Begini Cara Terbaik Menghemat Kuota Internet Anti Boros

Ini dia Begini Cara Terbaik Menghemat Kuota Internet Anti Boros

Cara menghemat kuota internet sebenarnya cukup mudah. Mulai dari penggunaan aplikasi yang lebih bijak hingga menonaktifkan semua fitur yang bisa menghabiskan kuota. 

Saat ini jaringan internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Banyak sekali yang bisa dilakukan hanya melalui internet. Mulai dari mencari informasi terkini, silaturahmi, hingga hiburan. Menurut data dari Badan Statistik (BPS), sebanyak ,% populasi di Indonesia telah mengakses internet pada tahun . Tingginya angka tersebut mencerminkan kemudahan dalam mencari informasi dan penerimaan masyarakat terhadap perkembangan teknologi yang sangat masif.

Untuk mendapatkan jaringan internet, kamu bisa mendapatkannya melalui WiFi ataupun kuota paket data. Bagi pengguna jaringan WiFi, bisa dikatakan cukup aman karena tidak perlu memikirkan sisa kuota yang belum terpakai. Sebab, pada umumnya jaringan WiFi bisa diakses sepuasnya (unlimited) hanya dibatasi kecepatan internetnya saja. 

cara mudah menghemat kuota internet

Namun, hal ini tidak berlaku untuk pengguna kuota internet. Jaringan jenis ini biasanya digunakan oleh mereka yang ingin mengakses internet melalui smartphone. Hal ini dikarenakan jaringan WiFi yang tidak bisa digunakan sebagai mobile. Untuk mendapatkan kuota internet, pengguna smartphone harus membelinya sesuai yang sudah disediakan oleh masing-masing provider. Setiap paket data ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Biasanya berdasarkan besar kecilnya kuota internet yang akan didapatkan.

Sistem kerja paket data ini, secara bertahap kuota akan habis sesuai dengan penggunaannya. Semakin sering smartphone digunakan untuk browsing atau aktivitas yang menggunakan internet, semakin cepat juga kuota tersebut.  Namun, setiap paket data memiliki jangka waktu kadaluarsa. Mulai dari perhari, per minggu, per bulan, dan per tahun. Semakin lama masa aktif, semakin mahal juga harga dari paket data tersebut. 

Baca juga: Daftar Provider Internet Terbaik di Tahun

Permasalahan yang sering terjadi pada pengguna paket data adalah kehabisan kuota sebelum masa aktif berakhir. Masalah ini terjadi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya penggunaan aplikasi yang terlalu sering. Pasalnya ada beberapa aplikasi yang menyedot banyak kuota internet. Oleh karena itu, kamu harus bijak dalam menggunakan kuota internet agar tidak cepat habis. Lantas, apa saja penyebab kuota internet cepat habis, aplikasi yang mengambil kuota banyak, dan cara hemat dalam penggunaan kuota internet? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Kuota Cepat Habis 

Seperti yang sudah dibahas di atas, kuota internet cepat habis dikarenakan banyak faktor. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini penyebab dari kuota internet cepat habis yang dirangkum dari berbagai sumber.

Penyebab Kuota Cepat Habis 


Bermain Game Online

Bermain game online memang sangat menyenangkan, tapi jika dilakukan secara sering bisa menyebabkan kuota internet kamu cepat habis. Pasalnya, kualitas gambar yang bagus dan bermain tanpa hambatan, membutuhkan kuota internet yang lumayan besar. 

Update Aplikasi Secara Otomatis

Penyebab kuota internet cepat habis berikutnya adalah fitur update aplikasi otomatis yang diaktifkan. Perlu kamu ketahui, setiap aplikasi akan melakukan update secara berkala. Jika fitur ini kamu aktifikan dan dalam satu hari terdapat lima aplikasi yang harus melakukan update, tentu kuota internet kamu akan cepat habis. 

Penggunaan Media Sosial yang Berlebihan

Kebiasaan streaming video atau musik di media sosial menjadi penyebab lain dari kuota internet yang cepat habis. Pasalnya, kegiatan tersebut membutuhkan jumlah kuota internet yang cukup besar. 

Sinkronisasi Secara Otomatis

FItur ini sering dijumpai pada smartphone series terbaru yang sudah diaktifkan secara default. Tujuan dari fitur ini sebenarnya penyinkronan dan menjaga data-data kamu di ponsel agar tetap aman jika hal buruk terjadi. Cara kerja fitur ini dilakukan secara berkala sesuai dengan data terbaru yang ada di ponsel. Misalnya, setiap hari ada foto atau video baru di ponsel kamu. Secara otomatis, fitur ini melakukan sinkronisasi terhadap data tersebut. Untuk sekali sinkronisasi, membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit.

Aplikasi yang Menyebabkan Kuota Cepat Habis 

Penggunaan aplikasi yang berlebihan juga menjadi penyebab kuota internet cepat habis. Oleh karena itu, berikut ini beberapa aplikasi yang menggunakan kuota dengan jumlah cukup besar. 

Aplikasi yang Menyebabkan Kuota Cepat Habis 


Youtube

Youtube merupakan salah satu aplikasi yang banyak menghabiskan kuota internet. Hal ini dibenarkan oleh laman Canstar Blue yang dikutip dari Idntimes. Menurutnya, memutarkan video dengan resolusi p selama satu jam bisa menghabiskan kuota MB. Selanjutnya, untuk resolusi p (HB) akan menyedot kuota sebesar MB dalam satu jam, kemudian begitu juga dengan resolusi p (Full HD) yang mengambil , GB. 

