Cara Mencapai Keuangan Rumah Tangga yang Sehat

Ini dia Cara Mencapai Keuangan Rumah Tangga yang Sehat

Diantara sebab banyaknya keretakan dari rumah tangga seseorang, ketidakcocokan di dalam pengelolaan keuangan merupakan salah satu penyebab utamanya. Bahkan dalam beberapa studi diketahui bahwa hal ini menjadi salah satu penyebab perceraian yang cukup umum.

Pelajaran mengenai literasi finansial merupakan pelajaran yang sangat umum diambil oleh banyak orang. Namun tidak banyak yang memahami bahwa di dalam pernikahan, jumlah orang yang terlibat adalah dua orang.

Di awal-awal pernikahan bahkan banyak pasangan yang masih tenggelam dalam euforia pernikahan. Sehingga tidak sadar menghindari bicara soal keuangan yang tentu semakin ditunda akan menjadi masalah yang semakin besar.

Nah, bicara soal keuangan rumah tangga dan bagaimana ara mengolahnya bukanlah hal yang sulit kok dan Arkanapulsa punya caranya!

# Membuka dan Membahas Buku Tabungan Bersama

Salah satu hal yang cukup tabu dilakukan oleh orang Indonesia adalah membahas buku tabungan bersama. Tapi kali ini kamu sudah menikah, dan membahas buku tabungan bersama pasangan bukanlah hal yang harus kamu risaukan.

Ada beberapa tipe pasangan menikah yang bisa dibedakan berdasarkan cara mereka mengelola keuangan yang mereka miliki:

  1. Mengelola sendiri-sendiri dimana suami memiliki tabungan sendiri dan begitupun istri. Namun masing-masing saling terbuka soal pengeluaran dan pemasukannya.
  2. Mengelola bersama dimana suami dan istri memiliki tabungan bersama yang bisa diakses dari ponsel masing-masing.
  3. Mengelola sendiri-sendiri seperti poin pertama, namun masing-masing tidak terlalu terbuka soal pengeluaran dan pemasukannya. Inilah tipe yang paling berbahaya.

Sebenarnya memang ada banyak sekali saran yang bisa kamu lakukan terkait hal ini, tapi kami sendiri lebih menyukai keterbukaan di dalam keuangan rumah tangga.

Tapi jangan salah kaprah juga, tentu masing-masing harus memegang rekening pribadi juga. Biasanya rekening bersama digunakan sebagai tabungan yang “tidak bisa diutak-atik” kecuali untuk hal-hal khusus seperti pendidikan anak atau renovasi rumah,

# Jujur Soal Hutang Kepada Pasangan

Masih berpegang teguh kepada prinsip keterbukaan, sudah seharusnya pasangan-pasangan yang baru menikah saling terbuka soal keuangannya masing-masing. Bahkan hal ini sudah harus dilakukan sejak sebelum menikah.

Baik dari sisi suami ataupun dari sisi istri, sudah seharusnya memberi tahu satu sama lain bila memiliki hutang di depan. Terlebih lagi bila hutang yang ditanggung jumlahnya cukup besar.

Hal ini lantaran ketika kalian berdua sudah menikah, orang-orang lantas akan melihat kalian sebagai kesatuan. Celakanya lagi bila kemudian kalian menyatukan aset yang kalian miliki.

Karena pada akhirnya sepandai-pandainya kalian menyembunyikan hutang yang kalian miliki, pasti akan ketahuan juga oleh pasangan kalian. Nah bila kalian tertangkap basah memiliki hutang, selain menghancurkan keuangan tentu kalian akan menghancurkan kepercayaan pasangan.

# Membuat Target-Target Keuangan yang Realistis

Sebagaimana beberapa tips keuangan yang telah kami buat sebelumnya, membuat target keuangan merupakan salah satu langkah penting menuju financial freedom.

Sama seperti itu, ketika sudah memiliki pasangan maka kamu harus membuat target keuangan bersama pasangan. Hal ini merupakan salah satu langkah konkret demi tercapainya financial freedom bagi keluarga kecilmu sendiri.

Baca juga :  Ingin Berkurban tapi Masih Ada Tagihan, Mana yang Harus Didahulukan?

Lebih jauh lagi, ketika sudah menikah artinya kamu harus menyatukan preferensi dua kepala sambil menurunkan ego dua kepala tersebut. Istrimu ingin rumah satu lantai yang mungil, tapi kamu ingin rumah dua lantai yang megah, nah!

Oleh karena itulah membuat target keuangan kali ini sedikit lebih sulit. Namun percayalah dalam proses membuat target keuangan ini, kamu akan semakin mengenal pasanganmu.

Hingga pada akhirnya ketika kamu sudah sama-sama setuju terhadap target keuangan rumah tangga tersebut, artinya rumah tanggamu sudah di dalam trek keuangan yang benar.

# Menyatukan Pandangan Soal Gaya Hidup

Menyatukan dua orang manusia di bawah satu atap, berarti harus menyatukan berbagai macam perbedaan. Salah satu yang bisa berdampak langsung pada keuangan adalah gaya hidup kedua orang tersebut.

Most of the time, memang seorang suami akan menemukan istri yang setara dan begitupun sebaliknya. Akan tetapi bukan tidak mungkin kalian saling menemukan pasangan yang levelnya baik dari sisi sosial dan ekonomi jauh di atas atau di bawah kalian.

Untuk yang satu ini memang berpotensi sekali menjadi kerikil-kerikil di dalam pernikahan. Tapi bukankah menyatukan dua pandangan yang berbeda merupakan salah satu tujuan dari pernikahan? Oleh karena itu, cobalah menurunkan ego masing-masing demi hal ini.

Pada akhirnya perbedaan pandangan soal gaya hidup akan berakibat kepada gesekan-gesekan soal pengeluaran di dalam kehidupan keluarga kecilmu.

# Menurunkan Ego Masing-Masing

Bisakah uang menghancurkan pernikahan? Jawabannya adalah bsia dan sangat mungkin teradi. Hal-hal semacam ini bahkan sudah sering kita dengar di media-media sosial, pernikahan seumur jagung yang hancur karena uang.

Namun perlu diingat kembali, bahwa ketika kamu memutuskan untuk menikah artinya kamu sudah siap untuk saling menurunkan ego masing-masing. Jangan sampai uang kemudian mengendalikan keharmonisan rumah tanggamu.

Tapi sebaliknya, ketika kamu lebih peduli satu sama lain ketimbang uang yang kalian kelola. Tentu saja artinya kamu dan pasanganmu sudah sukses dalam mengendalikan dan mengelola keuangan rumah tanggamu.

Tapi jangan salah kaprah juga, jangan sampai saking menurunkan egonya kalian justru terlalu lengah terhadap pengeluaran satu sama lain. Tindakan yang terlalu permisif juga bisa membawa kalian ke dalam kebangkrutan lho.

Penutup

Nah itulah tadi tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan keuangan rumah tangga yang kamu miliki. Caranya memang tampak mudah, tapi sebenarnya sangat sulit untuk dijalan.

Meski demikian sulit tentu saja bukan berarti tidak bisa kamu jalani sama sekali. Bahkan bila sukses menjalankan tips-tips yang kami berikan di atas, artinya kalian sudah one step ahead, sukses menaklukan satu hambatan pernikahan.

Pada akhirnya jangan sampai uang justru menjadi hambatan dan menghancurkan hubunganmu dan pasanganmu ya. Semoga tetap harmonis!

Cara Mencapai Keuangan Rumah Tangga yang Sehat #Cara #Mencapai #Keuangan #Rumah #Tangga #yang #Sehat