Ini Dia Biaya Merakit MTB (Sepeda Gunung) yang Lengkap!

Mestinya Ini Dia Biaya Merakit MTB (Sepeda Gunung) yang Lengkap!

Bermain sepeda sejak dahulu sudah menjadi olahraga yang begitu digandrungi oleh masyarakat. Apalagi semenjak pandemi, dimana popularitas sepeda menjadi begitu meningkat, baik sepeda lipat, sepeda roadbike, hingga sepeda gunung (MTB).

Karena itulah kemudian banyak produsen sepeda yang menurunkan harga produk mereka. Lebih jauh lagi banyak saat ini produsen sepeda lokal bermunculan, dengan kualitas yang tidak kalah dengan merk luar negeri.

Hal tersebut kemudian membuat banyak orang-orang yang sebelumnya tidak pernah bermain sepeda, kini mencoba merakit sepedanya sendiri. Apalagi merakit sepeda membawa kepuasan tersendiri, ketimbang membeli sepeda utuh.

Nah, sekarang apakah kamu juga ingin mencoba hobi baru yang satu ini? Bila memang ingin tampil beda, tentu saja kamu harus merakit sepeda!

Yuk, Rakit Sepeda Gunung Pertamamu

Ada banyak sekali hal yang perlu kamu ketahui  sebelum kamu mulai merakit sepeda gunung pertamamu sendiri, atau kita sebut saja MTB. Kami pun yakin kamu memiliki banyak pertanyaan soal MTB di masa kini.

Mulai dari apa itu MTB, apa saja jenis MTB yang bisa kamu rakit, apa saja komponen yang harus dikumpulkan, serta tentunya bagaimana nanti cara untuk merakit MTB.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu persatu agar kamu tidak kebingungan. Tentu agar di akhir artikel ini kamu sudah mantap untuk memulai hobi barumu yang satu ini.

# Tentukan Jenis MTB yang Ingin Kamu Rakit

Sebelum kamu bisa memulai merakit sepeda gunungmu sendiri, kamu harus tahu sepeda gunung seperti apa yang ingin kamu rakit. Berhubung di zaman sekarang jenis dari sepeda gunung sudah ada banyak sekali.

Kami akan coba membahasnya satu persatu!

santa cruz chameleon

Cross Country (XC) – pertama-tama mari kita mulai dari jenis sepeda gunung yang paling sederhana. XC merupakan salah satu sepeda gunung yang paling banyak dimiliki oleh para penghobi sepeda gunung. Ciri khasnya adalah frame rigid tanpa suspensi belakang.

Biasanya XC digunakan untuk orang-orang yang lebih senang bermain di daerah perkotaan hingga pedesaan dengan kombinasi trek yang lebih simpel. Seperti jalanan tanah dan berbatu dengan tingkat kesulitan rendah.

Sepeda XC juga cukup direkomendasikan bagi kamu yang memiliki keuangan yang terbatas. Selain itu sepeda ini juga cocok untuk kamu yang memiliki berat badan berlebih, dimana sepeda ini cenderung lebih kokoh dan lebih mudah dikendarai.

Lebih jauh lagi bagi kamu yang memang tidak benar-benar bermain di trek gunung maka cocok membeli sepeda ini. Namun tentu saja bagi kamu yang memiliki uang lebih sepertinya sih lebih baik membeli sepeda full suspension.

Karena kebanyakan penghobi sepeda biasanya tergoda untuk mengupgrade sepeda mereka ketika keahlian dan eksplorasi mereka semakin meningkat.

Adapun sepeda jenis XC bisa diupgrade, namun sangat terbatas. Dimana kamu hanya bisa melakukan upgrade di kaki-kaki sepeda, shock depan, serta penggerak roda-roda (drivetrain) saja.

santacruz jackal

Dirt Jump (DJ) – pada dasarnya sepeda jenis DJ merupakan sepeda XC yang memiliki bentuk geometri yang agak berbeda sedekit. DImana bagian depannya cenderung lebih bersudut dengan posisi jok rendah.

Sepeda DJ juga seringkali disebut sebagai perkawinan dari sepeda XC dengan sepeda MTB. Oleh karena itulah kebanyakan dari pengguna sepeda DJ adalah freestyler yang bermain di bikepark, menarik bukan?

Nah, bagi kamu yang baru belajar sepeda gunung tentu tidak kami rekomendasikan untuk merakit sepeda DJ. Kecuali bila kamu memang tertarik untuk belajar menjadi freestyler menggunakan sepeda gunung.

