Cara Praktis Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Bisa Mengetik dengan Baik

Cara Praktis Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Bisa Mengetik dengan Baik – Halo Sobat Arkana, apakah kamu pernah mengalami masalah di mana keyboard laptopmu tiba-tiba tidak bisa mengetik dengan baik? Tenang, kamu tidak sendiri. Banyak dari kita pasti pernah mengalami hal serupa. Namun, jangan khawatir, karena artikel ini akan memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan membaca artikel ini sampai selesai, kamu akan mendapatkan cara-cara yang mudah dan efektif agar kamu bisa kembali menggunakan keyboard laptopmu dengan baik. Jadi, ayo kita simak penjelasannya!

Cara Praktis Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Bisa Mengetik dengan Baik

1. Bersihkan Keyboard dengan Lap Basah

Ketika keyboard laptop tidak bisa mengetik dengan baik, kemungkinan besar ada kotoran atau debu yang menyumbat tombol. Bersihkan keyboard dengan lap basah untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

2. Gunakan Vacuum Cleaner Mini

Jika kotoran terlanjur masuk ke dalam celah tombol keyboard, gunakan vacuum cleaner mini untuk menghisapnya. Pastikan laptop dalam keadaan mati sebelum membersihkan keyboard.

3. Periksa Pengaturan Layout Keyboard

Kadang-kadang, keyboard tidak bisa mengetik dengan baik karena pengaturan layout keyboard yang salah. Periksa pengaturan layout keyboard di Control Panel atau Setting dan pastikan sudah sesuai dengan layout keyboard yang digunakan.

4. Gunakan Eksternal Keyboard

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan keyboard eksternal sebagai alternatif. Sambungkan keyboard eksternal ke laptop melalui port USB dan atur sebagai keyboard utama.

5. Aktifkan On-Screen Keyboard

Jika tombol-tombol pada keyboard laptop benar-benar tidak berfungsi, coba aktifkan On-Screen Keyboard. On-Screen Keyboard adalah fitur built-in pada Windows yang memungkinkan Anda mengetik menggunakan mouse atau touchpad.

6. Restart Laptop

Seringkali, masalah keyboard yang tidak bisa mengetik dengan baik dapat diselesaikan dengan cara yang paling sederhana: restart laptop. Restart laptop dapat memuat ulang sistem secara keseluruhan dan memperbaiki masalah sementara.

7. Periksa Driver Keyboard

Driver keyboard yang korup atau tidak terupdate dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan baik. Buka Device Manager dan periksa apakah driver keyboard sudah terpasang dengan benar. Jika tidak, perbarui atau reinstall driver tersebut.

Baca juga :  Niat Zakat Untuk Anak Laki Laki

8. Cek Kabel Fleksibel Keyboard

Pastikan kabel fleksibel keyboard yang menghubungkan keyboard laptop dengan motherboard tidak lepas atau rusak. Jika kabel fleksibel terlepas, perbaiki posisinya. Jika rusak, ganti dengan kabel baru.

9. Matikan Filter Keys

Filter Keys adalah fitur pada Windows yang mengatur sensitivitas tombol keyboard. Kadang-kadang, fitur ini dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan baik. Matikan Filter Keys melalui Control Panel atau Setting untuk melihat apakah masalah teratasi.

10. Periksa Kondisi Baterai

Pada beberapa laptop, jika baterai dalam keadaan lemah atau tidak terhubung dengan baik, keyboard tidak akan berfungsi dengan baik. Periksa kondisi baterai dan pastikan terhubung dengan baik atau coba gunakan charger yang berbeda.

11. Scan Laptop dengan Antivirus

Masalah keyboard yang tidak bisa mengetik dengan baik juga bisa disebabkan oleh adanya virus atau malware. Scan laptop Anda dengan antivirus terpercaya untuk memastikan tidak ada virus yang mengganggu.

12. Factory Reset Laptop

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa melakukan factory reset laptop Anda. Namun, perlu diingat bahwa factory reset akan menghapus semua data di laptop, jadi pastikan backup data penting Anda terlebih dahulu.

13. Konsultasikan ke Ahli Servis

Jika masalah keyboard masih belum teratasi, sebaiknya konsultasikan ke ahli servis. Ada kemungkinan ada kerusakan pada hardware keyboard laptop yang memerlukan perbaikan atau penggantian.

Kesimpulan

Dalam banyak kasus, mengatasi keyboard laptop yang tidak bisa mengetik dengan baik dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana seperti membersihkan keyboard atau mengatur pengaturan layout keyboard. Namun, jika semua cara di atas tidak berhasil, segera konsultasikan ke ahli servis untuk mendapatkan solusi yang tepat. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mengatasi masalah keyboard laptop yang tidak bisa mengetik dengan baik.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!


Pluang Usaha Pulsa Kartu AS juga Loket PPOB Di buka

Bisnis Pulsa dan Dealer PPOB yakni Jual yang menguntungkan. Meski di masa endemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia jadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, membeli pulsa kuota, voucher online game, isi ulang saldo eMoney dan kebutuhan lain-lain.

Semuanya boleh dikondisikan di Arkana Pulsa sebagai Berjualan pulsa murah yang menjanjikan. Berjualan di Arkana Pulsa dapat dikelola oleh siapapun dengan modal kecil. Pluang masih terbuka lebar untuk membuka Berdagang agen pulsa serta loket pembayaran ppob dengan Arkana Pulsa

Mengapa Bisnis Pulsa dan Rumah PPOB di Arkana Pulsa?

Berbisnis pulsa dan loket pembayaran ppob kami adalah solusi Jualan buat rakyat Indonesia yang pingin memiliki Berjualan pulsa elektrik, pulsa internet, paket sms & nelpon, Bisnis isi ulang Gopay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Usaha voucher game paling murah dan komplit serta voucher tv kabel paska bayar

DAFTAR SEKARANG

Demikian Artikel update terpanas mengenai Cara Praktis Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Bisa Mengetik dengan Baik dengan tags #Cara #Praktis #Mengatasi #Keyboard #Laptop #yang #Tidak #Bisa #Mengetik #dengan #Baik yang mungkin saja tak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan buat kalian 🙂