, membeli pulsa kuota, voucher online game, top up saldo emoney juga kebutuhan lain.

Semuanya dapat dijalankan di Arkana Pulsa sebagai Jual pulsa murah yang menjanjikan. Usaha di Arkana Pulsa boleh dikelola oleh siapapun dengan modal kecil. Momen masih terbuka lebar untuk membuka Jualan agen pulsa juga loket pembayaran ppob dengan Arkana Pulsa

Mengapa Jual Pulsa dan Bayar PPOB di Arkana Pulsa?

Jualan pulsa dan loket pembayaran ppob kami ialah solusi Berbisnis untuk masyarakat Indonesia yang pingin memiliki Berdagang pulsa elektronik, pulsa internet, paket sms & nelpon, Bisnis isi ulang Go Pay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Jualan voucher gaming paling murah dan lengkap dan voucher tv kabel pasca bayar

DAFTAR SEKARANG

Demikianlah News update teranyar tentang Mengenal Fakta: Berikut Ini Bukan Tujuan Berdirinya ASEAN dengan tags #Mengenal #Fakta #Berikut #Ini #Bukan #Tujuan #Berdirinya #ASEAN yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan buat kamu 🙂