Kebiasaan Buruk Penggunaan Internet yang Banyak Dilakukan

Apa Kebiasaan Buruk Penggunaan Internet yang Banyak Dilakukan


Berita


By Ihsan Ihsan – October ,


kebiasaan buruk penggunaan internet

Zaman modern ini, hampir semua orang menggunakan ponsel pintar dan juga internet. Gaya hidup sekarang memang tak bisa lepas dari internet. Coba kita tengok gangguan internet yang terjadi pada pertengahan September lalu, semua masyarakat dibuat kalang kabut karena tak bisa mengakses internet.

Saat itu baru disadari betapa pentingnya jaringan internet. Namun saat internet lancar, kita seolah tak sadar betapa pentingnya kuota. Bahkan sebagian besar orang masih tidak sadar jika mereka memiliki kebiasaan buruk dalam pemakaian internet. Dan berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk penggunaan internet yang kerap dilakukan.

Tetap menyalakan data, bahkan ketika tidur

Mungkin kebiasaan ini kerap dianggap remeh, namun tanpa disadari ternyata tidak mematikan data ketika tidur membuat kuota cepat habis. Hal itu karena saat kalian tidur, meski hp tidak di gunakan, namun beberapa aplikasi tetap bekerja tanpa disadari dan menyedot banyak kuota. Jika sudah seperti itu, siapa yang paling dirugikan? Tentu saja kalian sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang coba biasakan mematikan data atau bahkan mematikan ponsel saat tidur.

GPS terus menyala meski tidak digunakan

GPS merupakan fitur Location Service yang sangat dibutuhkan saat kalian ingin menemukan suatu lokasi. Dengan adanya fitur tersebut, kalian bisa mencapai suatu tempat dengan mudah bahkan tanpa perlu bertanya ke sana ke mari. Namun, beberapa ponsel kadang mengaktifkan GPS secara otomatis, bahkan ketika tidak sedang digunakan. Beberapa orang mengabaikan itu karena dianggap sepele. Namun saat fitur ini menyala, daya yang digunakan juga sangat besar. GPS juga menggunakan internet, oleh sebab itu daya dan data akan terbuang jika terus menyalakan fitur satu ini. Setelah tau hal itu, sebaiknya kalian mencari cara agar hp kalian tidak terus menyalakan GPS.

Baca juga :  Terbaru dan Termurah Cuma Ada di ARKANAPULSA Agen!

Tidak rutin melakukan pengecekan pemakaian kuota

Apa paket internet yang kalian gunakan? Paket Telkomsel atau apa pun itu, mulai sekarang rutinlah untuk mengecek penggunaannya. Karena setiap ponsel pintar biasanya memiliki fitur untuk mengetahui, aplikasi apa saja yang boros kuota. Jika kalian mengabaikannya, kalian tidak akan tau aplikasi apa saja yang membuat kalian kehilangan banyak data. Karena banyak juga beberapa aplikasi yang meski jarang digunakan, tapi menyedot begitu banyak kuota. Itu tentu sangat merugikan.

Auto download WhatsApp tidak dimatikan

Hampir semua orang di Indonesia tidak asing dengan aplikasi pesan satu ini. Dalam hal bekerja hingga obrolan biasa, semua bisa dilakukan dengan dengan satu aplikasi ini. Di balik segala kelebihan yang dimiliki WhatsApp, aplikasi tersebut juga sangat boros data. Apalagi jika kamu tidak mematikan auto download. Mungkin selama ini kalian abaikan, namun di beberapa grup tempat kalian bergabung, biasanya ada saja yang membagikan gambar atau video yang tidak kalian harapkan namun tetap terdownload secara otomatis. Akibatnya, kuota pun terbuang sia-sia. Lebih baik kalian cek lagi fitur auto download tersebut, segera nonaktifkan jika memang masih menyala.

Itulah beberapa kebiasaan buruk penggunaan internet yang sering dianggap remeh. Semoga artikel di atas bisa mengingatkan kalian untuk tidak melakukan kebiasaan buruk tersebut lagi. Jika kuota habis, kalian juga bisa segera isi ulang dengan menggunakan aplikasi Arkana yang memberikan kemudaan saat isi kuota dan data, dan tentu saja dengan harga lebih murah.


tips internet

Kebiasaan Buruk Penggunaan Internet yang Banyak Dilakukan #Kebiasaan #Buruk #Penggunaan #Internet #yang #Banyak #Dilakukan