Lebih jauh lagi jok sepeda yang rendah ini bukan tanpa alasan lho. Kebanyakan dari rider sepeda DJ menggunakan sepeda ini dalam posisi berdiri, tentu berhubungan dengan kegunaannya yang banyak melakukan aksi-aksi dan gaya-gaya yang berbahaya.

santacruz nomad

All Mountain (AM) – merupakan salah satu sepeda gunung yang sifatnya paling versatile. Dimana orang-orang dengan hobi sepeda gunung yang memiliki uang berlebih cenderung memilih sepeda AM sebagai sepeda gunung pertama mereka.

Sepeda AM juga lazim disebut sebagai sepeda trail atau trail bike dimana sepeda ini umum digunakan untuk berkendara di trek pegunungan yang ekstreme sekalipun. Pun bisa digunakan di trek aspal.

Sepeda AM bisa digunakan dengan mudah di trek aspal, di trek menanjak, dan trek downhill sekalipun karena memiliki suspensi di bagian belakang. Selain itu, suspensi depan sepeda AM pun cenderung lebih tinggi dan empuk.

Desain yang dibuat sedemikian rupa, dilengkapi dengan suspensi depan belakang yang cukup nyaman membuat para rider bisa melibas trek ekstreme sekalipun. Bahkan bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, bisa pula menggunakan sepeda ini.

Namun kekurangannya, tentu saja dengan spek yang begitu gahar sepeda ini memiliki harga yang cukup mahal. Ketimbang sepeda jenis XC ataupun DJ.

santacruz v

Downhill (DH) – bisa dikatakan sepeda DH merupakan raja dari seluruh jenis MTB. Lebih jauh lagi banyak sekali orang awam yang menganggap MTB adalah sepeda DH. Padahal sepeda DH Justru jarang digunakan oleh para penghobi.

Hal ini lantaran sepeda DH tidak bisa digunakan untuk menjelahah trek pegunungan, mengingat fungsi dari sepeda DH yang sepenuhnya dibuat untuk melibas turunan-turunan yang sangat ekstreme sekalipun.

Karena hal tersebut lah kemudian sepeda jenis DH sangat sulit diajak untuk menanjak. Padahal trek-trek pegunungan biasanya merupakan kombinasi dari trek menanjak serta trek menurun.

Selain itu bila dibandingkan dengan beberapa jenis MTB lainnya, tentu sepeda DH memiliki harga yang sangat tinggi. Pada satu merk yang sama misalnya, sepeda XC yang bisa dihargai maksimal belasan juta, AM – juta, maka DH bisa dihargai mencapai – juta rupiah.

Ciri khasnya sebagaimana yang bisa kamu amati dalam foto tersebut, dimana selain memiliki suspensi belakang sepeda DH juga memiliki suspensi depan yang amat tinggi. Tentu hal ini sengaja dibuat untuk meredam guncangan yang ekstreme.

# Tentukan Budget yang Ingin Kamu Keluarkan

Kamu tidak salah baca kok, dimana bila ingin membuat MTB pertamamu maka kamu harus memberikan batas maksimal pengeluaranmu. Hal ini lantaran saat ini banyak sekali pilihan yang bisa kamu ambil.

Baik pilihan dari merk-merk lokal hingga merk internasional. Baik komponen dengan harga yang terjangkau dan wajar hingga komponen-komponen sepeda dengan harga yang sangat tinggi dan tidak wajar bagi orang awam.

Hal inilah yang kemudian akan berdampak besar pada jumlah uang yang kamu miliki. Karena pada akhirnya dengan uang berapapun yang wajar, kamu bisa membuat serta merakit sepeda MTB pertamamu sendiri.

Sebagai contoh bagi kamu yang ingin membuat MTB yang baik, proper, namun tetap wajar dan bisa diajak bermain trek ekstreme. Kamu bisa mulai dengan uang sejumlah Rp ..,- hingga Rp ..,-

Dengan rentang harga yang begitu luasnya, tentu saja pada akhirnya keputusan pengeluaran akanberakhir pada kamu. Kamu bisa saja membuat MTB secukupnya, bisa diajak bersenang-senang, atau bisa membeli gengsi sekalian.

# Membeli Seluruh Komponen Dasar MTB Pertamamu

Langkah ketiga, kamu harus mulai mengumpulkan komponen-komponen dasar dari sepeda gunung yang ingin kamu rakit. Nah sambil belajar apa saja komponennya, kami akan coba berikan gambaran harganya.

Frame Sepeda Gunung

Canyon Strive

Frame adalah salah satu komponen sepeda yang paling mahal. Lebih jauh lagi saat ini ada banyak jenis frame. Mulai dari merk, bahan, hingga tipe yang bisa kamu beli.

Untuk pertama-tama kamu bisa membeli frame sepeda yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Kamu bisa membeli frame XC bila keuangan terbatas, atau AM bila ada uang berlebih.

