Intip Spesifikasi Apple iPad Pro ()

Bolehkah Intip Spesifikasi Apple iPad Pro ()

Setelah bulan, Apple akhirnya memperkenalkan tablet canggih dengan performa sekelas laptop flagship. Dirilis pada Oktober, Apple iPad Pro () membawa chipset M yang menawarkan kinerja lebih baik daripada chipset generasi sebelumnya. Chipset tersebut juga terdapat pada Macbook Pro inci. 

Meneruskan Forbes, Apple mengklaim chip ini menjanjikan performa memuaskan, bahkan lebih kencang daripada chip lain di seri tablet (baik tablet Apple maupun vendor lainnya). Bagaimana spesifikasi Apple iPad Pro ()? Simak dalam pembahasan berikut ini. 

Apple iPad Pro ()

apple ipad pro  ()
source: NotebookCheck

Desain

Meski membawa wajah baru, namun desain keseluruhan Apple iPad Pro () tak jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Adapun, dimensi bodinya sekitar . x . x . mm dan memiliki berat sekitar gram (varian WiFi only) atau gram (varian Wifi + G). Dengan bodi tipis dan bobot cukup ringan, tablet ini bisa menjadi pendamping aktivitas yang praktis.

iPad Pro () tak lepas dari dukungan stylus magnetik. Bersama chipset M, stylus yang terintegrasi melalui bluetooth tersebut membawa teknologi hover yang dapat memicu reaksi layar ketika pena belum menyentuh layar. 

Jadi, misalnya Anda mengarahkan ujung Apple Pencil ke aplikasi Twitter, maka layar langsung menampilkan reaksi (contoh: ikon Twitter tampak membesar, dsb). Tentu saja, efek ini tidak bekerja apabila pena berada jauh dari layar. Setidaknya pena harus berjarak sekitar mm dari layar untuk menjalankan fitur tersebut.

Memang, bukan seperti terobosan teknologi yang ‘besar’. Tetapi, fitur sederhana ini bisa meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi kreatif. Bayangkan Anda ingin memberikan warna pada sketsa yang Anda desain. Anda bisa memanfaatkan fitur hover tersebut untuk melihat bagaimana tampilan warna tersebut pada desain Anda sebelum Anda benar-benar mengaplikasikannya. Cukup bermanfaat bukan?

Untuk proteksi, Apple melengkapi iPad Pro dengan lapisan kaca di bagian depan. Sementara, chasis bagian belakang menggunakan aluminium. Senada dengan chasis belakang, bagian bingkai pun terbuat dari aluminium.  Adapun, pilihan warna yang tersedia mencakup perak (silver) dan abu-abu (space gray). 

Tablet ini mendukung nano-SIM maupun e-SIM sehingga pengguna bisa memilih secara leluasa model iPad Pro yang tepat untuk kebutuhan mereka.  

Layar

Di sektor layar, Apple menggunakan layar Liquid Retina IPS LCD berdiagonal inci yang memiliki resolusi x piksel. Layar tersebut memiliki dukungan refresh rate ProMotion Hz, HDR, Dolby Vision dan tingkat kecerahan standar nit. Selain itu, terdapat wide color dan True Tone juga yang turut melengkapi kecanggihan layar tersebut. 

Anda tak perlu khawatir, layar ini sudah dilapisi pelindung kaca tahan gores dan balutan oleofobik (lapisan anti – minyak) sehingga tidak mudah rusak. 

Secara keseluruhan, layar ini menawarkan kualitas yang cukup baik. Bahkan, dapat menghadirkan kualitas grafis cukup detail saat bermain gim. 

iPadOS . 

Apple iPad Pro () menjalankan sistem operasi iPadOS .. OS ini membawa sejumlah pembaruan, salah satunya kemudahan navigasi maupun penyesuaian Home app. 

Ada pula update pada indikator baterai yang kini menampilkan nilai persentase daya sekaligus ikon baterai berisi / kosong secara bertahap yang disesuaikan dengan banyak daya yang tersisa. Di versi sebelumnya, ikon baterai tetap penuh dan baru berkurang di bawah persen.

Selain itu, fitur Stage Manager yang berperan mendukung aktivitas multitasking juga berjalan lebih stabil di iPad Pro (). 

