Ini Lho Manfaat Bermain Game Online yang Belum Banyak Diketahui

Mestinya Ini Lho Manfaat Bermain Game Online yang Belum Banyak Diketahui

Tidak selalu berujung negatif, rupanya bermain game online memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Perkembangan teknologi membuat tren game online semakin populer. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.  Meskipun banyak anggapan game online memberikan pengaruh negatif, tapi jika kamu bisa mengelolanya dengan baik, tren ini bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan.

Game online adalah kumpulan permainan yang terkoneksi jejaring internet dan bisa dimainkan oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia dalam waktu yang bersamaan. Hingga saat ini sudah banyak jenis game online yang dimainkan. Mulai dari PUBG, League of Legend, DOTA , dan sebagainya.

Baca juga :  Arkanapulsa.id - Inilah Kesalahan Investasi Saham Yang Harus Anda Hindari

Bermain game online menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan jika digunakan secara benar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan selengkapnya.

manfaat bermain game online untuk kesehatan

Manfaat bermain Game Online

Stigma negatif yang beredar bahwa game online memiliki dampak buruk, mungkin perlahan bisa ditepis jika ternyata ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dari bermain game online berikut ini.

Mengurangi Rasa Stres

Salah satu manfaat yang paling umum dirasakan dari bermain game online adalah mampu menurunkan tingkat stres yang sedang dialami. Dikutip dari Traveloka yang mengumpulkan beberapa studi menjelaskan bahwa bermain game online mampu menurunkan kortisol (hormon penyebab stres) sebanyak %. 

Menghilangkan Rasa Sakit

Dilansir dari Kompas  bermain game online bisa menjadi terapi psikologis dan efektif mengurangi kecemasan atau rasa sakit akibat penyakit kronis yang dialami. 

Baca juga :  CRM, Pengertian, Manfaat dan Tujuan dalam Bisnis

Meningkatkan Suasana Hati

Bermain game online bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih senang sekaligus menghilangkan rasa bosan. Game online bisa membawa kamu memasuki dunia baru dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang mengganggu. 

perbedaan game online dan offline

Meningkatkan Konsentrasi

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa bermain game online membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Dikutip dari Traveloka, game online tidak hanya mengubah suasana hati, tapi juga bisa membuat pikiran menjadi lebih fokus lagi. Pada prinsipnya, bermain game online kamu harus menyelesaikan segala misi dengan tujuan kemenangan. Hal ini memiliki efek untuk mempertajam fokus. 

Meningkatkan Kemampuan Membaca

Berdasarkan studi yang diterbitkan Cell, bermain game online bisa membantu anak untuk meningkatkan kemampuan membacanya menjadi lebih cepat. Khusus untuk usia hingga tahun. Cara ini jauh lebih menyenangkan dan memangkas waktu dibandingkan proses membaca tradisional.

Baca juga: Deretan Game Online Terpopuler di

Perbedaan Bermain Game Online dengan Offline 

Baca juga :  Makin Lengkap dan Murah! Ini Daftar Produk Indosat yang Baru di PAYFAZZ

Secara umum yang membedakan game online dan offline adalah kebutuhan  koneksi internet yang dibutuhkan. Untuk game online, kamu harus memiliki koneksi internet yang stabil agar permainan yang dimainkan tidak terjadi gangguan. Berbeda dengan game offline, kamu bisa bermain semua jenis permainan dengan lancar tanpa harus terhubung koneksi internet. 

Selain itu, perbedaan dari kedua terjadi pada skema permainannya. Untuk game online, kamu akan bermain bersama semua orang yang ada di dunia dalam waktu yang sama secara langsung. Sementara game offline ada beberapa permainan yang dimainkan oleh komputer. 

Waktu yang Tepat Bermain Game Online 

Bermain game online memang mengasyikkan. Namun, menurut sebuah penelitian dari para ahli di Oxford University, ada baiknya anak-anak tidak bermain game online lebih dari satu jam per harinya. Pasalnya, waktu anak-anak harus terbagi untuk belajar dan berinteraksi dengan orang lain. 

Baca juga :  Cara Beli Pulsa bagi Nasabah Bank BTN

cara membatasi bermain game online

Cara Membatasi Bermain Game Online

Memang sulit mengendalikan dan membatasi dalam bermain game online. Namun, cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk mendisiplinkan anak dalam bermain game online.

  • Kamu sebagai orangtua harus tegas dalam menentukan durasi bermain game online untuk anak-anak. Jangan mudah terpancing jika anak-anak mengulur-ngulur waktu yang sudah disepakati.
  • Jangan meletakan handphone atau komputer di kamar anak. Sebab, mereka akan mudah untuk bermain game secara diam-diam di kamarnya.
  • Berikan kegiatan yang lebih menyenangkan setelah mereka bermain game online.  Hal ini dilakukan agar pemikiran anak-anak tidak tertuju pada game online saja.

Baca juga: Deretan Game Online yang Menghasilkan Uang

Bermain game online tidak selamanya berdampak negatif. Di atas telah dijelaskan bahwa ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika menjalankannya dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca juga :  distributor pulsa elektrik termurah di Surabaya, Asemrowo Benowo Bubutan Bulak Dukuh Pakis Gayungan Genteng

Ini Lho Manfaat Bermain Game Online yang Belum Banyak Diketahui #Ini #Lho #Manfaat #Bermain #Game #Online #yang #Belum #Banyak #Diketahui