Namun bila kamu berada di tengah-tengah silahkan beli frame AM dengan merk-merk lokal seperti United, Dominate, Thrill, atau bahkan Polygon.

Sebagai gambaran, harga frame yang tersedia di pasaran saat ini mulai dari Rp ..,- hingga Rp ..,- lebih!

Drivetrain

sram sx

Bagian kedua yang terpenting setelah frame adalah drivetrain. Istilah ini senderi merujuk kepada beberapa komponen dasar yang bisa menggerakkan roda-roda sepeda gunungmu:

  1. Crankset – terdiri atas chainring, crank arm, bottom bracket dan pedal. Komponen ini adalah salah satu yang paling penting untuk menyalurkan tenaga dari kaki ke bagian pedal.
  2. Rantai – bagian yang menyalurkan tenaga dari crank hingga ke gear belakang.
  3. Cassette Sprocket – komponen gear belakang yang langsung berhubungan dengan roda. Tenaga dari kaki masuk ke crank, ke rantai, disalurkan pada akhirnya ke cassette.
  4. Front Derailleur – merupakan komponen untuk mengganti gigi di bagian crank (depan).
  5. Rear Derailleur – merupakan komponen untuk mengganti gigi di bagian cassette sprocket (belakang).
  6. Shifter – alat yang diletakkan di handlebar yang berguna untuk mengganti gigi depan maupun belakang.
Baca juga :  Hp Terbaru yang Akan Rilis

Untuk merk yang kami rekomendasikan, bagi kamu yang baru mulai bermain cukup pilih salah satu diantara Shimano dan SRAM saja. Keduanya tidak terlalu rumit untuk dipelajari, dan mudah perawatannya.

Adapun masing-masing harga dari kedua drivetrain tersebut adalah (berdasarkan harga e-commerce pada Oktober ):

  1. Shimano
    • Shimano Tourney Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano Altus M Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano Acera M Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano Alivio M Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano Deore M, M, M Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano SLX M Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano Deore XT M Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano Deore XT M Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano XTR M Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano XTR M Rp ..,- s/d Rp ..,-
  2. Shimano Downhill Specific
    • Shimano Zee M Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • Shimano Saint M Rp ..,- s/d Rp ..,-
  3.  SRAM
    • SRAM X Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM X Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM X Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM NX Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM GX Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM XO Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM XO Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM XX Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM XX Rp ..,- s/d Rp ..,-
  4. SRAM Eagle (Versi Terbaru)
    • SRAM SX Eagle Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM NX Eagle Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM GX Eagle Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM XO Eagle Rp ..,- s/d Rp ..,-
    • SRAM XX Eagle Rp ..,- s/d Rp ..,-

Komponen ini sendiri memang salah satu komponen wajib, dan harus diperhitungkan secara matang. Tapi silahkan membeli sesuai dengan uang dan peruntukannya.

Untuk kamu yang sekadar penghobi dengan rata-rata bermain sepeda hanya – kali per minggu cukup berhenti di Shimano SLX atau Deore XT.

Adapun orang-orang yang menggunakan XTR ataupun XX Eagle berharga puluhan juta, kebanyakan adalah profesional yang sehari-hari bekerja dengan sepeda mereka.

Akan tetapi pada akhirnya sih terserah kamu. Kamu toh boleh-boleh saja membeli sepeda dengan spesifikasi yang mentereng. Apalagi bila memang kamu memiliki budget berlebih.

Shock Depan dan Belakang

shock sepeda

Sama persis seperti drivetrain dimana peredam sepeda memiliki rentang harga yang sangat luas. Sehingga pemahaman yang baik dierlukan sebelum kamu memutuskan jenis peredam apa yang ingin kamu beli.

Adapun beberapa panduan yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  • Jenis peredam yang bisa dibeli berupa Front Shock (Fork) dan Rear Shock. Rear Shock atau shock belakang pun hanya ada pada sepeda-sepeda AM dan DH. Untuk sepeda XC ataupun hardtail biasanya tidak memiliki rear shock.
  • Beberapa merk entry level Suntour, Manitou, dan Venom. Untuk merek mid-range hingga high end boleh melirik Fox, Rock Shox dan Marzocchi.
  • Travel dari shock ditentukan dari jenis sepeda. XC lazim menggunakan travel – mm, AM menggunakan – mm, dan DH menggunakan – mm.
  • Jenis shock yang bisa digunakan antara spring atau air. Saat ini air lebih diminati karena memang lebih empuk dan secara tampilan masih lebih oke.

Wheelset

ban sepeda

Sama seperti drivetrain, wheelset merupakan salah satu bagian dari sepeda yang terdiri atas beberapa komponen lainnya. Komponen tersebut adalah:

  • Hub dan Freehub yang merupakan poros dari ban sepeda.
  • Rims yang merupakan velg dan tentu termasuk jari-jari sepeda.
  • Tires yang tentu bisa amu artikan secara harfiah sebagai ban sepeda.

