“Cara Merawat PC untuk Meningkatkan Kinerja dan Usia Pakai”

Cara Merawat PC untuk Meningkatkan Kinerja dan Usia Pakai

Halo Sobat Arkanapulsa.id!

Penggunaan PC yang terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan penurunan kinerja dan memperpendek usia pakai PC kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat PC agar tetap berfungsi dengan baik dan memperpanjang usia pakainya. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana dalam merawat PC kita.

Perawatan Bagian Luar PC

Bagian luar PC seperti casing, keyboard dan mouse merupakan bagian yang sangat penting dalam perawatan PC kita. Untuk membersihkan casisng PC sebaiknya gunakan lap yang lembut dan kering. Sedangkan untuk membersihkan keyboard dan mouse sebaiknya gunakan kuas dan lap yang halus.

Perawatan Bagian Dalam PC

Bagian dalam PC seperti hard disk, motherboard, dan pendingin harus dibersihkan secara berkala untuk menghindari penumpukan debu yang dapat menyebabkan PC kita menjadi panas dan performanya menurun. Membersihkan motherboard serta kabel-kabelnya bisa dilakukan dengan hati-hati menggunakan kuas yang lembut, sementara hard disk dapat dikeringkan dengan kipas atau blower.

Perawatan Sistem Operasi

Sistem operasi yang terinstall pada PC kita juga perlu dirawat agar tetap berfungsi dengan baik. Selalu lakukan update terbaru dari sistem operasi, sebab setiap update pada umumnya mengatasi dan memperbaiki bugs dan masalah pada sistem operasi yang lama.

Perawatan Program Antivirus

Program antivirus sangat penting dilakukan dalam perawatan PC kita. Program antivirus dipasang untuk melindungi PC dari serangan virus dan malware. Selalu perbarui program antivirus agar tetap up to date dan senantiasa melindungi PC kita dengan baik.

Perawatan Hard Disk

Hard disk merupakan komponen yang sangat krusial pada PC kita. Melakukan scan disk setidaknya sekali dalam satu bulan dapat membantu mengidentifikasi kerusakan hard disk dan segera memperbaikinya sebelum terjadi kerusakan fatal.

Menghapus File yang Tak Terpakai

Membuang file yang sudah tak terpakai dapat membantu mempercepat kinerja PC kita. Lakukan penghapusan file sampah di dalam folder Temporary Internet Files atau folder recycle bin.

Periksa dan Sistematisasi Program yang Terinstall

Program atau software yang terinstall pada PC kita harus diperiksa dan disistematisasi dengan baik. Hilangkan program yang tidak perlu dan pastikan bahwa program tersebut sudah dihapus secara otomatis dari startup Windows.

Menjaga PC Dari Overloading

Menghindari overload pada PC kita memang sangat susah, namun ada beberapa tips yang dapat membantu mengurangi masalah tersebut.. Misalnya mematikan aplikasi saat tidak digunakan, serta menutup jendela browsing yang sudah tidak digunakan.

Baca juga :  Mengatasi Resleting Tas yang Susah Ditutup dengan 4 Trik Ampuh

Perhatikan Suhu di dalam PC

Suhu di dalam PC memainkan peran penting dalam kinerja PC kita. Pastikan suhu di dalam PC kita tetap dingin dengan menambahkan kipas tambahan pada casing PC, terutama saat PC digunakan dalam rentang waktu yang lama.

Jangan Terlalu Penuh Mengekalkan File

Melebihi batas kapasitas hard disk dapat membuat kinerja PC kita menurun drastis. Jadi, sebaiknya jangan memenuhi kapasitas hard disk terlalu penuh dan matikan juga program yang tidak diperlukan pada saat tersebut.

Mereset PC Berkala

Mereset PC setelah sebulan sekali sangat penting dilakukan, karena bisa membersihkan registry yang mengumpulkan data yang tidak perlu dan menyebabkan PC kita melambat

Perawatan Aktualisasi Driver

Aktualisasi driver sangatlah membantu perbaikan performa PC. Driver terbaru dapat meningkatkan akurasi perangkat di dalam PC kita sehingga performanya semakin baik.

Perawatan Kabel Power dan Kabel Jaringan

Perawatan kabel power serta kabel jaringan meliputi mengecek kondisi kabel, membersihkan kabel, dan mengganti kabel yang rusak agar PC tidak mengalami trouble.

Mengosongkan Ruang Disk yang Tersedia

Mengosongkan ruang disk yang tersedia dapat membantu memperbaiki performa PC kita. Selain itu, mengosongkan disk dapat menghindari kerusakan pada hard disk serta meningkatkan performa sistem operasi.

Menonaktifkan Fitur Windows yang Tak Diperlukan

Setiap sistem operasi Windows memiliki fitur yang berbeda-beda. Jangan lupa menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan, sebab fitur tersebut dapat memperlambat kinerja PC kita.

Perawatan RAM

RAM adalah komponen yang sangat penting dalam fungsi PC kita, karena memiliki peranan dalam kinerja sistem operasi dan aplikasi yang terinstal di dalamnya. Perlu diingat bahwa kapasitas RAM yang rendah pada PC dapat memperlambat kinerja PC.

Jangan Terlalu Sering Mematikan PC Secara Paksa

Matikan komputer secara normal jika kita tidak memakainya, avoid dalam mematikan PC secara paksa, seperti dengan mencabut kabel listrik. Hal ini bisa merusak sistem dan data yang ada di dalam PC kita.

Menambah dan Mengganti Komponen PC

Jika PC kita masih sulit dalam performanya, ada baiknya untuk menambah ataupun mengganti komponen di dalamnya seperti pada RAM, Hard Disk, atau kipas pendingin.

Penutup

Adapun beberapa tips dalam merawat PC kita agar memiliki kinerja yang tinggi dan usia pakai yang lebih lama. Dengan melakukan hal-hal tersebut, kita dapat memperpanjang usia pakai PC dan meningkatkan performanya. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!


Momen Menjual Pulsa SmartFren serta Distributor PPOB Di buka

Berdagang Pulsa dan Toko PPOB yakni Berbisnis yang menguntungkan. Walaupun di masa endemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia jadi sesuatu yang primer, seperti bayar tagihan, membeli pulsa internet, voucher game, topup saldo e money juga kebutuhan lain-lain.

Semuanya boleh dikondisikan di Arkana Pulsa sebagai Jualan pulsa murah yang menjanjikan. Berbisnis di Arkana Pulsa dapat dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka Berbisnis agen pulsa juga loket pembayaran ppob dengan Arkana Pulsa

Bagaimana Dagang Pulsa dan Bayar PPOB di Arkana Pulsa?

Berdagang pulsa dan loket pembayaran ppob kami yaitu solusi Usaha buat masyarakat Indonesia yang pengen memiliki Jualan pulsa elektronik, pulsa internet, paket sms & nelpon, Usaha isi ulang Gopay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Berbisnis voucher gaming termurah dan komplit atau voucher tv kabel prabayar

DAFTAR SEKARANG

Begitulah Kabar update viral tentang “Cara Merawat PC untuk Meningkatkan Kinerja dan Usia Pakai” dengan tags #Cara #Merawat #untuk #Meningkatkan #Kinerja #dan #Usia #Pakai yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan buat kamu 🙂