Fitur lainnya yang juga menarik adalalah Live Activities. Fitur ini menampilkan informasi real-time pada layar kunci (lock screen). Dengan demikian, Anda dapat memantau berbagai aktivitas yang sedang berjalan. Misalnya melihat skor langsung pertandingan sepak bola dan melihat perkembangan pesanan di aplikasi tertentu.

Baca juga :  Ingin Berkurban “Online” dengan Mudah dari Rumah?

Untuk keamanan, Apple menyediakan sensor Touch ID yang terletak pada tombol di bagian atas iPad. Meskipun tidak berada di depan layar (karena iPad Pro tidak memiliki tombol Home di depan layar), namun sensor Touch ID tersebut bekerja dengan optimal sebagaimana pada model sebelumnya.

Apple M

Apple iPad Pro () ditenagai chipset Apple M yang menawarkan kinerja persen lebih kencang daripada chipset M. Hasil benchmark iPad ini di GeekBench Browser menunjukkan bahwa chipset octa-core ini memperoleh skor untuk pengujian single-core dan skor untuk pengujian multi-core. 

Menemani chipset M, ada Apple GPU dengan core grafis yang membawa peningkatan performa persen lebih cepat daripada model sebelumnya. Walhasil, hal ini membuat pengalaman gaming terasa lebih imersif. 

Sementara, Apple menawarkan dua opsi RAM yang bisa dipilih, yakni RAM GB dan GB. RAM GB hadir dengan opsi penyimpanan, yakni GB, GB dan GB. Adapun, RAM GB menawarkan opsi penyimpanan TB dan TB.

Kamera

Apple melengkapi iPad Pro () dengan kamera utama MP (wide) yang menawarkan kualitas foto jernih. Mendampingi sensor tersebut, ada kamera MP (ultrawide) yang memiliki jangkauan derajat. 

Menurut informasi, kamera belakang pada iPad Pro ini memiliki dukungan TOF D LiDAR scanner (depth). Teknologi ini membantu menghasilkan efek bokeh pada foto sekaligus mendukung keperluan AR (augmented reality).

Berbekal kamera belakang yang canggih, iPad dapat merekam video K dalam format , , dan fps, lalu merekam video p dalam , , , dan fps. Tersedia pula dukungan Cinematic Mode pada video K dan p. 

Selain itu, tersedia teknologi ProRes yang dapat membantu menghasilkan video dengan kualitas warna yang lebih baik serta sedikit kompresi. 

Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera selfie MP (ultrawide) yang membawa teknologi TrueDepth sebagai pendukung fitur pendeteksi wajah (face detection). Ada pula fitur HDR, panorama, serta kemampuan merekam video p dalam format , dan fps. 

Konektivitas dan Fitur Lainnya

Apple iPad Pro () dibekali dengan empat speaker stereo yang menjanjikan pengalaman audio mengesankan. Sementara, bodinya masih tidak menampilkan .mm jack. Namun, pengguna dimanjakan dengan berbagai fitur konektivitas yang tersedia pada iPad ini, seperti WiFi E, bluetooth ., USB-C, Gigabit-class LTE (untuk model seluler). 

Aksesoris

Apple iPad Pro () dilengkapi dengan Apple Pencil generasi kedua yang dapat melekat di bodi iPad secara magnetis dan menarik daya langsung dari iPad tersebut. Apple Pencil ini bekerja sama dengan chipset M untuk menghadirkan fitur hover yang fungsinya telah dijelaskan di atas.  

Untuk urusan mengetik, Apple merekomendasikan Magic Keyboard dilengkapi trackpad sebagai pasangan Apple iPad Pro (). Keyboard ini menawarkan performa cukup baik, hanya saja harganya cukup mahal.  

Baterai 

iPad ini disokong baterai Li-Po berkapasitas mAh yang mendukung pengisian daya kabel W. Baterai tersebut membantu iPad dapat bertahan ~ jam untuk browsing menggunakan Wi-Fi. iPad ini juga dibekali dengan fitur fast charging W yang membantu pengisian daya agar tak memakan waktu banyak. 

Harga Apple iPad Pro ()

Harga Apple iPad Pro () adalah sekitar Rp. jutaan. Harga bervariatif menyesuaikan RAM dan kapasitas penyimpanan. 

Itulah pembahasan mengenai spesifikasi Apple iPad Pro () yang menarik untuk diketahui. Apakah Anda berminat membelinya?

Intip Spesifikasi Apple iPad Pro () #Intip #Spesifikasi #Apple #iPad #Pro