Adapun harga yang bisa kamu bayarkan untuk sebuah wheelset sangat bervariasi. Saat ini kamu bisa merogoh kocek mulai dari Rp juta hingga lebih dari Rp juta untuk sepasang wheelset.

Komponen Lain Pendukung Frame

Ritchey Stem

Beberapa komponen tambahan yang harus kamu beli sebelum bisa mulai merakit MTB pertamamu adalah sebagai berikut ini:

  • Seatpost salah satu bagian penting yang menghubungkan frame dengan jok sepeda. Saat ini bahkan terdapat seatpost yang memiliiki hidraulik sehingga kamu bisa mengatur ketinggiannya dengan mudah.
  • Saddle merupakan bagian yang digunakan untuk duduk atau lazim disebut dengan jok
  • Stem merupakan bagian yang menghubungkan frame, fork, dan handle bar.
  • Headset Komponen yang digunakan untuk menutup bagian atas dari fork ataupun front shock, beberapa merk ternama misalnya Chris King dan Cane Creek.
  • Handle Bar bagian yang digunakan untuk mengendalikan ban sepeda.
  • Grip ujung-ujung handle bar, tempat meletakkan kedua tangan untuk mengendalkan sepeda.
  • Wire kabel-kabel yang menghubungkan rem, shifter (pengganti gigi), dsb kepada komponen-komponen drivetrain.

Sama seperti komponen drivetrain dan wheelset. Seluruh komponen pendukung ini adalah komponen penting yang harus kamu beli seluruhnya.

Adapun uang yang harus kamu keluarkan untuk melengkapi beberapa komponen di atas berkisar antara Rp juta hingga lebih dari Rp juta.

Komponen Pendukung Rider

brandon semenuk

Terakhir sebelum kamu benar-benar siap riding, ada baiknya membeli beberapa komponen tambahan untuk rider. Memang sih komponen ini sifatnya opsional.

Boleh dibeli boleh tidak, kecuali beberapa yang wajib seperti helm. Adapun beberapa komponen tersebut adalah sebagai berikut:

  • Helm yang merupakan komponen paling penting yang harus kamu beli dan gunakan selama riding. Harganya silahkan dicocokkan dengan budget dan penggunaanmu.
  • Gloves atau sarung tangan merupakan komponen yang bisa menjadi penting bila kamu riding dalam waktu yang panjang. Apalagi saat ini ada beberapa sarung tangan yang memiliki gel di dalamnya sehingga membuat tangan lebih nyaman dan tidak nyeri.
  • Sepatu sama seperti gloves, bisa menjadi penting bila kamu melakukan riding di hutan dengan trek yang ekstreme. Tapi kami sarankan setidaknya gunakan sepatu olahraga bila tidak ingin membeli sepatu sepeda untuk riding, tentu demi keamananmu sendiri.
  • Jersey boleh dibeli bila kamu ingin tampil gaya. Hal terpenting adalah menggunakan pakaian yang bisa menyerap dan mengeringkan keringat dengan cepat.
  • Backpack boleh menggunakan tas apapun yang ada. Gunakan untuk menyimpan barang-barang penting selama kamu riding. Misalnya ponsel, dompet, atau tempat minum
  • Knee and Shin Protector merupakan pelindung lutut dan siku yang penting apabila kamu rajin bermain di hutan, dan sering jatuh tentunya.
  • Kacamata bisa menjadi penting bila kamu rutin riding di perkotaan di pagi hari. Tapi bisa pula menjadi barang fashion yang membuatmu bergaya saat riding.

Di luar beberapa barang di atas, kami tidak terlalu merekomendasikan kamu untuk membeli beberapa barang lainnya. Karena umumnya hanya menjadi pelengkap ketimbang berkontribusi terhadap kenyamanan saat bermain sepeda.

Cari Bengkel Sepeda

bengkel sepeda

Nah terakhir tentu saja kamu harus mencari bengkel sepeda yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Saat ini ada banyak sekali bengkel sepeda yang melayani jasa merakit sepeda.

Harga dari jasa rakit sepeda ini pun saat ini sudah sangat bervariasi. Bisa dibilang cukup pilih bengkel sepeda yang sudah terpercaya namun masih memberikan harga yang cukup wajar untuk jasa mereka.

Nah, pada akhirnya semoga tips dari kami bermanfaat ya!

Ini Dia Biaya Merakit MTB (Sepeda Gunung) yang Lengkap! #Ini #Dia #Biaya #Merakit #MTB #Sepeda #Gunung #yang #Lengkap