Baca juga :  dealer pulsa murah di Jakarta Timur Cakung Cipayung Ciracas Duren Sawit Jatinegara Kramat Jati

Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial berbasis video dan foto. Seperti yang diketahui jika aplikasi ini memiliki kuantitas video dan foto lebih banyak, sehingga semakin banyak video diputar, pasti akan menyedot kuota internet pun lebih besar. Berdasarkan hasil  pengujian yang dilakukan PT Hutchison berdasarkan informasi dari Bisnis Indonesia, mengakses aplikasi Instagram selama satu jam akan menghabiskan kuota internet sebanyak MB.

Baca juga: Cara Cek Sisa Pulsa, Kuota Internet, dan Masa Aktif Tri

TikTok

Sama halnya dengan instagram, TikTok termasuk sosial media dengan kebutuhan kuota yang besar. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur autoplay yang menyebabkan video terputar secara otomatis. Dikutip dari Bisnis Indonesia, aplikasi ini bisa menghabiskan MB per jam. 

Spotify

Spotify merupakan penyedia layanan streaming musik digital yang menghadirkan berbagai lagu dari penyanyi lokal maupun internasional. Aplikasi ini berbasis streaming sehingga membutuhkan kuota untuk mengaksesnya. Dilansir dari Hai, kuota yang dibutuhkan untuk mengakses Spotify mulai dari KB per menit untuk kualitas rendah (kbps), , MB untuk kualitas normal (kbps), hingga , MB per menit untuk kualitas tinggi ( kbps).

Netflix

Netflix merupakan penyedia layanan video on demand yang menyiarkan berbagai konten hiburan, termasuk film dan serial TV. Aplikasi ini cukup populer dan disambut positif oleh masyarakat Indonesia. Dilansir dari Kompas, untuk mengakses aplikasi ini dibutuhkan minimal kuota internet KBps dengan tampilan video berkualitas rendah. Namun, untuk mendapatkan kualitas gambar yang tinggi (Ultra HD), pengguna direkomendasikan untuk memiliki kuota internet sebesar Mbps. 

Cara Menghemat Kuota Internet

Membeli kuota internet secara terus menerus sebelum masa aktif berakhir cukup menguras kantong. Namun, untuk mengatasi hal tersebut, Arkanapulsa akan membagikan tips penggunaan kuota internet anti boros yang bisa kamu ikuti berikut ini.

langkah mudah menghemat kuota internet


Nonaktifkan Pengunduh File Otomatis

Beberapa aplikasi memiliki fitur pengunduh file untuk mengamankan data yang ada di ponsel kamu. Salah satunya adalah WhatsApp. Aplikasi ini memiliki fitur otomatis pengunduh file, mulai dari gambar, video ataupun rekaman suara. Mungkin tanpa kamu sadari, fitur ini cukup menyedot kuota internet dengan jumlah yang besar. Oleh karena itu, salah satu cara menghemat kuota, kamu bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara, klik menu “pengaturan” pada aplikasi WhatsApp, lalu pilih opsi “Penyimpanan dan Data”. Ubah opsi pengunduhan file otomatis ke “Jangan pernah” atau “WiFi”.

Matikan Data yang Berjalan di Latar Belakang

Selanjutnya cara menghemat kuota internet, kamu bisa menonaktifkan data Background yang biasanya digunakan untuk mendapatkan pembaruan aktivitas dari suatu aplikasi. Seperti, fitur terbaru, informasi terkini, dan lainnya. Pembaharuan aktivitas ini membutuhkan internet yang tidak sedikit sehingga menyebabkan kuota kamu cepat habis.

Bijak dalam Penggunaan Aplikasi Streaming Video

Aplikasi streaming video cukup menghabiskan banyak kuota. untuk mendapatkan resolusi HD, kuota yang dibutuhkan hingga GB. Oleh karena itu, supaya kuota internet tetap hemat hingga akhir masa aktif, sebaiknya hindari penggunaan aplikasi ini secara berlebihan. Disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi jika ingin mengaksesnya.

Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi

Sinkronisasi termasuk fitur yang mengambil banyak kuota internet. Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikan fitur ini atau mengaktifkannya hanya untuk beberapa aplikasi yang sangat penting. 

Ganti Fitur Maps Menjadi Offline

Tanpa disadari aplikasi Maps cukup menguras kuota internet secara cepat. Apalagi jika kamu menggunakan untuk layanan turn by turn directions, built in navigations secara real time. Cara menghemat kuota dalam penggunaan aplikasi ini, kamu bisa menggantinya ke mode offline. Untuk smartphone berbasis IOS, bisa mengubahnya langsung ke icon “flight mode”. Sementara untuk Android, kamu bisa klik Search bar di atas aplikasi Maps, kemudian geser ke bawah hingga menemukan pilihan “Save map to use offline”.

Baca juga: Cara Cepat Cek Sisa Pulsa dan Kuota Internet Telkomsel

Itulah penyebab dan cara menghemat kuota internet yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga informasi di atas bisa menjawab masalah-masalah kamu yang belum teratasi. Jika kamu sedang mencari paket data yang murah dan cepat, bisa kunjungi aplikasi Arkanapulsa di smartphone Android atau Arkanapulsa.id via desktop. Banyak sekali penawaran pake data dari semua provider dengan harga yang murah. Yuk, beli paket datanya di Arkanapulsa saja, ya!

Begini Cara Terbaik Menghemat Kuota Internet Anti Boros #Begini #Cara #Terbaik #Menghemat #Kuota #Internet #Anti #Boros