Cara Cek Nomor Rekening Bank BRI Anda!

Harusnya Cara Cek Nomor Rekening Bank BRI Anda!

Seperti diketahui, nomor rekening bank seperti BRI, terdiri atas deretan angka yang cukup banyak.

Masalahnya, sebagian orang tidak ahli menghafal, apalagi jika nomor rekening tersebut jarang digunakan. Lalu, apa langkah yang sebaiknya Anda lakukan untuk cek nomor rekening BRI jika catatan Anda hilang? Setidaknya, ada cara untuk mengetahui nomor rekening BRI.

Cara cek nomor rekening di Buku Tabungan

Bagi yang pernah membuka tabungan di sebuah bank, Anda pasti tahu bahwa salah satu fasilitas yang diberikan oleh bank adalah buku tabungan. Buku tabungan adalah cara sederhana untuk menyampaikan informasi tertulis kepada nasabah mengenai jumlah dana yang tersimpan di rekening.

Melalui buku tabungan, Anda juga bisa mengetahui beberapa informasi penting lain, seperti:

  • Kantor BRI tempat Anda membuka tabungan
  • Nomor rekening BRI
  • Nama pemilik rekening
  • Alamat pemilik rekening
  • Tanggal membuka rekening
  • Nomor seri
  • Tanda pengenalmu sebagai pemilik rekening

Seluruh informasi ini bisa ditemukan di balik sampul buku tabungan. Jadi, jika Anda tidak ingat lagi atau merasa ragu dengan nomor rekening BRI milik Anda, cara mengeceknya adalah dengan melihat buku tabungan secara langsung. Gampang sekali, bukan?

Cek nomor melalui ATM

cara transfer uang dengan atm bri

ATM BRI bisa ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Banyak orang memanfaatkan mesin ATM untuk menarik uang dengan cara yang cepat dan praktis tanpa terbatas waktu operasional bank. Namun, tahukah Anda jika fungsi ATM sebenarnya sangat banyak. Beberapa di antaranya adalah melakukan transfer ke rekening lain, mengecek jumlah saldo, bahkan mengecek nomor rekening.

Selain bisa cek nomor rekening BRI di buku tabungan, Anda juga bisa mengetahuinya melalui mesin ATM. Jadi, jika suatu saat buku rekening Anda hilang atau terselip entah kemana, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda tempuh untuk mengetahui informasi tentang nomor rekening di BRI.

  • Persiapkanlah kartu ATM yang akan dicek nomor rekeningnya.
  • Masukkan kartu ke mesin ATM seperti halnya melakukan transaksi biasa, kemudian masukkan PIN (Personal Identification Number).
  • Nah, setelah itu akan muncul menu di layar mesin ATM. Pilihlah menu “Mutasi Rekening”. Nomor rekening terkait beserta transaksi terakhir yang dilakukan akan terlihat melalui layar tersebut.

Jadi, gampang sekali mengetahui nomor rekening ketika Anda masih memiliki kartu ATM. Syaratnya tentu saja Anda harus mengetahui PIN yang benar dari kartu tersebut.

Cek melalui E-Banking

Kecanggihan teknologi telah banyak mengubah pola hidup masyarakat modern. Cara-cara konvensional saat ini sudah mulai ditinggalkan karena dianggap tidak praktis. Ya, di satu sisi, teknologi memang memudahkan kita untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi.

Salah satu inovasi di bidang perbankan adalah sistem canggih berupa e-banking. Sistem ini mengandalkan jaringan internet. Jadi, dengan menggunakan e-banking, Anda bisa melakukan transaksi apa pun tanpa harus ke bank atau gerai ATM.
Nah, untuk mendukung sistem tersebut, bank terkait mengembangkan website pendukung yang bisa diakses oleh para nasabah dengan memasukkan username dan password. Jika data yang Anda masukkan sudah benar, halaman web akan terbuka dan nomor rekening Anda akan terlihat jelas di bagian depan. Sangat praktis, bukan?

Namun, jika Anda ingin mengandalkan cara ini, berarti Anda harus mengaktivasi e-banking terlebih dahulu. Pada umumnya, sebagian besar bank menyediakan fasilitas e-banking untuk setiap rekening, tetapi tidak serta-merta akan aktif jika nasabah tidak memintanya. Oleh karena itu, bagi Anda yang terbiasa melakukan transaksi secara online, segeralah aktivasi e-banking untuk rekening BRI Anda.

Cara untuk aktivasi e-banking BRI adalah sebagai berikut:

  • Lakukan registrasi, baik melalui gerai ATM BRI maupun Kantor Cabang BRI/Kantor Cabang Pembantu BRI.
  • Jika Anda hanya ingin mengakses e-banking untuk transaksi nonfinansial, melakukan registrasi di gerai ATM BRI saja sudah cukup. Di sini, kamu akan mendapatkan user ID dan password. Itu berarti kamu sudah bisa mengakses informasi standar seperti nomor rekening, histori transaksi pada bulan terakhir, dan sebagainya.
  • Namun, jika Anda ingin melakukan transaksi finansial seperti melakukan transfer, Anda juga harus datang ke kantor cabang BRI untuk menyelesaikan proses aktivasi. Di sini, Anda akan diminta mengisi formulir aplikasi internet banking. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas diri yang asli dan sah, seperti KTP, SIM, Paspor, serta bukti kepemilikan rekening.
  • Persiapkan nomor HP dan email.
  • Setelah registrasi di bank, ganti password, masukkan email, dan aktivasi m-Token.

Meskipun langkah yang harus ditempuh terlihat agak panjang, sesungguhnya aktivasi e-banking tidak terlalu rumit. Yang penting, ikuti saja seluruh prosedur yang diperlukan. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan kehadiran e-banking, termasuk jika Anda sedang berada di lokasi yang jauh dari gerai ATM. Satu-satunya transaksi yang tidak bisa dilakukan melalui e-banking adalah penarikan tunai. Untuk hal ini, Anda harus datang langsung ke kantor cabang BRI atau gerai ATM terdekat.

Jadi, cara inilah yang wajib Anda lakukan untuk cek nomor rekening BRI. Ketika lupa atau catatan Anda hilang, dapatkan informasi mengenai nomor rekening yang valid hanya dari sumber tepercaya.

baca juga

Cara Cek Nomor Rekening Bank BRI Anda! #Cara #Cek #Nomor #Rekening #Bank #BRI #Anda